Pengertian Manajemen Dan Unsurnya Pada Suatu Organisasi

Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Manajemen Dan Unsurnya Pada Suatu Organisasi

Pengertian manajemen – Kehidupan manusia tidak luput dengan adanya transaksi yang dilakukan pada setiap hari. Seluruh transaksi dilakukan harus mempertimbangkan pemasukan dan pengeluaran. Agar pemasukan dan pengeluaran ini tetap seimbang maka, seseorang harus mampu membuat manajemen keuangan yang baik. Manajemen tidak melulu soal keuangan tetapi juga dapat digunakan untuk mengontrol seluruh kegiatan dalam suatu organisasi.

Daftar Isi

1. Pengertian manajemen Menurut Para Ahli
2. Pengertian Manajemen Tidak Lepas Dari Unsurnya

Pengertian Manajemen

Pengertian manajemen Menurut Para Ahli

Definisi manajemen yaitu suatu seni yang berada dalam organisasi meliputi penyusunan rencana, melakukan gerakan, membuat pengendalian, pengawasan dalam membangun suatu organisasi menjadi semakin lebih baik lagi.

Pengertian manajemen lainnya yaitu sebagai ilmu pengetahuan yang mengulas kerja sama antar manusia satu dengan lainnya. Agar lebih memahami tentang manajemen maka, berikut ini adalah pengertian manajemen menurut para ahli.

1. James A.F Stoner
Menurut James manajemen merupakan suatu proses merencanakan, menggunakan dan mengorganisasikan sumber daya dengan cara yang optimal. Tujuan pengoptimalan sumber daya tersebut yaitu agar semakin mudah dalam mencapai tujuan organisasi.

2.  George R. Terry
Manajemen adalah suatu rangka dari pekerjaan yang dilakukan oleh suatu organisasi. Dalam proses menyusun kerangka kerja diperlukan kelompok orang yang diarahkan untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.

3. Konntz
Manajemen merupakan suatu seni yang didasarkan pada ilmu. Pemahaman ilmu ini nantinya akan diaplikasikan dalam suatu kelompok organisasi.

4. Manullang
Manajemen adalah seni dengan ilmu penyusunan, pengorganisasian, pencatatan, pengawasan dan pengarahan sumber daya manusia dalam mencapai tujuan yang telah disepakati bersama.

Dari keempat pendapat diatas maka, pengertian manajemen dapat disimpulkan yaitu ilmu yang mendasari dalam mengolah dan mencapai tujuan pada organisasi.

Pengertian Manajemen Tidak Lepas Dari Unsurnya

Manajemen perusahaan memiliki sistem manajemen yang bagus. Dalam sistem manajemen terdapat unsur yang mendukungnya, berikut ini adalah unsur dari manajemen perusahaan.

1. Sumber daya manusia
Faktor paling utama dalam manajemen perusahaan adalah manusia. peranan manusia yaitu sebagai pengendali organisasi dalam mencapai tujuan melalui kinerja mereka yang unggul. Contohnya seperti manajer di perusahaan bertugas dalam merumuskan strategi pencapaian kerja yang akan dilakukan oleh karyawan lainnya. Disini yang mengisi posisi manajer dan karyawan biasa adalah manusia, jadi manusia merupakan unsur manajemen yang penting.

2. Uang
Uang memiliki peranan yang besar juga karena untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, menggaji tenaga kerja, dan kebutuhan lainnya. Disini uang berperan sebagai kendaraan untuk pemenuhan kebutuhan bahan sehingga memudahkan kinerja dan mencapai tujuan bersama.

Penggunaan uang dalam perusahaan juga tidak boleh terlalu boros. Harus bisa mengatur keuangan agar uang tersebut mampu menyampaikan perusahaan pada tujuannya. Bila suatu perusahaan kekurangan uang maka, dapat menyebabkan perusahaan tersebut bangkrut atau terpaksa mencari dana tambahan.

3. Metode kerja
Metode kerja merupakan penyusunan rencana pekerjaan yang digunakan untuk kelancaran pekerjaan. Rencana pekerjaan yang dibuat bukan hanya dalam jangka panjang saja, tetapi cara alternatifnya juga harus ditemukan. Tujuan perusahaan akan lebih mudah tercapai bila menggunakan metode kerja yang tepat.

4. Peralatan
Alat yang digunakan dalam perusahaan terutama mesin sangat mendukung kinerja yang efektif. Pekerjaan karyawan lebih mudah dan cepat selesai. Bila mesin yang digunakan jumlahnya sedikit maka, siap saja produksi perusahaan menjadi lambat. Investasi mesin yang banyak dan pastinya modal anda pasti kembali dengan pekerjaan produksi secara cepat.

Unsur penting dari manajemen harus digenggam erat dan tidak boleh dilupakan. Dari keempat unsur tersebut nantinya dapat mempermudah perusahaan dalam produksi dan mencapai tujuan.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Bahaya Dampak Dan Penyebab Pemanasan Global
2. Pengertian Zakat Serta Manfaatnya Bagi Umat Islam
Demikian artikel Pengertian Manajemen Dan Unsurnya Pada Suatu Organisasi yang semoga dapat memberi manfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.