Pengertian Inovasi, Contoh, Manfaat Dan Tujuannya

Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Inovasi, Contoh, Manfaat Dan Tujuannya

Teman-teman pasti sudah sangat sering mendengar kata inovasi, sudahkah teman-teman memahami arti kata inovasi itu sendiri? Secara umum pengertian Inovasi adalah sesuatu yang baru, bisa juga berarti suatu pemikiran baru atau hasil pembaharuan dari sesuatu yang sudah ada. Inovasi dilakukan untuk berbagai tujuan. Namun yang paling utama adalah untuk menjadi lebih baik.

Daftar Isi

1. Pengertian Inovasi Dan Contohnya
2. Tujuan Inovasi
3. Manfaat Inovasi

Pengertian Inovasi, Contoh, Manfaat Dan Tujuannya

Pengertian Inovasi

Pengertian Inovasi Dan Contohnya

Ada beberapa contoh jenis inovasi yang bisa Anda pahami. Sehingga Anda bisa lebih paham tentang pengertian Inovasi itu sendiri. Pada dasarnya inovasi sangat sering dilakukan, bahkan tanpa Anda sadari. Di bawah ini adalah beberapa contoh inovasi yang mungkin pernah atau bahkan sering Anda lakukan.

1. Resolusi Sebuah Permasalahan
Inovasi bisa muncul karena ada masalah, inovasi kerap kali muncul dari adanya sebuah solusi permasalahan. Sebagai contoh, ketika Anda merasa boros dengan penggunaan Gas LPG untuk memasak. Di sini ada sebuah permasalahan yang membutuhkan solusi. Jika Anda mampu berinovasi, maka akan ada hal baru yang akan muncul. Misalnya dengan menemukan atau membuat bahan bakar baru untuk memasak selain gas LPG. Atau bisa juga dengan menemukan solusi agar penggunaan Gas akan lebih hemat. Hal ini juga termasuk bagian dari inovasi. Justru jika Anda pahami lebih dalam, banyak sekali inovasi yang muncul karena munculnya permasalahan.

2. Inovasi Dari Sesuatu Yang Sudah Ada
Selain poin di atas, pembaharuan dari sesuatu yang sudah ada juga termasuk melakukan inovasi. Contohnya ketika sudah ada yang membuat makanan dari bahan baku yang tidak biasa, kemudian Anda berinovasi untuk mengembangkan rasanya. Hal ini termasuk salah satu bagian dari inovasi. Ketika Anda mampu mengembangkan sesuatu yang sudah ada menjadi lebih baik, maka Anda sudah melakukan inovasi. Pengertian Inovasi memang cukup luas, namun pada intinya inovasi adalah sebuah hal atau pemikiran baru, baik yang belum ada ataupun pembaharuan dari sesuatu yang sudah ada.

Tujuan Inovasi

Inovasi adalah sebuah hal yang positif, karena dengan adanya inovasi inilah sesuatu akan terus berkembang. Mengenai tujuan Inovasi tentu saja untuk membuat atau menemukan sesuatu yang lebih baik, lebih fungsional dan lain sebagainya. Orang-orang yang inovatif yang mampu bertahan dan bersaing di era saat ini. Oleh sebab itulah inovasi menjadi sesuatu yang memiliki nilai sangat baik.
Bahkan inovasi akan terus dibutuhkan untuk suatu hal yang baru. Tujuannya tentu saja untuk mempertahankan nilai dari hal baru tersebut. Karena pada akhirnya sesuatu yang baru akan menjadi sesuatu yang perlu pembaharuan, di sinilah peran inovasi menjadi sangat penting.

Manfaat Inovasi

Setelah memahami beberapa poin di atas tentang pengertian Inovasi, selanjutnya Anda perlu memahami manfaat inovasi itu sendiri. Pada dasarnya poin ini tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya. Manfaat inovasi secara umum adalah kemudahan, kelebihan dan semacamnya. Jadi inovasi dilakukan untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik, lebih fungsional, lebih mudah dan semacamnya. Itulah manfaat adanya inovasi dan tujuan dari inovasi itu sendiri. Jika Anda mampu melakukan inovasi untuk sebuah hal baru atau hal-hal yang sudah ada, maka besar kemungkinan Anda mampu bersaing untuk hal itu. Pada dasarnya manusia memiliki kecendurungan dengan rasa kebosanan, jika Anda mampu berinovasi, Anda bisa mengatasi hal itu. Bukan hanya untuk orang lain, orang-orang yang pandai berinovasi biasanya mampu melawan kejenuhan dengan berbagai cara.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Majas
2. Sejarah Candi Borobudur
Beberapa hal di atas adalah sedikit ulasan mengenai pengertian Inovasi dan hal-hal yang berkaitan. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda. Inovasi harus terus dilakukan, karena hal itu sangat dibutuhkan.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.