Definisi Ilmu Pengetahuan Sosial

Artikel yang terkait dengan judul :Definisi Ilmu Pengetahuan Sosial

Definisi Ilmu Pengetahuan Sosial ✓ Ilmu pengetahuan sosial merupakan kajian tentang lingkup sosial yang terjadi di masyarakat. Mulai dari interaksi sosial serta kegiatan sosial yang dilakukan. Kajian ilmu sosial ini sangat kompleks karena berhubungan dengan seluruh kehidupan manusia yang berada di masyarakat. Pada dasarnya seseorang harus mengerti tentang ilmu sosial, agar menjadi pegangan hidup dalam lingkungan masyarakat.

Daftar Isi

1. Definisi Ilmu Pengetahuan Sosial Menurut Parah Ahli
2. Tujuan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
3. Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial

Definisi Ilmu Pengetahuan Sosial

Definisi Ilmu Pengetahuan Sosial Menurut Parah Ahli

Definisi ilmu sosial oleh pendapat seseorang berbeda-beda. Berikut ini merupakan definisi ilmu sosial menurut para ahli.

1. Kosasi Djahiri
IPS merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang materinya memadukan beberapa konsep dari cabang ilmu lain. Perpaduan tersebut diolah menjadi materi dan memiliki prinsip dan konsep sosial yang sesuai diajarkan pada setiap jenjang pendidikan.

2. John Jarolimek
Ilmu sosial merupakan sebuah pembelajaran yang penting, materi pelajarannya tidak hanya dari satu saja tetapi ada cabang ilmu lainnya yang bergabung dalam ilmu sosial. Ilmu tersebut yaitu geografi, ekonomi, antropologi, politik, psikologi, sosiologi dan geografi.

3. Willian B. Ragam
Studi sosial merupakan cerminan bahan dari berbagai ilmu materi sosial. Bahan materi tersebut juga menggunakan dari bahan yang berada pada masyarakat setempat.

4. Arthur G.Biinning and David H.Binning
Mengemukakan bahwa ilmu sosial merupakan mata pelajaran yang memiliki hubungan erat dengan perkembangan organisasi masyarakat.

Tujuan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Ilmu pengetahuan sosial diajarkan sejak anak usia dini. Mulai dari pra TK, TK kecil, TK besar, SD, SMP, SMA dan kuliah. Mungkin porsi materi yang diajarkan dalam setiap jenjang pendidikan tidak sama, tetapi secara tidak langsung mereka mendapat ilmu tersebut. Adapun tujuan melakukan pembelajaran ilmu sosial adalah sebagai berikut ini.

1. Mengajarkan dan mengenalkan konsep yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat serta lingkungannya.

2. Mengembangkan pemikiran siswa agar memiliki sebuah kemampuan dasar. Kemampuan tersebut meliputi pola pikir kritis dan logis. Tidak hanya itu, tetapi siswa juga dapat mendorong rasa ingin tahu, bisa memecahkan sebuah permasalahan yang terjadi di dalam lingkungan sosial masyarakat.

3. Melatih siswa untuk melakukan kerja sama dengan orang lain. Dapat bekerja sama serta berkomunikasi dengan anggota kelompoknya, Awalnya interaksi hanya dengan teman tetapi semakin lama bisa dilakukan pada kompetensi tingkat nasional, lokal dan global.

4. Bisa membuat siswa untuk memiliki komitmen yang sangat tinggi dan menjunjung nilai sosial serta kemanusiaan.

Tujuan di atas dibangun berlandaskan pada kesesuaian materi ilmu sosial masyarakat. Membangun siswa yang dapat berinteraksi dengan baik dan memecahkan permasalahan di dalam lingkungan sosial.

Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial

Ilmu sosial memiliki materi konsep dasar yang disusun dengan konsep yang generalisasi. Disajikan dalam bentuk mata pelajaran yang sederhana sehingga mudah dipelajari oleh siswa. Konsep dasar ilmu sosial terbagi menjadi beberapa yaitu sejarah, ekonomi, geografi, politik, psykologi, antropologi  dan sosiologi. Konsep dari masing-masing ilmu tersebut terbagi lebih rinci lagi dan ada ilmu yang mencakup konsep materi sosial.

Konsep dasar ilmu sosial memiliki penjabaran yang detail. Penjelasan jelas tertuju pada materi sosial masyarakat yang dikemas rapi dan dihubungkan pada setiap cabang ilmu lainnya. Konsep dasar ini harus dipelajari sebelum meneruskan untuk materi Ilmu sosial yang lebih tinggi.
Telah kita sadari bahwa ilmu pengetahuan sosial sangat penting bagi manusia. Intinya memberikan gambaran kegiatan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat. Memberikan pelatihan kepada anak agar siap menghadapi kehidupan bermasyarakat.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Cara Screenshot Di Laptop
2. Cara Format Flashdisk
Itulah artikel Definisi Ilmu Pengetahuan Sosial yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.