Inilah Keutamaan Puasa Sunnah Senin-Kamis


Artikel yang terkait dengan judul :Inilah Keutamaan Puasa Sunnah Senin-Kamis

Puasa senin kamis ✓ Berpuasa merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sudah menjadi keharusan atau kewajiban bagi seorang muslim (penganut agama Islam) untuk menjalankan puasa wajib di bulan Ramadhan. Namun ada juga puasa di luar bulan Ramadhan yang bisa dilakukan oleh umat Islam, yaitu puasa sunnah.
Puasa Senin Kamis

Pengertian Puasa Sunnah
Puasa sunnah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan sebagai pelengkap ibadah wajib lainnya. Puasa merupakan ibadah dimana seorang hamba (manusia) harus menahan lapar, dahaga, dan nafsunya dari waktu terbitnya matahari hingga terbenamnya kembali. Yaitu sekitar pukul 04.00 hingga 18.00.

Melalui amalan puasa sunnah, seorang hamba manusia akan selalu disayang oleh Allah dan dilindungi dari segala mara bahaya. Mengapa demikian? Karena seorang hamba manusia yang secara rutin mengamalkan ibadah ini bisa meninggikan derajatnya sendiri di hadapan Allah S.W.T.

Ketentuan Puasa Sunnah
Ada beberapa ketentuan yang harus dipatuhi oleh seorang hamba manusia yang ingin mengamalkan puasa senin kamis secara rutin, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Beribadah hanya ditujukan kepada Allah
Seorang hamba yang rutin dan istiqomah dalam menjalankan ibadah, tidak boleh mengatasnamakan ibadahnya kepada selain Allah. Segala niat hanya ditujukan kepada Allah. Jika seorang hamba beribadah untuk selain Allah, maka ia tidak akan mendapatkan manfaat atau keutamaan dalam ibadah tersebut, termasuk ibadah puasa senin kamis.

2. Sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW
Apabila seorang hamba ingin menjalankan ibadah, maka ia harus mengetahui bagaimana cara Rasullullah, sebagai utusan Allah dalam menjalankan ibadah tersebut. Tidak boleh ada satu ajaran yang menyimpang saat beribadah. Jika menyimpang dari ajaran Rasulullah, maka bisa dikatakan hamba tersebut keluar dari syariat islam.

Macam-macam Puasa Sunnah
Di dalam agama Islam, ada beberapa macam atau jenis puasa sunnah yang diamalkan oleh umat islam itu sendiri.
1. Puasa di Bulan Syawal selama enam hari
2. Puasa Senin Kamis
3. Puasa Arafah
4. Puasa Daud (sehari puasa dan hari berikutnya tidak, dan begitu seterusnya)
5. Puasa Asyura
6. Puasa Yaumul Bidh (pertengahan bulan yaitu tanggal 13, 14, dan 15)

Tata Cara / Adab Puasa Sunnah
Adapun tata cara dalam melakukan puasa sunnah senin kamis, yaitu:

1. Diperbolehkan tetap berpuasa, setelah terbit fajar selama belum makan, minum dan tidak membatalkan puasa.

2. Diperbolehkan untuk membatalkan atau menyempurnakan puasa. Puasa sunnah merupakan pilihan seorang hamba manusia untuk memulai ibadah tersebut atau ingin membatalkannya. Apabila pada hari saat berpuasa, seseorang mengalami sakit dan merasa tidak kuat meneruskan puasanya, maka diperbolehkan baginya untuk membatalkan puasa sunnahnya itu.

3. Meminta izin dari suami
Bagi seorang wanita yang sudah memiliki imam yaitu suami, maka wajib baginya untuk meminta izin kepada si suami apakah mengizinkan istrinya untuk berpuasa sunnah atau tidak. Berbeda dengan puasa wajib yang harus dilakukan tanpa meminta izin siapapun. Hal itu dikarenakan adanya hak suami untuk melakukan hubungan intim (bersenang-senang) bersama istrinya setiap hari. Dan hak tersebut tidak bisa tiba-tiba terhalang hanya karena si istri melakukan puasa sunnah senin kamis (misalnya).

Keutamaan Puasa Sunnah
Inilah beberapa keutamaan puasa senin kamis yang bisa diperoleh seorang hamba manusia, diantaranya:
1. Mendapat pahala dari Allah
2. Menambah iman dan islam kepada Allah dan Rasul-Nya.
3. Mendapatkan kasih sayang dari Allah
4. Melindungi diri dari kebatilan ataupun musibah
5. Membuat hati menjadi tenang dan tenteram
6. Memberatkan timbangan kebaikan di hari akhir kelak

Sumber : berbagai sumber online.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian website
2. Pengertian Novel
Bagaimana? Masihkah teman-teman rela meninggalkan keutamaan puasa sunnah yang sangat banyak ini? Jadikan hidup ini lebih bermakna dan senantiasalah berlindung hanya kepada Allah.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.