Keistimewaan Puasa Syawal Bagi Umat Islam

Artikel yang terkait dengan judul :Keistimewaan Puasa Syawal Bagi Umat Islam

Keistimewaan Puasa Syawal Bagi Umat Islam ✓ Bulan Syawal merupakan waktu yang sangat tepat untuk memohon maaf kepada saling sesama dan sang maha pencipta. Dalam rangka pelaksanaan hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada bulan Syawal tentunya sangat istimewa sekali. Semua orang saling memaafkan atas perbuatan yang dilakukannya selama satu tahun lalu. Pada bulan Syawal ternyata tidak hanya saling memaafkan saja tetapi anda juga melakukan puasa Syawal yang istimewa.

Daftar Isi

1. Waktu Pelaksanaan Puasa Syawal
2. Hikmah Keistimewaan Puasa Syawal

Puasa Syawal

Waktu Pelaksanaan Puasa Syawal 

Walau puasa Syawal dilakukan pada setiap tahunnya tetapi banyak yang belum mengetahui pelaksanaan dari puasa ini. Puasa ini dilakukan tepatnya pada bulan Syawal setelah melakukan hari raya Idul Fitri. Jarak tiga hari setelah melakukan shalat Idul Fitri setiap umat islam dapat melakukan puasa ini sebanyak enam hari.

Pelaksanaan puasa bisa dilakukan secara berturut-turut dan diutamakan untuk melakukan ibadah lainnya agar pahala yang didapatkan sangat banyak. Ibadah lainnya yang bisa dilakukan yaitu shalat sunnah, sedekah, tartil, dzikir, dan lainnya. Melakukan puasa dengan baik dan benar insya Allah dapat membuat anda dengan mudah merasakan keistimewaan atau manfaatnya dalam diri anda.

Hikmah Keistimewaan Puasa Syawal 

Puasa Syawal dilaksanakan dalam waktu yang sangat singkat yaitu hanya enam hari saja, tetapi pelaksanaan puasa yang singkat tidak menjadikan keutamaannya menjadi sedikit. Bahkan ada banyak hikmah yang akan diperoleh ketika melaksanakan puasa ini. Apa saja hikmah yang didapatkan dalam melakukan puasa Syawal? 

Berikut ini adalah hikmah yang sangat istimewa bagi orang yang melaksanakan puasa sunnah Syawal.

1. Menyempurnakan pahala berpuasa selama satu tahun
Jarang sekali orang yang melakukan puasa berturut-turut selama setahun penuh. Bahkan puasa wajib Ramadhan saja ada yang bolong. Salah satu hikmah melakukan puasa sunnah Syawal yaitu dapat menggenapkan pahala berpuasa selama satu tahun lamanya. Hal ini sudah dituliskan pada hadits Tsauban. Penyempurnaan pahala ini diberikan secara penuh bagi orang yang melaksanakan puasa sunnah Syawal.

2. Menyempurnakan puasa wajib Ramadhan
Dalam melaksanakan puasa Ramadhan ada saja hal yang dilakukan oleh manusia sehingga pahala puasanya berkurang. Hal tersebut tentunya dilakukan secara tidak sengaja. Puasa sunnah Syawal dapat melengkapi kekurangan dari puasa wajib tersebut. Ibaratnya seperti shalat sunnah rawatib yang berfungsi untuk menyempurnakan kekurangan dari shalat wajib yang telah dilakukan.

3. Amalan yang dilakukan oleh seseorang terus tersambung
Dalam hidupnya manusia tidak terputus dari amalan yang telah diperbuatnya. Amalan tersebut salah satunya berasal dari pelaksanaan puasa wajib dan sunnah. Melakukan puasa sunnah Syawal berarti seseorang telah menyambung amalannya agar tetap mengalir. Pada saat bulan Ramadhan seseorang akan berpuasa dan setelah Ramadhan diteruskan lagi dengan puasa enam hari di bulan Syawal.
Amalan terus mengalir bagaikan air yang terus mengalir disungai. Sungguh indah sekali dan pahala dari seseorang tersebut pasti akan berlipat ganda.

4. Diampuni dosa yang telah diperbuat
Puasa sunnah Syawal yang dilaksanakan akan membuat seseorang mendapatkan ampunan dari setiap dosa yang telah diperbuat. Salah satu ampunan dosa yang diberikan yaitu pada saat hari Raya Idul Fitri. Bersyukurlah kita semua karena masih dapat melaksanakan puasa sunnah Syawal yang sangat istimewa ini.

Apakah teman-teman ingin mendapatkan hikmah puasa Syawal? Pastinya iya karena hikmahnya sungguh sangat istimewa. Tidak ada hal yang paling indah selain mendapatkan pahala yang besar serta diampuni dosanya. Caranya juga sangat mudah yaitu melakukan perbuatan baik, puasa sunnah dan wajib serta melakukan shalat.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Mengenal Puasa Arafah Dan Keutamaannya
2. Lembaga Keuangan Bukan Bank
Itulah artikel mengenai Keistimewaan Puasa Syawal Bagi Umat Islam yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.