Penjelasan Singkat tentang Pengertian Saham dan Jenisnya

Artikel yang terkait dengan judul :Penjelasan Singkat tentang Pengertian Saham dan Jenisnya

Dalam dunia modern,banyak bisnis yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang yang biasa kita kenal dengan nama investasi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam berinvestasi, salah satunya adalaha saham. Meskipun berinvestasi saham terkesan hanya bisa dilakukan oleh orang orang tertentu, namun kenyataannya, siapapun bisa bisa berinvestasi dengan saham, asalkan mengetahui seluk beluk dari saham itu sendiri. Untuk mengetahui apa itu saham? Berikut jni penjelasan singkat mengenai pengertian saham dan jenis jenisnya.

Daftar Isi

1. Pengertian Saham
2. Jenis Saham
3. Cara Mendapat keuntungan dari Saham

Pengertian Saham dan Jenisnya

pengertian saham

Pengertian Saham

Saham merupakan surat berharga yang digunakan sebagai bukti tanda kepemilikan seseorang maupun badan terhadap  suatu perusahaan. Saham dikeluarkan oleh perusahaan yang berbentuk PT (Perseroan Terbatas) yang disebut Emiten. Dengan saham yang dimiliki oleh pemegang saham,maka secara otomatis ia menjadi bagian dari pemilik perusahaan tersebut dan berhak atas keuntungan perusahaan. Seiring berjalannya waktu Pemilik saham juga bisa memperoleh keuntungan dari naiknya harga saham.

Sehingga saham itu sejenis alat bukti kepemilikan suatu perusahaan atau badan usaha.  Inilah sebabnya saham bisa dikatakan sebagai surat berharga, karena merupakan surat asli dan bukti kuat terhadap kepemilikan terhadap suatu perusahaan.

Bentuk dari saham berupa selembar kertas yang menerangkan bahwa pemilik kertas tersebut merupakan pemilik sah dari perusahaan yang menerbitkan. Jadi, investasi saham hampir sama dengan menabung di bank namun sebagai bukti penyetoran uang tidak berupa slip melainkan berupa saham.

Jenis Saham

Jenis saham yang bisa diterbitkan oleh suatu perusahaan yaitu saham biasa dan saham Preferen

1. Saham Biasa

Saham biasa merupakan surat berharga yang berfungsi sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan. Pemilik saham ini berhak mendapatkan deviden atau pendapatan perusahaan dan bersedia menanggung apabbila perusahaan mengalami kerugian.

Pemilik saham biasa memiliki hak pengambilan persentase (bagian) dalam mengelola perusahaan dengan jumlah porsi tergantung jumlah saham yang dimiliki.

Karakteristik dari saham biasa antara lain
• Dapat memilih komisaris melalui hak suara pemegang saham.
• Sebagai prioritas pada waktu organisasi penerbit menerbitkan saham yang baru
• Tanggung jawab hanya pada jumlah yang diberikan

2. Saham Preferen

Pemilik saham preferen memiliki hak yang lebih dibandingkan pemilik saham biasa. Dalam pembagian keuntungan perusahaan, pemilik saham preferen akan didahulukan. Dapat dikatakan saham preferen merupakan gabungan dari saham biasa dan obligasi, karena bisa memperoleh pendapatan tetap seprti halnya bunga obligasi dan adanya klaim atas laba dan aktiva sebelumnya, namun juga bisa tidak mendapatkan hasil.

Karakteristik dari saham preferen antara lain
• Memiliki berbagai tingkat dengan karakteristik yang berbeda
• Dalam pembagian pendapatan perusahaan, memiliki prioritas lebih tinggi dibanding pemilik saham biasa.
• Dapat ditukar menjadi saham biasa apabila terjadi kesepakatan antara pemegang saham dan penerbit.

Cara Mendapat keuntungan dari Saham

Sederhananya, pemegang saham merupakan pemilik peruahaan, sehingga apabila perusahaan mendapatkan keuntungan secara otomatis pemilik perusahaan juga mendapatkan keuntungan. Keuntungan bersih yang diterima perusahaan akan disisihkan untuk para pemilik saham.

Adapun jenis pembagian saham yang dilakukan, antara lain

1. Capital Gain

Capital gain adalah mendapatkan keuntungan dari modal dan nilai aset. Maksudnya ialah keuntungan yang diperoleh dari saham, dimana nilainya melebihi harga pembelian. Selisih harga jual yang lebih tinggi daripada harga beli ini lah yang dimanfaatkan untuk mendapat keuntungan finansial.

2. Deviden

Deviden merupakan keuntungan yang diperoleh dari kinerja perusahaan. Dengan kata lain deviden adalah pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan kepada pemegang saham sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Sejarah Bulu Tangkis
2. Sejarah Bola Basket
Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian saham semoga bisa memberi gambaran mengenai investasi saham.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.