Definisi Agama

Artikel yang terkait dengan judul :Definisi Agama

Di Indonesia, agama yang diakui oleh negara ada enam yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Konghucu dan Budha. Selain itu, kepercayaaan animisme dan dinamisme telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Agama telah ada sejak jaman nenek moyang bahkan para ahli memperkirakan ada 4.200 jenis agama yang ada di permukaan bumi ini. Nah, sebenarnya seperti apa definisi agama tersebut?

Definisi agama 
Definisi agama berdasarkan pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah mrp sistem yg mengatur keimanan atau kepercayaan & peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan manusia dan manusia serta lingkungan. Istilah agama sendiri berasal dari bahasa Sansekerta berarti tidak dan agama artinya kacau. Secara harfiah, agama mengatur kehidupan seseorang agar tidak kacau atau menuju ke arah tujuan tertentu.
Definisi Agama
Para ahli sendiri seperti Anthony F.C Wallace, Emile Durkheim, Sutan Takdir Alisyahbana, Parsons dan Bellah dan para ahli lain memiliki definisi agama yang berbeda. Namun, semua itu tetap memiliki substansi penting yakni memiliki nilai sakral yang sulit dijabarkan. Anda pun bisa menggunakan pengertian agama dari masing-masing teologi atau pakar tersebut untuk memahami sebuah konsep agama yang sebenarnya.

Tentu mengartikan definisi agama bukanlah hal yang mudah karena hal itu berkaitan dengan keyakinan yang dianut masing-masing individu. Bahkan, Indonesia tercinta pun mengatur kebebasan masing-masing warga negara bebas memeluk dan melakukan ibadah dalam Undang-Undang Dasar seperti yang tercantum dalam pasal 28 dan 29.

Tujuan Agama
Secara universal, ajaran semua agama baik dan meluruskan seseorang pada jalan kebenaran atau kehidupan selanjutnya. Tujuan agama tentu membimbing pemeluk atau umat manusia yang berakal untuk mencari kebahagiaan baik hidup di dunia atau alam akhirat. Agama pula yang membuat seseorang mengenal kebaikan dan kejahatan serta mencegah manusia melakukan hal yang mungkin merugikan orang lain.

Fungsi Agama
Sesuai dengan definisi agama yang merupakan tatanan iman kepada Tuhan, fungsi agama sangat banyak sekali mempengaruhi kehidupan manusia seperti berikut ini.

1. Sebagai jalan hidup manusia atau falsafah kehidupan
Bayangkan jika di dunia ini tidak ada agama atau kepercayaan maka sesama manusia bisa saling menyakiti bahkan melakukan kegiatan keji tanpa aturan. Fungsi agama bisa memberikan pandangan atau falsafah kehidupan yang bisa memberikan penerangan bagi kehidupan manusia yang memiliki akal dan pemikiran.

2. Menjawab hal-hal yang diluar logika manusia
Saat ini, keberadaan sains memang sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Namun, sains jelas belum bisa menjangkau hal-hal yang sering dipertanyakan manusia seperti adakah kehidupan setelah mati, tujuan hidup yang sebenarnya, nasib atau takdir, jodoh dan sebagainya yang diluar jangkauan. Fungsi dan tujuan agama adalah menjawab hal-hal yang tidak bisa dijangkau akal tersebut.

3. Memiliki peranan sosial yang sangat berpengaruh pada kehidupan manusia
Sesama umat pemeluk agama yang sama biasanya memiliki nilai kebaikan yang sama pula. Hal ini yang akan mendorong manusia senantiasa melakukan kebaikan pada sesama umat bahkan toleransi kepada umat beragama yang lain. Adanya sistem yang mengatur tingkah laku tentu akan membuat kehidupan berjalan harmonis, selaras dan damai sesuai dengan definisi agama tersebut.

Tentu jika anda memikirkan definisi agama secara detail maka tak akan bisa dijangkau atau dijelaskan secara detail. Sebab agama yang akan mengajarkan seseorang memiliki hubungan baik dengan Tuhan sang penguasa alam dan merupakan kode etika yang wajib dilaksanakan para penganutnya.




Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.