Teknik Dasar Bulu Tangkis dan Penjelasannya

Artikel yang terkait dengan judul :Teknik Dasar Bulu Tangkis dan Penjelasannya

Teknik Dasar Bulu Tangkis ✓ Bulu  tangkis atau biasa di kenal dengan badminton merupakan olahraga permainan yang populer, terlebih di wilayah Asia termasuk Indonesia. Olahraga yang satu ini memiliki kompetisi cukup bergengsi, selain itu bisa juga mengisi waktu senggang.

Daftar Isi

1. Teknik Pegang Raket
2. Footwork (perpindahan kaki)
3. Teknik Service
4. Teknik Drive
5. Teknik Netting
6. Teknik Overhead

Jadi untuk kalian yang ingin menjadi pemain professional badminton, tentunya harus mengetahui teknik dasar bulu tangkis. Oleh karena itu, kita akan berbagi sedikit teknik dasar bulu tangkis yang bisa anda pelajari.

1. Teknik Pegang Raket

- Frohand Grip
Frohand grip merupakan teknik dasar bulu tangkis yang paling sering di pakai, sebab teknik ini mempermudah saat memukul kok, terutama untuk bagian sebelah kanan.

- American Grip
American grip memberi keunggulan dalam memukul kok dengan keras atau smash, maka banyak pemain professional yang memakai teknik dasar bulu tangkis ini untuk memukul saat kok tinggi.

- Backhand Grip
Backhand grip membuat arah pukulan kok sulit untuk di tebak, serta kok akan meluncur lebih cepat dan membuat lawan sulit untuk mengembalikannya.
teknik dasar bulu tangkis
2. Footwork (perpindahan kaki)

Perpindahan kaki ke kanan, kiri, depan, dan belakang menjadi teknik dasar bulu tangkis yang harus segera dikuasai. Pasalnya teknik ini menjadi sangat vital dalam permainan badminton. Oleh karena itu, pemain harus bisa lincah dan memiliki refleks yang baik untuk mengembalikan pukulan lawan.

3. Teknik Service

- Service Forehand Pendek
Service forehand pendek berguna untuk memaksa lawan dalam posisi bertahan, serta membuat lawan memukul kok menjadi tinggi, sehingga kita bisa melakukan smash dan mengarahnya ke tempat yang sulit di jangkau.

- Service Forehand Tinggi
Forehand tinggi menjadi teknik dasar bulu tangkis yang biasa di pakai oleh pemain tunggal. Ketika memukul kok dia akan mengarahkannya tinggi ke atas dan membuatnya turun tegak lurus di garis belakang, sehingga lawan akan mengira kok keluar.

- Service Backhand
Service backhand banyak digunakan oleh pemain ganda. Hal ini bertujuan untuk meletakkan kok dekat dengan garis serang dan membuat kok bergerak sedekat mungkin dengan net.

4. Teknik Drive

Teknik pukulan drive merupakan pukulan keras yang mendatar, teknik dasar bulu tangkis ini biasanya digunakan untuk membalas pukulan lawan. Bahkan, pukulan ini juga bisa membuat lawan tersudut.
Teknik drive bertumpu pada kecepatan perpindahan pegangan handle, serta kesempatan merespon arah kok. Selain itu gerakan bahu dan kecepatan bergerak juga mempengaruhi keberhasilan pada pukulan drive.

5. Teknik Netting

Netting sering digunakan untuk mencuri poin, dimana kok diarahkan sedekat mungkin, sehingga membuat lawan terpaksa mengembalikan kok dengan tanggung dan langsung di sergap dengan pukulan keras. Teknik dasar bulu tangkis ini bergantung pada refleks  dan kecepatan dalam mengambil keputusan, sehingga arah kok sulit untuk dikembalikan.

6. Teknik Overhead

- Pukulan Smash
Smash harus dikuasai oleh pemain badminton, dimana pemain akan memukul dengan keras dan mengarah ke bawah area lawan. Teknik dasar bulu tangkis ini bertujuan untuk membuat lawan mati, sementara untuk mendapat hasil yang maksimal, sebaiknya sambil melompat tinggi.

- Pukulan Dropshot
Dropshot merupakan teknik tipuan, dimana pemain berpura-pura ingin melakukan smash dan memukul dengan keras, sementara kok diarahkan dekat dengan net. Teknik dasar bulu tangkis ini sangat ampuh untuk membuat lawan mati langkah.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Teknik Dasar Bola Basket dan Penjelasannya
2. Cara Membuat NPWP Secara Online
Itulah beberapa teknik dasar bulu tangkis yang perlu dikuasai dalam olahraga permainan badminton. Dengan informasi ini anda semakin berkesempatan besar untuk mendapat kemenangan dalam permainan.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.