Sejarah Permainan Bulu Tangkis

Artikel yang terkait dengan judul :Sejarah Permainan Bulu Tangkis

Sejarah bulu tangkis ✓ bisa di kenal dengan nama Badminton, merupakan cabang olahraga permainan yang menggunakan raket. Olahraga ini dimainkan oleh 2 orang untuk pertandingan tunggal dan 4 orang pertandingan ganda, dimana mereka akan saling berlawanan satu sama lainnya.
Tujuan dari bulu tangkis adalah memukul bola atau shuttlecock melewati jaring atau net, sehingga memasuki area lawan. Bilamana bola tidak bisa dikembalikan di area yang sudah ditentukan, maka lawan akan mendapat angka. Olahraga badminton sangatlah populer, selain itu sejarah bulu tangkis juga menarik untuk kita simak.

Daftar Isi

1. Awal Sejarah Bulu Tangkis
2. Sejarah Bulu Tangkis di Internasional
3. Sejarah Bulu Tangkis di Indonesia

Sejarah Permainan Bulu Tangkis

sejarah bulu tangkis

Awal Sejarah Bulu Tangkis

Permainan bulu tangkis terinspirasi oleh olahraga di Tionghoa, olahraga itu di sebut Jianzi yang dimainkan dengan bola, namun tidak memakai raket hanya memakai kaki dan menjaga bola supaya tidak jatuh. Selanjutnya permainan ini berkembang di Mesir Kuno sekitar 200 tahun yang lalu.

Saat pertengahan zaman, anak-anak di Inggris memainkan permainan ini dengan nama shuttlecocks atau battledores, sementara untuk raketnya memakai tongkat atau dayung. Sampai di tahun 1854, olahraga bulu tangkis menjadi terkenal di sekitar jalan London, setelah mejalah yang cukup terkenal mempublikasikan badminton yaitu Punch dengan bentuk kartun olahraga ini. Seiring berjalannya waktu, warga Inggris membawa permainan ini ke Negara Siam, Jepang, dan Tiongkok.

Pada abad ke 19, tentara Britania menemukan olahraga bulu tangkis di Pune – India, dimana mereka menambahkan net dan bermain secara berlawanan. Ketika itu daerah ini di kenal dengan sebutan Poona. Di tahun 1850, tentara kembali membawa olahraga ini ke Inggris.

Sejarah bulu tangkis terjadi di tahun 1877, rancangan peraturan mulai di tulis oleh club badminton Bath. Setelah itu di tahun 1893, pemerintah Inggris membentuk asosiasi bulu tangkis. Kemudian mereka mengadakan kejuaraan badminton yang pertama yaitu All England di tahun 1899, kejuaraan ini menjadi yang tertunda dalam dunia bulu tangkis.

Sejarah Bulu Tangkis di Internasional

Semakin terkenalnya olahraga badminton, maka di tahun 1934 terbentuklah organisasi cabang olahraga bulu tangkis yaitu Internasional Federasi Bulutangkis (IBF). Beberapa Negara yang mengambil andil diantaranya Denmark, Wales, Irlandia, Selandia Baru, Skotlandia, Perancis, Belanda, Kanada, dan Inggris.

Pelopor dari tebentuknya IBF adalah Perancis, sampai di tahun 1936, India ikut bergabung dengan status afiliat. Selanjutnya terjadi pertemuan di Madrid tahun 2006, di kenal dengan Extraordinary General Meeting.

Pada pertemuan tersebut terjadi sejarah bulu tangkis yang masih kenal sampai sekarang, dimana terjadi perubahan nama induk badminton, sebelumnya IBF menjadi Badminton World Federation (BWF). Nama ini di terima oleh delegasi yang hadir sebanyak 206 orang.

Sejarah Bulu Tangkis di Indonesia

Di tahun 1992, bulu tangkis menjadi cabang olahraga permainan yang dipertandingkan di kejuaraan Olympiade Barcelona. Saat itu Korea Selatan dan Indonesia memperoleh 2 gold medal. Perkembangan badminton di Indonesia tidak lepas dari masa revolusi fisik, gerakkan kemerdekaan, dan masuk dalam masa orde baru.

Olahraga bulu tangkis di bawa oleh orang Belanda, serta para pelajar yang pulang setelah menuntut ilmu di luar negeri. Hal ini yang membuat cabang olahraga permainan bulu tangkis menjadi sangat populer di masyarakat Indonesia.

Seluruh lapisan masyarakat sudah banyak yang menyukai badminton, namun cabang olahraga ini baru memiliki organisasi setelan PON berlangsung 3 kali. Kemudian cabang olahraga bulu tangkis menjadi salah satu nomor olahraga di Pekan Olahraga Nasional.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Sejarah Bola Basket
2. Sejarah Olahraga Tolak Peluru
Sekian informasi tentang sejarah bulu tangkis, sejak awal ditemukan, perkembangan, sampai bulu tangkis yang kita kenal sekarang. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.