Sejarah Olahraga Tolak Peluru

Artikel yang terkait dengan judul :Sejarah Olahraga Tolak Peluru

Sejarah tolak peluru ✓ Olahraga tolak peluru adalah cabang dari olahraga atletik dengan induk organisasi yang di bawahi oleh IAAF (International Amateur Athletic Federation). Bila di Indonesia di bawahi oleh PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). Tolak peluru merupakan olahraga yang mendorong sebuah benda yang berbahan logam dengan bentuk bulat lingkaran. Para pemain harus mendorong benda tersebut hingga mencapai jarak yang sejauh jauhnya.

Daftar Isi

1. Sejarah Tolak Peluru Lengkap
2. Berbagai Teknik Sejarah Tolak Peluru

Sejarah Olahraga Tolak Peluru

Sejarah Tolak Peluru
Saat ini peminat olahraga peluru sangat banyak bahkan pada pertandingan tolak peluru international setiap Negara pasti mengikutinya. Setiap Negara akan mengirimkan perwakilan delegasinya untuk mengikuti olahraga tersebut dan berharap agar memenangkan pertandingan. Meriahnya olahraga tolak peluru ternyata sudah ada sejak dulu. Hal tersebut bisa dilihat pada sejarah perkembangan Sejarah tolak peluru dunia.

Sejarah Tolak Peluru Lengkap

Tolak peluru termasuk olahraga yang paling populer dan sudah ada sejak abad ke 20 tepatnya di kepualauan Britania. Awalnya olahraga ini peralatannya hanya menggunakan batu sebagai pelurunya. Melempar bola batu yang berat dan harus mencapai jarak yang jauh agar bisa memenangkan pertandingan.

Pertandingan sejarah tolak peluru modern diperkenalkan pada pertengahan abad. Pada waktu itu serdadu telah mengadakan sebuah pertandingan untuk melempar beban dengan menggunakan bola meriam. Betapa beratnya bola meriam tersebut, tetapi para peserta tetap berbondong-bondong untuk mengikuti pertandingan. Awalnya pertandingan ini hanya digunakan sebagai hiburan dan melakukan kesenangan saja hingga akhirnya menjadi olahraga populer.

Awal pertandingan Sejarah tolak peluru sebenarnya diadakan di Inggris. Meski perlombaan ini hanya diisi oleh kelas amatir tetapi sangat meriah. Negara Skotlandia kemudian menyusul untuk mengadakan perlombaan tolak peluru pada tahun 1896 dan ini resmi diadakan oleh penyelenggara olimpiade. Banyak yang hadir dalam pertandingan di Skotlandia dan memperebutkan juara pertama.
Perkembangan sejarah tolak peluru semakin banyak dan sudah ada di berbagai Negara. Pada tahun 1950 akhirnya dibuka dua cabang olahraga tolak peluru untuk kaum pria dan perempuan. Tidak hanya pertandingannya saja yang mengalami perkembangan tetapi gaya lempar tolak peluru juga diperbarui. Ada salah satu metode yang sangat populer dan banyak yang menggunakan. Metode tersebut diberi nama O’brien atau Parry O’brien.

Berbagai Teknik Sejarah Tolak Peluru

Melakukan olahraga tolak peluru tidak boleh asal-asalan karena ada teknik yang harus dikuasi. Bila tidak mengetahui tekniknya maka, dapat membahayakan lengan tubuh. Bisa mengakibatkan lengan menjadi cidera. Teknik dipelajari agar mendapatkan tolakkan yang mencapai titik jarak yang jauh.

Berikut ini teknik dari olahraga tolak peluru.

1. Jari agak dirapatkan
Letak ibu jari berada di samping peluru sedangkan jari kelingking ada pada bagian belakang yang berfungsi sebagai penopang agar bola tidak jatuh, juga membantu dalam melakukan penekanan bola dan mendorongnya.

2. Jari renggang
Renggangkan semua jari tangan dan posisikan kelingking di samping peluru. Posisi jari ini akan membantu melakukan tolakan serta dorongan peluru yang sangat kuat. Dapatkan jarak yang jauh dengan menggunakan teknik ini.

3. Jari agak direnggangkan
Belakang peluru  adalah letak jari kelingking sedangkan ibu jari hanya sebagai untuk menahan geseran saja. Sepenuhnya peluru diletakkan pada lekukan tangan dan mulai untuk melakukan lemparan. Bagi Anda yang memiliki tangan dengan ukuran yang relative kecil maka, bisa menggunakan cara ini. Ketiga teknik tersebut merupakan sebuah cara jitu untuk mendapatkan lemparan yang jauh. Jangan melakukannya terburu-buru, cukup konsentrasi dan lempar dengan sekuat tenaga. Lihat hasilnya pasti sangat bagus sekali. Anda mendapatkan hasil yang maksimal dan memenangkan pertandingan.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Sejarah Olahraga Sepak Bola
2. Sejarah Olahraga Renang
Demikian artikel Sejarah Olahraga Tolak Peluru yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.