Sejarah Olahraga Sepak Bola

Artikel yang terkait dengan judul :Sejarah Olahraga Sepak Bola

Sejarah sepak bola ✓ sepak bola sebagai salah satu cabang olahraga yang pupuler di dunia. Permainan ini menggunakan 1 buah bola kulit, dimainkan oleh 2 tim, masing-masing memiliki 11 pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Pada awal abad ke 21, menjadi sejarah sepak bola terbaik, dimana permainan ini dimainkan lebih dari 250 juta orang, dari 200 Negara. Sampai akhirnya sepak bola menjadi sangat terkenal sampai sekarang, berikut ini sejarah sepak bola dari awal hingga abad 21.

Daftar Isi
1. Sejarah Sepak Bola Kuno
2. Sejarah Sepak Bola Abad 21

Sejarah Olahraga Sepak Bola

sejarah sepak bola

Sejarah Sepak Bola Kuno

Sepak bola pertama kali dimainkan saat masa pemerintahan Dinasti Han – China. Sekitar abad ke-2 atau ke-3 , sebelum penanggalan kalender masehi. Pada masa ini menggunakan bola kulit dan gawangnya sangat kecil, sehingga sulit untuk memasukkannya.

Tujuan mengadakan permainan sepak bola untuk menjaga fisik tentara, serta sebagai penghibur saat ulang tahun kaisar dirayakan. Pemain sepak bola saat itu di sebut Tsu Chu.

Masih tentang sejarah sepak bola kuno, permainan ini juga cukup terkenal di Jepang. Di sini bola yang digunakan memakai kulit kijang yang biasa di kenal Kemari, sampai akhirnya ditemukan olahraga serupa di Meksiko, Inggris, Romawi, Amerika Tengah dan Mesir kuno. Namun mereka sudah menggunakan bola dengan kulit karet.

Pada masa Raja Edward di Inggris, menjadi sejarah sepak bola yang harus di ingat. Mengenai pelarangan olahraga permainan ini, sebab menimbulkan banyak kekerasan dalam permainan. Hal ini dikarenakan tidak memiliki peraturan yang jelas dalam permainan.

Sampai akhirnya di tahun 1369, Raja Edward ke-3, mencabut larangan permainan sepak bola. Namun di tahun 1572, Ratu Elizabeth ke-1, kembali mendapat larangan. Larangan tersebut tanpa melalui kompromi, sanksi tegas bagi orang yang bermain bola. Sampai akhirnya larangan itu kembali di cabut oleh Raja Charless ke-2 di tahun 1680.

Sejarah Sepak Bola Abad 21

Sejarah sepak bola untuk abad 21 berawal dari Inggris, saat pembentukan organisasi asosiasi sepak bola yang pertama kalinya, setelah melalui musyawarah 11 wakil dari perkumpulan sepak bola. Perkumpulan yang di kenal Football Association Freemason’s Tavern.

Pada pertemuan tersebut, terbuatlah aturan seri tunggal dalam sepak bola, peraturan itu diikuti oleh asosiasi sepak bola lainnya seperti Skotlandia, Irlandia, dan Wales. Setelah itu mereka membuat perkumpulan yang di kenal Football Association Board (IFAB), sebagai kordinator peraturan sepak bola di seluruh dunia.

Pada tanggal 21 Mei 1904, terbentuklah Federation International de Football Association atau yang biasa kita kenal FIFA yang disepakati di Pari – Prancis. Pertemuan yang dicanangkan oleh 2 orang penting sepak bola yaitu Jules Rimet dan Henry Delaunay, serta di hadiri oleh 7 Negara yaitu Belgia, Swiss, Spanyol, Belanda, Swedia, dan Denmark sebagai Negara-negara pertama FIFA.

Di tahun 1908, sepak bola masuk dalam cabang olahraga olimpiade. Seiring berjalannya waktu dan banyaknya peminat, di gelar kejuaraan piala dunia pertama di Uruguay tahun 1930. Keberhasilan itu tidak lepas dari stasiun TV BBC yang berhasil menayangkan tahun 1938, serta di tahun 1966 mereka membuat fitur replay untuk setiap goal.

Sepanjang sejarah sepak bola membuatnya menjadi hiburan yang menarik di dunia, membuat FIFI melebarkan sayapnya dengan membangun asosiasi regional. Asosiasi ini terdiri dari beberapa Negara seperti UEFA (Eropa), CONCACAF (Karibia, Amerika Tengah dan Utara), CNMEBO (Asia), CAF ( Benua Afrika), dan OFC (Oceania).

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Sejarah Olahraga Renang
2. Sejarah Olahraga Atletik
Itulah perjalanan panjang sejarah sepak bola dunia yang sangat menarik, maka tidak heran olahraga ini menjadi populer di dunia, bahkan hampir di seluruh dunia memainkan olahraga tersebut.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.