Definisi Lingkungan Hidup

Artikel yang terkait dengan judul :Definisi Lingkungan Hidup

Definisi Lingkungan Hidup ✓ Pendidikan lingkungan merupakan faktor penting dalam menuju keberhasilan mengelola lingkungan hidup. Pengetahuan lingkungan sangat diperlukan karena bila tidak, maka akan terjadi kerusakan lingkungan yang besar. Bayangkan jika semua orang tidak mengerti tentang pengelolaan lingkungan yang berada di kehidupan maka, mereka akan seenaknya merusak lingkungan.

Daftar Isi

1. Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli
2. Tujuan Pendidikan Lingkungan Hidup

Definisi Lingkungan Hidup

Lingkungan Hidup
Lingkungan yang rusak tidak terlihat indah bahkan bisa menjadi sumber bencana seperti banjir, longsor, dan lainnya. Pengelolaan lingkungan bagi kehidupan sangat diperlukan oleh manusia, kalau perlu diajarkan sejak mereka pada usia dini. Semakin paham mengenai pengelolaan lingkungan maka, alam akan semakin lestari dan terjaga.

Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

Soedjono mengemukakan bahwa lingkungan kehidupan merupakan unsur dari kehidupan manusia itu sendiri. Meliputi unsur serta faktor jasmani yang berada di lingkungan alam. Fisik jasmaniah tersebut yaitu mencakup dunia hewan serta tumbuhan yang berada di dalam lingkungan. Segala unsur kemudian menjadi satu dengan manusia dan lingkungan.

Pengertian lingkungan kehidupan menurut pendapat Otto Soemarwoto merupakan keseluruhan benda yang berada dalam keadaan di dalam suatu ruang yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia. pengetahuan dasar tentang makhluk hidup bisa memiliki fungsi interaksi dengan lingkungan tempat tinggal. Menjaga lingkungan dan mengetahui komponen lingkungan kehidupan yang ada.

Menurut Emil Salim lingkungan kehidupan merupakan sebagai suatu kondisi, benda serta pengaruh pada ruang yang telah manusia tempati. Dan dapat mempengaruhi kehidupan manusia lainnya. Lingkungan kehidupan juga dibatasi dengan adanya faktor yang bisa dijangkau oleh manusia yaitu politik, ekonomi, sosial, dan alam.

Sambas Wirakusumah menyatakan bahwa lingkungan merupakan aspek yang berada dalam kondisi luar dari biologis. Di sana terdapat organisme yang hidup serta ilmu lingkungan yang dapat dipelajari oleh organisme tersebut. Lingkungan ini sangat memiliki peranan penting karena dapat memberikan pelajaran yang berharga bagi setiap individu manusia.

Jadi dapat disimpulkan bahwa lingkungan hidup merupakan suatu satu kesatuan daya, keadaan dan benda yang ada di dalam makhluk hidup. Semua benda tersebut bisa mempengaruhi kelangsungan kehidupan manusia dan juga meningkatkan kesejahteraan manusia. Lingkungan hidup dan manusia sangat berkaitan erat, sehingga dibutuhkan pendidikan lingkungan kehidupan. Tujuannya sudah pasti yaitu untuk menjaga kelestarian lingkungan kehidupan.

Tujuan Pendidikan Lingkungan Hidup

Tujuan lingkungan hidup sudah dirumuskan pada konferensi antar negara. Konferensi tersebut khusus mengenai pendidikan lingkungan dari kehidupan. Berikut ini merupakan tujuan dari pendidikan lingkungan yang diberikan kepada anak.

1. Pengetahuan
Memberikan pengetahuan yang lebih dalam lagi tentang lingkungan dan permasalahan yang terjadi di sana. Pemahaman dasar tentang lingkungan akan diberikan terlebih dahulu dan selanjutnya kepada materi lingkungan yang lebih dalam lagi.

2. Kesadaran
Membuat setiap individu sadar betapa pentingnya menjaga lingkungan. Harus peduli dengan keadaan lingkungan dan penyebab lingkungan menjadi bermasalah.

3. Sikap
Membantu individu untuk mengembangkan nilai serta kemampuan untuk menentukan pilihan yang tepat. Seperti menyikapi permasalahan yang ada di lingkungan. Meyakinkan agar peka dengan perasaan dan memberikan motivasi untuk melakukan peran aktif dalam perlindungan dan peningkatan mutu lingkungan.

4. Keterampilan
Memberikan bantuan kepada setiap individu untuk mengasah keterampilannya. Terutama dalam mengidentifikasi serta memikirkan pemecahan permasalahan yang terjadi pada lingkungan.

5. Evaluasi
Tujuan evaluasi agar individu mampu mengevaluasi dari pengetahuan lingkungan hidup dari segi ilmu lainnya. Misalkan politik, ekonomi, geografi, ekologi, dan faktor ilmu lainnya.

Memahami pendidikan lingkungan bisa dengan memantapkan tujuan pendidikannya. Bila memahami kelima tujuan tersebut maka, anda akan dengan mudah memahami pengelolaan lingkungan dalam kehidupan nyata.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Definisi Ilmu Pengetahuan Sosial
2. Cara Screenshot Di Laptop
Demikian artikel Definisi Lingkungan Hidup yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.