(Definisi) Pengertian Sistem Informasi Manajemen


Artikel yang terkait dengan judul :(Definisi) Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Teknologi informasi dan komunikasi tidak henti-hentinya menciptakan teknologi baru dan lebih praktis. Hingga saat ini jurusan teknik informasi dan komunikasi di bangku perkuliahan masih banyak peminatnya, bahkan terus menambah setiap tahunnya. Dalam dunia perkuliahan sendiri setidaknya terdapat 3 jurusan yang berhubungan dengan teknologi komputer, yaitu Teknik Informatika (TI) , Sistem Informatika (SI) dan Manajemen Informatika (MI). Ketiganya memiliki definisi dan tugas pokok yang berbeda-beda. Pada kesempatan kali ini kita akan menjabarkan pengertian Sistem Informasi Manajemen.

Daftar Isi

1. Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli
2. Contoh Sistem Informasi Manajeman

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Barry E. Chusing

Menurut Barry E. Chusing, sistem informasi manajemen adalah kumpulan dari SDM yang ada dalam suatu organisasi yang memiliki tanggung jawab mengumpulkan serta mengolah data dengan untuk membentuk suatu informasi. Tujuannya adalah digunakan untuk meningkatkan manajemen perencanaan kegiatan dan pengendalian.

Frederick H. Wu

Sistem informasi manajemen merupakan kumpulan dari banyak sistem yang sudah menyediakan informasi penting guna mendukung suatu manajemen.

Baca Juga : Contoh Artikel Manajemen

Gordon B. Davis

Pengertian sistem informasi manajemen menurut Gordon B. Davis dalam bukunya berjudul “Kerangka Dasar Sistem Manajemen” yaitu sebuah teknologi terapan yang dikemas dalam bentuk baru. Teknologi tersebut ditujukan khusus kepada suatu organisasi untuk mengolah transaksi dan memberikan informasi penting bagi orang-orang yang ada dalam organisasi tersebut.
Kemudian, dalam bukunya berjudul “Analisis dan Desain Informasi”, ia mengatakan bahwa sistem informasi manajemen adalah sistem yang berfungsi menyediakan informasi penting dan dapat mempengaruhi seluruh aktivitas operasi suatu organisasi.

George M. Scott

Sistem informasi manajemen merupakan rangkaian dari sub sistem informasi secara keseluruhan yang sudah terkoordinasi dengan rasional dan terpadu yang dipercaya dapat mentransformasikan data menjadi informasi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan produktivitas yang disesuaikan dengan gaya dan sifat manajer tertentu dengan dasar mutu yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Bodnar dan Hopwood

Bodnar dan Hopwood (1993) dalam buku mereka yang berjudul “Accounting Information System”, mengatakan bahwa sistem informasi manajemen merupakan kumpulan dari perangkat lunak dan keras yang dirancang untuk mentransformasikan data yang di dalamnya terdapat informasi penting.

Turban, McLean, Waterbe

Menurut Turban, McLean dan Waterbe (1999) dalam buku “Information Technology for Management Making Connecting for Strategies Advantages”, mereka berpendapat bahwa sistem informasi manajemen merupakan suatu sistem yang bekerja untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisa dan menyebarkan suatu informasi dengan tujuan tertentu.

O'Brien

Menurut O'Brien (2005), sistem informasi manajemen yaitu kombinasi yang teratur antara manusia, perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komputer dan database.

Contoh Sistem Informasi Manajeman

Karena banyak sekali, berikut ini adalah beberapa contoh penerapan sistem informasi manajemen dalam suatu organisasi.

Supply Chain Management (SCM)

Sistem SCM ini dibuat untuk organisasi yang memanajemen suplai bahan baku, mulai dari barang masuk dan keluar, produsen, pengecer dan target konsumen mereka. Sistem ini biasanya diterapkan dalam perusahaan produksi makanan ataupun minuman.

Enterprise Resource Planning (ERP)

Berbeda dengan SCM, sistem ERP dibuat dengan fitur yang lebih banyak dan biasanya digunakan oleh beberapa perusahaan besar. Fungsi dari sistem ini adalah untuk mengelola manajemen serta pengawasan terhadap masing-masing unit yang saling berhubungan, di antaranya Keuangan, SDM, Operasional, Pemasaran serta Pengelolaan Persediaan.

Office Automation System (OAS)

OAS merupakan sistem yang hampir digunakan di seluruh perusahaan. Sistem ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah komunikasi antar departemen dalam sebuah perusahaan dengan mengintegrasikan server antar komputer sehingga mereka dapat bertukar email melalui Microsoft Office Outlook.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Moral Secara Umum dan Menurut Para Ahli
2. Pengertian Teks Eksposisi
Nah, itulah pengertian sistem informasi manajemen dan contohnya secara lengkap. Semoga menambah wawasan trmsn-teman ya !

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.