APA PENGERTIAN MANAJEMEN KEUANGAN ITU?


Artikel yang terkait dengan judul :APA PENGERTIAN MANAJEMEN KEUANGAN ITU?

PENGERTIAN MANAJEMEN KEUANGAN ✓ Istilah manajemen merupakan proses dalam mencapai apa yang menjadi tujuannya melalui kemampuan dari orang lain. Sehingga dengan demikian diperlukan science and art. Dikatakan memakai pihak lain bukan berarti seseorang yang menjalankan manajemen tidak bekerja, namun ia mencurahkan segala kemampuan supaya mendorong tercapainya apa yang menjadi tujuan organisasi/ perusahaan dengan melalaui pihak lain/ orang lain. Dengan demikian dibutuhkan adanya fungsi manajemen yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Sedangkan keuangan pada dasarnya terdiri dari transaksi keluar dan masuk uang. Namun transaksi tersebut tidak hanya keluar dan masuk uang saja, tetapi bagaimana dapat memberikan keuntungan perusahaan.

Daftar Isi

1. Pergertian dan Fungsi Manajemen Keuangan
2. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan
3. Ruang Lingkup Manajemen Keuangan
4. Tujuan Manajemen Keuangan Pada Perusahaan

pengertian manajemen keuangan

Pergertian dan Fungsi Manajemen Keuangan

Berikut adalah beberapa ahli yang memberikan pendapatnya tentang Pengertian Manajemen Keuangan:
  1. Suad Husnan memberi pernyataan tentang pengertian manajemen keuangan yaitu manajemen terhahap semua fungsi keuangan.
  2. Bambang Riyanto, menyatakan : Semua aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berkaitan dengan upaya mendapat dana yang diperlukan dengan biaya yang seminimal mungkin dan syarat yang menguntunggkan serta upaya untuk mempergunakan dana yang didapatnya tersebut secara efisien dan efektif.
  3. Liefman memberi definisi manajemen keuangan adalah usaha penyediaan uang dan mempergunakan dana tersebut untuk memperoleh aset (aktiva).
  4. Sedangkan pengertian manajemen keuangan menurut James C. VanHorne adalah segala aktivitas yang berhubungan dengan perolehan, pendanaan dan pengelolaan aktiva dengan beberapa tujuan menyeluruh. Dari definisi tersebut dapat diartikan bahwa kegiatan manajemen keuangan berhubungan dengan: a. Bagaimana memperoleh dana untuk membiayai usahanya b. Bagaimana mengelola dana tersebut sehingga tujuan perusahaan tercapai c. Bagaimana perusahaan mengelola asset yang dimiliki secara efisien dan efektif.
Dari pengertian manajemen keungan tersebut secara umum bisa dikatakan bahwa manajemen keuangan adalah manajemen yang menjalankan dan bertanggung jawab terhadap fungsi  keuangan yang meliputi mencari sumber dana (mendapatkan keuangan perusahan)  serta mengatur pemakainnya untuk operasional ataupun untuk investasi

Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan 

Prinsip-prinsip keuangan yang sering digunakan dalam dasar teori keuangan dan pembuatan keputusan keuangan adalah sebagai berikut:
  • Prinsip self interest behavior adalah menentukan keputusan atau tindakan yang paling baik atau  yang paling menguntungkan
  • Prinsip risk aversion adalah tidak mau terhadap resiko
  • Prinsip diversification adalah adanya tindakan diversifikasi
  • Prinsip incremental benefit adalah seluruh keputusan keuangan wajib didasarkan pada selisih antara nilai satu alternatif dengan alternatif yang lainnya.
  • Prinsip signaling adalah mengajarkan bahwa setiap tindakan terdapat adanya informasi.
  • Prinsip capital market efficiency adalah supaya pasar modal bisa efisiensi secara informasi dan efisiensi secara operasi.
  • Prinsip risk return trade off adalah apabila menginginkan keuntungan besar, maka bersiaplah untuk menanggung resiko yang besar.
  • Prinsip time value of money adalah bahwa nilai nominal uang pada hari ini tidak sama nilainya dengan nilai nominal uang pada bulan depan atau pada tahun depan.

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

3 Jenis keputusan keuangan yang merupakan tanggung jawab manajer keuangan yaitu:
  1. Mengambil keputusan investasi (investment decision). Yaitu berhubungan dengan pemilihan investasi atas kesempatan yang ada, memilih satu atau lebih alternatif investasi yang dianggap paling menguntungkan.
  2. Mengambil keputusan pembelanjaan (financing decision). Adalah berhubungan dengan pemilihan terhadap bermacam - macam bentuk sumber dana yang tersedia dalam upaya untuk menjalankan investasi, memilih satu alternatif/lebih pembelanjaan yang menyebabkan biaya paling murah.
  3. Mengambil keputusan dividen (dividend decision) atau dividen policy. Yaitu berkaitan dengan penentuan terhadap besarnya persentase dari laba yang akan dibayarkan sebagai dividen tunai kepada para pemegang saham, stabilitas pembayaran dividen, pembagian saham dividen dan pembelian kembali saham-saham yang beredar.

Pengambilan keputusan yang dilakukan harus dalam koridor tujuan yang seharusnya dipakai oleh perusahaan yaitu supaya bisa memaksimumkan nilai perusahaan. Pengertian nilai perusahaan yaitu harga dari sebuah perusahaan apabila perusahaan tersebut dijual. Jika perusahaan sudah “go public” maka nilai dari perusahaan tersebut tercermin dalam harga saham perusahaan tersebut.

Aktivitas perusahaan apabila dilihat dari sudut manajemen keuangan adalah merupakan tugas manajer keuangan. Tugasnya meliputi :
1. Perolehan dana dengan biaya murah.
2. Pemakaian dana yang efektif dan efisien
3. Melakukan analisis laporan keuangan
4. Melakukan analisis lingkungan Internal dan eksternal yang berkaitan dengan keputusan rutin dan keputusan khusus.

Tujuan Manajemen Keuangan Pada Perusahaan

Pada dasarnya tujuan manajemen keuangan (The Main Objective of Financial Management) adalah memaksimumkan nilai perusahaan atau memaksimumkan kemakmuran pemegang saham.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Puasa Senin Kamis
2. Pengertian website
Demikian artikel yang berjudul APA PENGERTIAN MANAJEMEN KEUANGAN ITU? yang semoga bermanfaat.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.