Pengertian Metode Penelitian dan Jenisnya

Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Metode Penelitian dan Jenisnya

Sebelum melakukan penelitan, seorang peneliti harus mengetahui metode penelitian. Metode penelitian merupakan komponen yang paling terlihat atau nampak ketika hendak melakukan penelitian. Sedangkan komponen lain seperti ontology, epistomology dan teknik penelitian hanya sebagai penguat agar penelitian yang dilakukan berjalan dengan baik. Mengingat sangat pentingnya metode penelitian, berikut penjelasan singkat mengenai pengertian metode penilitian, jenis dan macamnya.

Daftar Isi

1. Pengertian Metode Penelitian
2. Jenis Penelitian
Pengertian Metode Penelitian

Pengertian Metode Penelitian

Metode penelitian adalah cara ilmiah yang digunakan peneliti dalam memperoleh data untuk kepentingan penelitian. Dengan menggunakan metode penelian, peneliti bisa mempunyai pandangan secara komprehensif bagaimana cara memperoleh jawaban  dengan cara melakukan investigasi data dari pertanyaan – pertanyaan yang teliti.

menggunakan metode penelitian yang benar, peniliti bisa memperoleh jawaban dari pertanyaan : bagaimana cara memperoleh data? Darimana sumber datanya? Siapa yang mengambil data? Kapan waktu pengambilan data? dan Bagaimana kriterianya? Apabila semua data tersebut didapat, kemudian bagaimana cara mengolahnya? Bagaimana cara menganalisisnya? Metode apa yang digunakan? Dan bagaimana cara pengambilan keputusan dari hasil analisis tersebut?

Dengan demikian, pengertian metode penelitian bisa dikatakan suatu gambaran rancangan dari suatu penelitian yang meliputi aturan, prosedur, langkah yang harus ditempuh, dan waktu yang diperlukan, sumber data yang dibutuhkan, teknik yang dipakai dalam mendapatkan data dan cara analisis data.

Tujuan dan motivasi dilakukannya penelitian pada dasarnya sama, yakni merefleksikan keinginan untuk mengetahui sesuatu. Namun setiap orang memiliki motivasi yang berbeda, tergantung dari profesi dan tujuan masing masing peneliti.

Jenis Penelitian

Jenis metode penelitian dikelompokan menjadi 2 jenis yaitu metode penelitian kuantitatif dan kualitatif.

1. Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif banyak digunakan dalam ilmu alam maupun sosial.  Metode penelitian kuantitatif menjadikan tenjadikan teori yang sudah terbukti kebenarannya sebagai acuan untuk mencari kebenaran selanjutnya metode penelitian kuantitatif selalu bersifat obyektif dan selalu berkaitan dengan numerik. Peneliti juga menggunakan sisi pandangnya untuk mempelajari subyek penelitian.

Adapun metode penelitian yang termasuk jenis penelitian kuantitatif yaitu

• Metode Deskriptif
Metode deskriptif adalah metode penelitian dengan berusaha menggambarkan subyek maupun obyek sesuai apa adanya.

• Metode Komparatif
Metode komparatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui perbedaan antara dua variabel yang akan diteliti.

• Metode Korelasi
Metode Korelasi digunakan untuk mengungkapkan dua atau lebih fakta dan sifat obyek yang diteliti. Penelitian ini digunakan untuk membandingkan persamaan atau perbedaan  fakta dari suatu kerangka pemikiran.

• Metode Survey
Survey merupakan metode penelitian yang dilakukan dengan cara pengumpulan informasi dari sampel melalui pemberian pertanyaan baik dengan kuisioner maupun wawancara.

• Metode Ex Post Facto
Metode ini digunakan untuk meneliti hubungan sebab akibat yang didasarkan pada kajian teoritis yang tidak dapat dimanipulasi oleh peneliti.

• Metode True Experiment
Metode ini mengambil sampel dan kelompok kontrol secarak acak dari suatu populasi.

• Metode Quasi Experiment
Merupakan bentik pengembangan dari metode True Experiment, namun desain ini mempunyai kelompok kontrol yang tidak sepenuhnya berfungsi untuk mengontrol variabel luar yang berpengaruh terhadap pelaksanaan experiment.

• Metode Subyek Tunggal
Merupakan bentuk experiment yang dilakukan kepada subyek tunggal.

2. Penelitian Kualitatif

Metode Penelitian Kualitatif bertujuan untuk memahami suatu fenomena mengenai tentang apa yang dialami subyek penelitian seperti perilaku, tindakan, motivasi dan sebagainya.  Beberapa jenis penelitian kualitatif antara lain.

• Metode Etnografi
Metode ini digunakan untuk mengetahui dan menemukan pengetahuan yang terkandung dalam suatu budaya atau komunitas.

• Metode Fenomenologi
Metode fenomenologi digunakan untuk mencari fenomena-fenomena sehingga mendapatkan penjelasan mengenai realitas yang tampak.

• Metode Studi Kasus
Penelitian studi kasus bertujuan untuk menjelaskan dan memahami obyek yang diteliti secara terperinci sebagai suatu kasus.

• Metode Teori Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengetahuan baru yang belum pernah diketahui sebelumnya.

• Metode Studi Kritis
Studi kritis digunakan untuk mengkritik ideologi berdaasarkan perbandingan struktur sosial buatan dengan struktur sosial nyata.

• Metode Analis Konsep
Penelitian ini digunakan untuk memfokuskan suatu konsep yang sudah ada agar bisa dipahami dan dapat diterapkan di lapangan.

• Metode Analis Sejarahidi
Penelitian ini secara khusus terfokus pada kejadian masa lalu.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Toleransi
2. Pengertian Inovasi
Demikianlah artikel Pengertian Metode Penelitian dan Jenisnya yang semoga beermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.