Sikap Tubuh (Penjas Olahraga dan Kesehatan SD/MI Kelas 1)


Artikel yang terkait dengan judul :Sikap Tubuh (Penjas Olahraga dan Kesehatan SD/MI Kelas 1)

Sikap Tubuh (Penjas Olahraga dan Kesehatan SD/MI Kelas 1) ✓ Pada saat kita mengikuti upacara bendera pada hari Senin, sikap badan kita harus tegak. Pada bab ini kita akan belajar bersama mengenal sikap tubuh yang benar dan sesudah belajar, teman-teman bisa mempraktikkan sikap tubuh dalam posisi berdiri, dan sikap tubuh dalam posisi berjalan.

Daftar Isi

1. Sikap dalam berdiri

2. Sikap dalam berjalan

Sikap Tubuh

Sikap Tubuh (Penjas Olahraga dan Kesehatan SD/MI Kelas 1)

1. Sikap dalam berdiri

Apabila kita perhatikan sikap tubuh berdiri anak yang masih belajar berjalan belum dapat berdiri tegak karena keseimbangannya yang belum terlatih dan masih sering jatuh-jatuh, berbeda halnya dengan yang sudah dewasa. Pada orang dewasa berkebalikan dengan anak-anak yang masih belajar berjalan yaitu bisa berdiri tegak karena keseimbangannya yang sudah terlatih. Terdapat berbagai macam cara melakukannya, untuk itu ayo kita belajar bersama-sama.

Berdiri tegak

Berdiri tegak

Berdiri tegak dengan sikap sempurna kaki lurus sejajar menapak pada tanah, posisi tangan lurus di samping badan. Antara badan dan punggung tegak kedua bahu datar, pandangan mata ke depan. Sikap berdiri tidak benar bisa merusak bentuk badan punggung menjadi membungkuk.

Berdiri istirahat

Berdiri istirahat

Sikap berdiri istirahat posisi kaki kangkang, badan tetap tegak, dada dan kepala juga tegak, pandangan mata lurus ke depan, kedua tangan di belakang tangan kanan memegang pergelangan tangan kiri dan semua sendi tidak kaku atau rileks.

Baca juga : Pencak Silat

Berdiri tegak merentangkan lengan

Berdiri tegak merentangkan lengan

Cara melakukannya yaitu dengan cara berdiri tegak yang mana kedua kaki rapat, pandangan ke depan, rentangkan kedua lengan lurus ke samping bahu dan kedua lengan datar, tahan rentangan lenganmu supaya tetap lurus, tekuk lutut lalu tegak lagi. 

Berdiri tegak menjulurkan lengan

berdiri tegak menjulurkan tangan

Cara melakukannya adalah berdiri dengan posisi tegak dengan kedua kaki rapat, pandangan mata ke depan, julurkan kedua lenganmu lurus ke depan dan datar, usahakan kedua lengan tetap lurus dan datar.

Berdiri tegak mengangkat lengan

Berdiri tegak mengangkat lengan

Cara melakukan gerakan ini yaitu dengan berdiri tegak kaki rapat, pandangan mata lurus ke depan, angkat kedua lenganmu lurus ke atas, kemudian bertepuk di atas kepala, lakukan gerakan tersebut beberapa kali sambil berhitung satu sampai empat.

2. Sikap dalam berjalan

Sikap berjalan yang baik harus dilakukan dengan betul yaitu sikap badan harus tegak seluruhnya, sendi tidak boleh kaku, kedua kaki dibuka sedikit.

Jalan tegak

Sikap jalan tegak dimulai dengan berdiri tegak, kemudian lakukan sikap dasar jalan biasa, langkahkan kakimu ke depan, langkah kaki lebih tegas, kaki sedikit dihentakkan di tanah, lalu ayun lengan di samping badan. Ayunkan lengan seperti kaku.

Jalan angkat paha

Sikap dasar seperti jalan biasa, langkahkan kaki ke depan, paha diangkat lebih tinggi, tumit lebih dahulu mendarat, lengan diayun sejajar bahu.

Jalan di tempat

Sebenarnya gerakan ini adalah sama dengan sikap jalan biasa, cuma gerakannya tidak berpindah tempat, tangan mengepal di samping pinggang lalu jalan di tempat. Supaya kita menjadi lebih bersemangat lakukan geraakan tersebut sambil berhitung.

Jalan ke depan

Kita bisa melakukan jalan ke depan dengan cara yang benar yaitu langkahkan kaki ke depan, angkat tumit dan melangkah, tumit lebih dahulu mendarat, kemudian ayunkan lengan kita bebas di samping badan.

Jalan ke samping

Jalan ke samping dapat dilakukan ke samping kanan dan kiri, kemudian langkahkan kaki kanan ke kanan dan diikuti dengan kaki yang kiri.

Jalan ke belakang

Berjalan ke belakang dinamakan juga jalan mundur. Dalam melakukan jalan ke balakang sebaiknya bersikap hati-hati. Cara melakukannya adalah angkat tumit kaki kiri, kemudian langkahkan kaki ke belakang dengan mendarat memakai ujung kaki.

Demikian artikel tentang Sikap Tubuh (Penjas Olahraga dan Kesehatan SD/MI Kelas 1) yang semoga saja dapat bermanfaat bagi kita semuanya.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.