Mengenal Puasa Arafah Dan Keutamaannya Yang Luar Biasa

Artikel yang terkait dengan judul :Mengenal Puasa Arafah Dan Keutamaannya Yang Luar Biasa

Mengenal Puasa Arafah Dan Keutamaannya Yang Luar Biasa ✓ Puasa merupakan salah satu ibadah umat islam yang harus dilaksanakan. Ada puasa wajib dan puasa sunnah yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Baik puasa wajib maupun sunnah sudah ditentukan kapan waktunya. Misalkan sebelum hari Raya Idul Fitri ada puasa Ramadhan yang wajib dilaksanakan. Contoh untuk puasa sunnah yaitu puasa Arafah yang dilaksanakan sebelum hari Raya Idul Adha.

Rasulullah  sangat melaksanakan puasa sunnah Arafa, bahkan beliau menunggu datangnya puasa ini dengan gembira.

Daftar Isi

1. Pelaksanaan Puasa Arafah Bagi Umat Muslim
2. Keutamaan Puasa Arafah Bagi Yang Melaksanakannya

Puasa Arafah

Pelaksanaan Puasa Arafah Bagi Umat Muslim

Puasa sunnah Arafah dilaksanakan pada hari ke 9 Dzulhijah tepatnya setelah puasa tarwiyah. Puasa ini juga dianjurkan untuk orang yang sedang melakukan haji atau tidak. Puasa ini juga wajib dilakukan bersama dengan pelaksanaan wukuf bagi orang yang sedang melaksanakan ibadah haji di Mekkah. Tepatnya apabila ibadah haji yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijah maka, inti pelaksanaan ibadahnya yaitu melakukan wukuf di Arafah.

Bagi umat Islam yang lainnya disunnahkan untuk melakukan puasa ini. Anda boleh melaksanakannya atau tidak, tetapi lebih baik anda melakukan puasa ini agar mendapatkan keutamaannya yang luar biasa.

Keutamaan Puasa Arafah Bagi Yang Melaksanakannya

Orang yang melaksanakan puasa sunnah Arafah tidak hanya mendapatkan pahala sebagai ibadah, namun juga mendapatkan keutamaan dari puasa tersebut. Keutamaan puasa ini sangat banyak diantaranya yaitu dapat menghapus dosa selama dua tahun, maksudnya dosa anda akan dihapus pada tahun lalu dan tahun yang akan datang dalam kehidupan anda.

Sangat istimewa sekali karena dengan puasa satu hari saja anda bisa menghapus dosa selama dua tahun. Sebagian orang berpendapat bahwa dosa kecil yang dilakukan oleh umat Islam selama setahun terakhir atau yang akan datang bisa diampuni. Berbeda dengan dosa besar yang telah diperbuat karena dosa besar hanya diringankan saja. Ada juga yang berpendapat bahwa semua dosa yang telah diperbuat akan diampuni semunya, baik yang kecil maupun besar.

Melakukan puasa sunnah Arafah juga dapat membuat diri anda terjaga agar tidak melakukan dosa. Biasanya orang mudah sekali melakukan dosa pada setiap harinya. Bahkan mereka tidak menyadari kalau mereka berbuat dosa, hal ini karena adanya pengaruh setan yang menjerumuskan seseorang tersebut ke dalam lubang dosa. Puasa sunnah ini dapat membuat kekuatan iman dan menjaga perilaku anda untuk tidak melakukan dosa selama dua tahun.

Keutamaan lainnya yaitu anda akan dibebaskan dari siksa api neraka. Melakukan puasa Arafah pada waktu yang telah ditetapkan membuat anda terhindar dari siksa api neraka yang sangat mengerikan. Siksaan api neraka yang sangat kejam dan membuat tubuh menjadi tersiksa tidak akan anda rasakan bila menjalankan ibadah puasa sunnah Arafah dengan ikhlas dan sabar. Tentu saja anda harus melakukan puasa Arafah setiap tahunnya agar api neraka haram bagi anda.

Mendapatkan keutamaan dari puasa sunnah Arafah tidak bisa dilakukan secara mudah. Bila anda melakukan sebatas berpuasa saja maka, anda tidak bisa mendapatkan keutamaannya secara maksimal. Lakukanlah ibadah lainnya yang dapat dikerjakan bersamaan melakukan puasa. Misalkan memperbanyak membaca Al Qur’an, dzikir, shalat sunnah dan melakukan kegiatan yang baik terutama beramal.

Puasa Arafah hanya datang setiap tahun sekali sehingga anda harus memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Jangan sampai terlewatkan untuk mendapatkan keutamaanya yang sungguh luar biasa sekali. Memperbanyak ibadah dengan melakukan puasa sunnah dapat meninggikan derajat anda. Dosa yang anda lakukan juga perlahan-lahan akan dihapus.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank
2. Pengertian Hak Asasi Manusia Dalam Produk Hukum Indonesia Dan Beberapa Ahli
Demikian artikel tentang Mengenal Puasa Arafah Dan Keutamaannya Yang Luar Biasa yang semoga dapat memberikan manfaat bagi teman-teman.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.