Definisi Pendidikan

Artikel yang terkait dengan judul :Definisi Pendidikan

Definisi pendidikan ✓ Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa memiliki pendidikan yang cukup maka, seseorang akan menjadi bodoh dan tidak mengetahui apa-apa. Seperti tidak bisa membaca, menulis, berhitung dan memecahkan permasalahan di kehidupannya. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pendidikan sangat penting sekali bagi kita semua.

Proses pendidikan yang harus dilewati memang agak panjang, ada setiap jenjang yang harus dilewati yaitu SD, SMP, SMA, dan kuliah. Dari proses pendidikan yang sangat panjang tersebut kita akan mendapatkan wawasan yang luas sekali. Baik dalam segi materi ataupun praktek nyata. Jenjang pendidikan yang kita tempuh juga menentukan kinerja di masa depan. Bayangkan betapa pentingnya pendidikan terhadap masa depan kita semua.

Daftar Isi

1. Pentingnya Mengetahui Definisi Pendidikan Dari Para Ahli
2. Arti Penting Seorang Pendidik  Dalam Definisi Pendidikan

Definisi Pendidikan

Definisi Pendidikan

Pentingnya Mengetahui Definisi Pendidikan Dari Para Ahli

Definisi pendidikan sebenarnya berasal dari bahasa yunani kuno yaitu “pedagogi” sedangkan “paid” adalah anak dan “Ogogos’ artinya membimbing. Bila digabung menjadi satu yaitu ilmu yang mempelajari untuk membimbing dan mendidik anak dengan seni.

Pengertian pendidikan tidak bisa dijabarkan begitu saja melainkan mengambil pendapat dari beberapa para ahli dan toko pendidikan. Para tokoh pendidikan di Indonesia memiliki pendapat sendiri-sendiri mengenai pendidikan.

Menurut Ki Hajar Dewantara pendidikan merupakan sebuah tuntutan yang berada di dalam pertumbuhan kehidupan anak. Artinya pendidikan menguatkan kodrat dari anak sehingga menjadikan mereka sebagai manusia yang ada di dalam masyarakat dengan selamat dan bahagia dengan ilmu yang mereka peroleh. Ki Hajar Dewantara merupakan tokoh pendidikan yang sangat terkenal dan memegang teguh pada pendidikan Indonesia.

Seorang epistimologi Prof. Zaharai Idris mengemukakan bahwa pendidikan sebuah rangkaian kegiatan komunikasi yang memiliki tujuan menimba ilmu. Proses pendidikan dilakukan oleh pendidik dan peserta didik yang melakukan tatap muka setiap di sekolah. Pembelajaran juga melalui beberapa media sebagai bantuan untuk lancarnya proses pendidikan anak dan meningkatkan perkembangan diri anak secara cepat.

Sedangkan definisi pendidikan menurut H.Horne pendidikan merupakan proses yang dilakukan setiap hari secara terus menerus dan membutuhkan penyesuaian. Arti dari penyesuaian yaitu tertuju pada proses pembelajaran orang telah memiliki pendidikan tinggi dengan peserta didik yang belum mengerti tentang pendidikan. Keduanya harus melakukan penyesuaian dalam proses pembelajaran sehingga ilmu dapat tersalurkan dengan mudah.

Dari definisi pendidikan menurut para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa pendidikan merupakan sebuah proses panjang. Dalam melakukan pembinaan, pengajaran, bimbingan dan pertolongan dari seseorang yang sudah dewasa atau mengerti, kepada peserta didik. Tujuannya anak semakin pintar dan memahami materi pendidikan.

Arti Penting Seorang Pendidik  Dalam Definisi Pendidikan  

Definisi Pendidikan tidak luput dengan adanya seorang guru yang cerdas, pintar dan mempunyai banyak pengalaman. Tanpa adanya seorang guru maka, pendidikan di sekolah tidak akan berjalan. Guru memegang peranan penting sebagai perantara mempelajari ilmu pengetahuan yang ada di sekolah. Tugas seorang pendidik sangat besar yakni memikul tanggung jawab untuk mendidik peserta didik agar menjadi pintar.

Pendidik yang berada di sekolah memang seorang guru tetapi, menurut Dwi Nugroho Hidayanto pendidik juga bisa mencakup orang tua, orang dewasa, pemuka masyarakat, dan pemuka agama. Semuanya bisa memberikan ilmu dari bidang yang telah dikuasai sehingga anak bisa memiliki wawasan yang sangat luas sekali. Anak tidak akan pernah bosan untuk belajar ketika memiliki guru yang hebat.

Kriteria pendidik yang harus diperhatikan yaitu memiliki kematangan sosial dalam titik stabil, pengetahuan yang tinggi, pendidikan tinggi dan memiliki kerja sama yang baik. Pendidikan harus ditegakkan dan semua masyarakat harus memiliki pendidikan yang tinggi. Agar menjadi generasi mudah yang pintar dan cerdas.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Definisi Lingkungan Hidup
2. Definisi Ilmu Pengetahuan Sosial
Demikian artikel Definisi Pendidikan yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.