Definisi Ekonomi

Artikel yang terkait dengan judul :Definisi Ekonomi

Jika anda mendengar kata ekonomi pasti yang terlintas pertama kali adalah uang atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan sistem pemenuhan kebutuhan. Mengingat manusia sendiri adalah makhluk yang tak pernah puas sehingga pemenuhan kebutuhan terus saja meningkat setiap hari. Bagaimana definisi ekonomi serta asal muasal kata tersebut?
Definisi Ekonomi

Definisi ekonomi serta asal kata ekonomi

Definisi ekonomi adalah sebuah sistem yang mengatur tentang tatanan kehidupan manusia untuk mencapai pemenuhan terhadap setiap kebutuhannya baik dari sistem distribusi, aspek produksi hingga penggunaan atau cara mengkonsumsi disebut sebagai ekonomi. Pada dasarnya semua proses pemenuhan tersebut akan memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari. Sedangkan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang yang menggunakan konsep ekonomi dan penggunaan data dalam bekerja.
Asal muasal ekonomi dari bahasa Yunani yang berarti oikos atau rumah serta nomos yang memiliki makna peraturan, aturan, tatanan atau bisa juga disebut sebagai hukum. Ekonomi berarti pengelolaan struktur rumah tangga yang berkaitan dengan sistem administrasi. Kini, ekonomi sendiri telah berkembang semakin pesat sejak istilah tersebut digunakan bangsa-bangsa dunia abad 19 sampai 20. Ilmu ekonomi telah berkembang mencakup ilmu keuangan, ilmu administrasi, perdagangan, sains terapan dan beragam ilmu lain yang berkaitan dengan definisi ekonomi.

Menurut para ahli ilmu ekonomi dunia, definisi ekonomi tentu memiliki pengertian dan konsep yang berbeda. Misalnya tokoh terkenal Inggris, John Stuart Mill, yang menjabarkan ekonomi sebagai ilmu yang praktis yang mempelajari tentang pengeluaran dan penagihan. Sedangkan menurut ahli politik dan pencetus sistem ekonomi, Adam Smith, ekonomi memiliki arti penyelidikan tentang suatu keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.

Tokoh pemasaran asli Indonesia yang mendunia, Hermawan Kartajaya pun memiliki definisi ekonomi yang berbeda dengan para ahli lain. Menurut pakar yang mendapatkan gelar Honoris Causa dari kampus Institut Teknologi Surabaya (ITS), ekonomi adalah wadah dimana sektor industri melekat di atasnya. Anda bisa mempejari lebih detail konsep ekonomi dari para ahli atau pakar ekonomi level dunia tersebut.

Pengelompokan ekonomi sesuai dengan definisi

Ketika memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari, ekonomi dikelompokkan menjadi 5 sektor  yang mungkin perlu anda ketahui seperti berikut ini.

1. Sektor primer
Sektor primer erat kaitan dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang didapatkan dari alam secara langsung. Manusia mengambil sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti hasil bumi yang dikumpulkan kepada tengkulak atau pemborong. Sektor perhutanan, pertanian, perikanan merupakan perwujudan dari sektor ini.

2. Sektor sekunder
Definisi ekonomi yang berkaitan dengan produksi dikelompokkan dalam sektor sekunder ini. Sektor ini pula yang mengambil suplai berupa bahan mentah yang akhirnya diproduksi dalam bentuk barang jadi yang dibutuhkan oleh manusia. Produk final inilah yang akhirnya digunakan atau dikonsumsi oleh manusia.

3. Sektor tersier
Sektor tersier sebenarnya kebutuhan manusia yang tidak memiliki wujud atau bentuk. Konsumsi sektor ini berupa layanan, servis, jasa atau sdm. Sektor ini bisa meningkatkan suplai sumber daya alam menggunakan sumber daya manusia yang memadai.

4. Sektor quartener
Sektor tersier yang lebih fokus pada kegiatan intelektual masuk dalam kelompok ini seperti konsultasi ahli tertentu, pustakawan, sejarawan dan lain-lain.

5. Sektor quiner
Sektor ini adalah sektor dimana pengambil keputusan di sektor quartener yang keputusan mereka berpengaruh pada kehidupan masyarakat secara langsung.

Definisi ekonomi terus mengalami perkembangan hingga masa modern saat ini. Semua hal yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan biasanya menggunakan definisi ini. Anda pun pasti sering memanfaatkan ilmu ini dalam mengatur tatanan keuangan rumah tangga termasuk mengelola data dalam pekerjaan.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Definisi Agama
2. Cara Mengajar Anak Membaca Yang Baik
Demikianlah artikel Definisi Ekonomi di Aanwijzing.Com. Terimakasih.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.