Pengertian Pasar Modal Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Pasar Modal Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Apakah kamu tahu pengertian pasar modal? Biasanya pasar modal sering dikenal sebagai penghubung antara investor dengan perusahaan (pihak yang memerlukan dana). Akan tetapi masih banyak yang belum tahu mengenai pengertian dari pasar modal. Jadi buat kamu yang belum tahu, berikut ini informasi pengertian dari pasar modal secara umum dan juga menurut para ahli.

Daftar Isi

1. Pengertian Pasar Modal Secara Umum
2. Pengertian Pasar Modal Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Pasar Modal Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

pengertian pasar modal

Pengertian Pasar Modal Secara Umum

Pasar modal adalah sebuah lembaga keuangan negara yang kegiatannya berhubungan dengan hal penawaran dan perdagangan efek (surat berharga). Biasanya pasar modal sendiri sering diartikan sebagai sebuah lembaga profesi yang berhubungan dengan transaksi dari jual beli efek. Selain itu pasar modal juga sering diartikan sebagai salah satu perusahaan publik yang berkaitan dengan surat berharga. Maka dari itu, pasar modal biasa dikenal sebagai tempat bertemunya antara penjual dan pembeli modal.

Pasar modal sendiri merupakan salah satu pasar yang berfungsi untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa di perjualbelikan. Selain itu pasar modal juga memberikan berbagai alternatif untuk para investor untuk menabung, membeli tanah, asuransi, emas dan lain sebagainya.

Pengertian Pasar Modal Menurut Beberapa Ahli

Setelah kita mengetahui pengertian dari pasar modal secara umum. Berikut ini pengertian dari pasar modal menurut para ahli.

1. Menurut Ahli Tjiptono Darmadji Dan Hendy M. Fakhruddin

Pengertian Pasar modal merupakan salah satu pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan. Biasanya yang diperjualbelikan dalam bentuk utang, ekuitas (saham), instrumen derivatif, dan juga instrumen lainnya. Pasar modal inilah berfungsi sebagai sarana pendanaan buat perusahaan dan juga institusi lain.

2. Menurut Ahli Sunariyah

Menurut Sunariyah, pasar modal adalah salah satu tempat pertemuan antara penawaran dengan permintaan surat berharga. Tempat tersebut digunakan oleh para individu ataupun badan usaha yang mempunyai kelebihan dana (surplus fund). Kemudian melakukan investasi dalam surat berharga yang ditawarkan oleh para emiten.

3. Menurut Ahli Irham

Menurut ahli yang bernama Irham. Definisi dari pasar modal sendiri adalah sebuah pasar yang digunakan sebagai tempat dana-dana modal. biasanya tempat ini digunakan sebagai ekuitas dan utang diperdagangkan.

4. Menurut Ahli Fahmi dan Hadi

Menurut ahli Fahmi dan Hadi, pasar modal merupakan tempat berbagai pihak, khususnya buat perusahaan yang menjual saham (stock) dan obligasi (band). Tujuan dari hasil penjualan tersebut nantinya digunakan sebagai tambahan dana ataupun memperkuat modal dari perusahaan tersebut.

5. Menurut Ahli Suad Husnan

Menurut Suad Husnan, pasar modal merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan (atau sekuritas) jangka panjang yang bisa diperjualbelikan. Biasanya dalam bentuk hutang maupun modal sendiri, dan diterbitkan oleh pemerintah, public authorities, maupun perusahaan swasta.

6. Menurut Ahli Tandaellin

Definisi pasar modal dalam arti luas adalah salah satu sistem keuangan yang terorganisir.  Sistem keuangan tersebut termasuk bank komersial dan semua perantara di bidang keuangan, selain itu juga surat berharga. Jika dalam arti menengah yaitu semua pasar yang terorganisir dan lembaga-lembaga yang memperdagangkan saham secara kredit.

Sedangkan definisi pasar modal dalam arti sempit adalah  tempat pasar terorganisir yang memperdagangkan saham, dan obligasi-obligasi. Biasanya saat memperdagangkan saham memakai jasa dari makelar, komisioner maupun para penjamin (underwriter).

7. Menurut Ahli Martalena dan Malinda

Menurut ahli Matalena dan Malinda, pasar modal sendiri terdiri dari dua kata, yaitu pasar dan modal. Jadi, pengertian pasar modal dapat didefinisikan sebagai tempat bertemunya permintaan dan penawaran terhadap modal. Biasanya permintaan dan penawaran dalam bentuk ekuitas dan jangka panjang.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Saham
2. Sejarah Bulu Tangkis
Demikianlah artikel Pengertian Pasar Modal Secara Umum Dan Menurut Para Ahli yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.