Definisi Lingkungan Pendidikan

Artikel yang terkait dengan judul :Definisi Lingkungan Pendidikan

Manusia hidup tidak luput dari lingkungan yang selalu mempengaruhi baik fisik maupun moral seseorang. Seorang anak memerlukan pendidikan sebagai suatu kebutuhan yang mesti dipenuhi. Baik sadar atau tidak sadar, disengaja atau tidak disengaja, keluarga, sekolah ataupun masyarakat sebagai lingkungan pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter anak.

Daftar Isi

1. Keluarga
2. Sekolah
3. Masyarakat

Definisi Lingkungan Pendidikan

Lingkungan Pendidikan
Secara umum, lingkungan pendidikan dapat diartikan sebagai suatu faktor berlangsungnya proses pendidikan berupa lingkungan tempat bersosial. Lingkungan pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter seseorang. Karena dalam prosesnya, pendidikan seorang anak justru didapat dari lingkungan terdekatnya, dari keluarga, sekolah dan masyarakat.

Demi terwujudnya proses pendidikan yang baik dan lancar, maka lingkungan pendidikan juga harus mendukung. Tanpa lingkungan yang nyaman dan mendukung, pendidikan juga akan terganggu dan merusak keseimbangan. Karena dalam suatu pendidikan terjadi suatu proses belajar mengajar yang tidak terlepas dari lingkungan sosialnya.

Sesuai dengan pendapat yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara, yang termasuk dalam lingkungan pendidikan antara lain keluarga, lembaga pendidikan/ sekolah dan masyarakat tempat ia melangsungkan interaksi sehari-hari yang disebut juga tripusat pendidikan. Lingkungan pendidikan tersebut dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu pendidikan formal, nonformal dan informal.

Pendidikan formal meliputi lembaga pendidikan resmi yang biasanya berupa sekolah. Pendidikan nonformal yang meliputi masyarakat sebagai tempat berlangsungnya interaksi sosial. Dan pendidikan informal yang meliputi keluarga sebagai tempat pertama seorang anak mendapatkan pendidikan secara alamiah.

Keluarga

Keluarga merupakan tempat dimana seorang anak memperoleh pendidikan pertama dan yang paling utama sebelum ia mengenal tempat lain untuk memenuhi kebutuhan akan pendidikannya. Secara umum keluarga yang dimaksud adalah keluarga yang terdiri dari ayah (kandung), ibu (kandung) dan anak (sedarah).

Pada hakikatnya, manusia memperoleh pendidikan sejak ia pertama kali dilahirkan (postnatal) bahkan sejak ia masih dalam kandungan (prenatal). Keluarga adalah faktor terpenting dalam membentuk pribadi individu yang utuh.

Keluarga juga merupakan tempat berlangsungnya proses pendidikan tertua, terlama, terawal dan terutama yang sifatnya melindungi, merawat, mendidik anak agar menjadi pribadi yang tumbuh dan berkembang dengan baik. Pendidikan dalam lingkungan keluarga memiliki fungsi sebagai berikut.
  • Mengontrol emosi anak
  • Menanamkan dasar moral dan etika yang baik
  • Pengalaman pertama menjalani masa kanak-kanak
  • Tempat berlangsungnya interaksi dan bersosial pertama
  • Menanamkan prinsip keyakinan terhadap agama bagi anak-anak

Sekolah

Meskipun keluarga adalah faktor penting dalam proses pendidikan, namun suatu lembaga pendidikan yang resmi pun memiliki peran yang tidak kalah pentingnya. Sekolah didirikan khusus untuk melakukan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Karena tidak semua kebutuhan anak akan pengetahuan terpenuhi di dalam keluarga.

Semakin berkembangnya zaman, peran lingkungan pendidikan di sekolah semakin dibutuhkan. Sekolah memberikan sumbangan besar terhadap pembentukan karakter anak. Tanpa Meskipun dalam lingkungan keluarga pendidikan anak terpenuhi, tanpa mengenyam bangku sekolah menjadikan anak kurang dalam pergaulan, pengalaman, IPTEK dan terbatasnya fasilitas di keluarga.

Masyarakat

Di lingkungan masyarakat, pendidikan dialami anak dengan tanpa batas waktu tertentu. Pendidikan di lingkungan masyarakat diperoleh melalui serangkaian panjang dari mulai dia dilahirkan dan mengenyam pendidikan pertama melalui keluarga, dilanjut dengan pendidikan di lembaga pendidikan yang dibatasi waktu tertentu hingga ia tiba di masyarakat tanpa batas waktu.

Berbagai karakter yang dihadapi di masyarakat dapat membantu dalam pembentukan karakter dan prinsip-prinsip moral sesuai dengan keyakinan agama masing-masing serta menemukan jati diri individu.  Masyarakat dalam perannya sebagai lingkungan pendidikan mendidik individu menjadi generasi penerus bangsa yang unggul.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Ilmu Tajwid
2. Ilmu Pengetahuan Alam
Demikian artikel Definisi Lingkungan Pendidikan yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.