Sejarah Permainan Bola Basket

Artikel yang terkait dengan judul :Sejarah Permainan Bola Basket

Sejarah bola basket ✓ sebuah cabang olahraga yang dimainkan oleh 2 tim, masing-masing tim memiliki anggota 5 orang yang bermain dan beberapa pemain cadangan. Permainan bola basket bertujuan  untuk mencari poin sebanyak-banyaknya, caranya dengan memasukkan bola ke dalam ring lawan yang sudah disediakan.

Daftar Isi

1. Awal Sejarah Bola Basket
2. Sejarah Bola Basket di Indonesia

sejarah bola basket

Sejarah Permainan Bola Basket

Pada umumnya bola basket dimainkan di ruangan tertutup (In door), serta memiliki panjang 28,5 m dan lebar mencapai 15 m. Ada 3 posisi terpenting dalam permainan bola basket yaitu Defense (menghadang lawan), Forward (mencetak poin), dan Playmacker (mengatur alur bola dan strategi).

Awal Sejarah Bola Basket

Di tahun 1891, olahraga basket ditemukan karena ketidak sengajaan James Naismith. Guru olahraga asal Kanada, di minta untuk bisa menciptakan sebuah aktivitas permainan yang bisa dilakukan di dalam ruangan, sehingga siswa bisa mengisi waktu mereka saat liburan musim dingin.

Tanggal 15 Desember 1891, James Naismith menemukan permainan tersebut, dahulunya menjadi permainan yang paling disenanginya saat masih kecil. Permainan itulah yang di kenal dengan nama Basketball atau lebih pupulernya bola basket.

Saat permainan bola basket dikenalkan, banyak lapisan yang menentang olahraga bola basket, sebab mereka anggap terlalu keras, terlebih bila dimainkan di dalam ruangan tertutup. Naismith menemukan solusi atas masalah tersebut, dia membuat beberapa susunan aturan, termasuk dalam menempatkan keranjang di dinding.

Di awal peraturan permainan bola basket terdiri dari 2 tim, pemain yang bermain berjumlah 9 orang dari masing-masing tim, serta untuk melakukan umpan bola tidak menggunakan dribble. Pada saat itu memindahkan bola hanya dengan lemparan, setelah peraturan sudah ditetapkan, maka siswa di minta untuk memainkan bola basket sesuai peraturan.

Pada tanggal 20 January 1892, tercatat dalam sejarah bola basket, sebab menjadi pertandingan bola basket yang pertama kali. Ketika itu ada seorang murid yang menyebut permainan ini basketball, sehingga semua orang mengena olahraga ini dengan basketball.

Tidak butuh waktu lama untuk membuat olahraga ini menjadi terkenal di Amerika Serikat, pelosok negeri di Amerika sudah ikut memainkan bola basket, bahkan mereka menggelar kompetisi. Pertandingan bola basket di Amerika Serikat dapat kita temui dengan mudah.

Sejarah Bola Basket di Indonesia

Permainan bola basket masuk Indonesia di tahun 1920-an, ketika perantau dari China datang dan mereka mendirikan sekolah Tionghoa.  Sekolah tersebut mewajibkan setiap siswanya bermain bola basket, jadi itulah alasan hampir setiap sekolah memiliki lapangan bola basket dan atelet terbaik bola basket berasal dari sekolah Tionghoa.

Pada proklamasi kemerdekaan Indonesia, bola basket sudah populer, tetapi belum memiliki organisasi nasional. Namun saat Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama, menjadi awal sejarah bola basket bagi Indonesia, sebab masuk dalam cabor yang dipertandingkan dan mendapat antusias yang luar biasa dari penonton.

Di tanggal 23 Oktober 1951, terbentuk Persatuan Basketball Seluruh Indonesia, namun di tahun 1955 namanya berubah menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASIL), mengikuti kaidah bahasa Indonesia dan masuk dalam anggota Internasional Basketball Federation (FIBA). Sejarah bola basket Indonesia terbesar di tahun 1953, ketika mengirimkan tim dalam ajang Asian Games di Manila.

Sejarah bola basket kembali terjadi di tanggal 3 April 1982, menjadi awal kompetisi utama (KOBATAMA) dan menjadi  awal dari club-club besar yang ada di Indonesia. Setelah berjalan selama 30 tahun, bola basket menjadi sangat berkembang setelah adanya Deteksi Basketball League (DBL). Di susul dengan kebangkitan KOBATAMA yang berubah menjadi National Basketball League (NBL).

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Sejarah Olahraga Tolak Peluru
2. Sejarah Olahraga Sepak Bola
Itulah sejarah bola basket, sejak pertama kali ditemukan karena tidak di sengaja sampai menjadi olahraga yang cukup popular di Indonesia.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.