(Definisi) Pengertian CSR Beserta Fungsinya

Artikel yang terkait dengan judul :(Definisi) Pengertian CSR Beserta Fungsinya

Apa itu CSR?  Pengertian CSR atau corporate social responsibility adalah suatu bentuk pertanggungjawaban perusahaan terhadap lingkungan sekitar. Intinya setiap bentuk yang dilakukan oleh perusahaan mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan lingkungan sekitarnya melalui kegiatan sosial. Akan tetapi kegiatan sosial yang ditekankan adalah program pendidikan dan lingkungan.

Daftar Isi

1. Pengertian CSR
2. Pengertian CSR Menurut Para Ahli
3. Fungsi CSR

(Definisi) Pengertian CSR Beserta Fungsinya

Pengertian CSR
Kegiatan tersebut juga dapat dilakukan dalam berbagai macam, yang terpenting tidak keluar dari program pendidikan dan lingkungan. Misalnya menjaga lingkungan sekitar perusahaan, membangun fasilitas umum, meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Selain itu memberikan bantuan beasiswa terhadap anak kurang mampu dan memberikan bantuan dana untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

Pengertian CSR

CSR merupakan suatu mekanisme perusahaan untuk mengintegrasikan sebuah perhatian di dalam lingkungkan sosial ke dalam operasinya. Biasanya perusahaan sendiri mengintegrasikan sebuah perhatian dengan berinteraksi dengan stakeholder, dan melampaui tanggung jawab sosial di bidang hukum.

CSR (Corporate Social Responsibility) secara sederhananya adalah merupakan konsep ataupun tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan sebagai bentuk rasa tanggungjawab. Biasanya perusahaan tersebut bertanggung jawab terhadap sosial maupun lingkungan sekitar, di mana perusahaan itu berada. Misalnya perusahaan melakukan acara ataupun kegiatan yang berfungsi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungkan sekitar. Memberikan beasiswa buat anak yang tidak mampu, memberikan dana untuk pembangunan fasilitas umum juga termasuk contoh dari CSR.

Biasanya CSR sebagai strategi perusahaan yang digunakan untuk mengakomodasi kebutuhan maupun kepentingan dari stakeholder-nya. Corporate social responsibility sendiri dimulai sejak kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang. Ataupun lebih penting daripada sekedar profitability perusahaan.

Pengertian CSR Menurut Para Ahli

Pada dasarnya pengertian CSR adalah bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap stakeholder ataupun pemangku kepentingan. Akan tetapi para ahli sendiri menyatakan bahwa CSR mempunyai 3 definisi, yaitu:

Pertama
Melakukan tindakan dalam hal sosial. Maksudnya adalah kepedulian terhadap lingkungan hidup yang lebih dari batas yang dituntut ataupun yang diharuskan di dalam peraturan perundang-undangan.

Kedua
Selalu komitmen terhadap usaha yang dilakukan secara etis dan beroperasi secara legal. Selain itu berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi yang diimbangi dengan peningkatan kualitas hidup dari karyawan.  Peningkatan kualitas hidup tersebut juga termasuk keluarganya, komunitas lokal dan masyarakat banyak.

Ketiga
Sedangkan definisi CSR yang ketiga merupakan komitmen bisnis untuk turut serta dan berkontribusi dalam membangun ekonomi berkelanjutan. Bekerja dengan karyawan perusahaan, keluarga karyawan, dan komunitas setempat. Selain itu juga bekerja dengan masyarakat umum yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup bersama

Fungsi CSR

Secara umum fungsi CSR adalah sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan atas aktivitas perusahaan dengan memberikan perhatian yang lebih kepada pihak terkait. Biasanya perusahaan akan bertanggung jawab terhadap pihak yang terlibat maupun pihak yang tidak terlibat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Akan tetapi jika dijabarkan, CSR mempunyai manfaat ataupun fungsi bagi perusahaan dan masyarakat,

Bagi Perusahaan

Meningkatkan nama baik dari perusahaan, bisa mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain, dan memperkuat  brand  perusahaan di mata masyarakat sekitar. Selain itu juga bisa membedakan perusahaan tersebut dengan pesaingnya dan yang terpenting dapat memberikan inovasi bagi perusahaan.

Bagi Masyarakat

Meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, adanya beasiswa terhadap anak kurang mampu, dan meningkatnya pembangunan fasilitas umum. Selain itu juga adanya pembangunan desa ataupun fasilitas masyarakat yang bersifat sosial.

Kesimpulan
Jika kita melihat informasi di atas, bisa disimpulkan bahwa pengertian CSR sendiri bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap stakeholder. Sedangkan fungsi dari CSR yaitu sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan atas aktivitasnya dengan memberikan perhatian lebih kepada pihak terkait.

Demikian artikel (Definisi) Pengertian CSR Beserta Fungsinya yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.