Apakah Sistem Informasi itu?

Artikel yang terkait dengan judul :Apakah Sistem Informasi itu?

Sistem Informasi ✓ Pengertian sistem informasi merupakan suatu gabungan yang teratur dari orang-orang, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), jaringan komunikasi dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah, dan juga menyebarkan informasi di dalam sebuah organisasi. Pengertian yang lain dari SI adalah satu kesatuan data olahan yang merupakan satu kesatuan dan juga saling melengkapi yang menghasilkan keluaran, baik itu yang berbentuk gambar, suara ataupun dalam bentuk tulisan. Sistem informasi dapat juga didefinisikan sebagai sekumpulan unsur pembentuk sistem yang memiliki keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang mempunyai tujuan untuk menghasilkan suatu informasi pada suatu bidang tertentu.

Di dalam organisasi, sistem informasi bisa kita kataan bahwa sistem yang menyediakan informasi pada semua hirarki pada organisasi kapan saja dibutuhkan. Pada Sistem informasi bisa manfaatkan/digunakan utk menyimpan, mengambil, mengubah, & untuk mengolah serta mengkomunikasikan informasi yang diterimanya dengan melakukan pemanfaatan sistem informasi atau peralatan sistem lainnya.

Daftar Isi

1. Apa Saja Komponen Sistem Informasi?
2. Elemen Sistem Informasi

sistem informasi

Apa Saja Komponen Sistem Informasi?

Sistem Informasi terdiri atas komponen-komponen yang dinamakan building blok (blok bangunan). Seluruh dari komponen yang ada saling berinteraksi antara yang satu dengan yang lainnya menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam rangka untuk mencapai sasaran yang diinginan.

Adapun komponen sistem informasi terdiri dari yang berikut ini.

1. Komponen input
Pengertian input merupakan data yang masuk ke dalam sistem informasi, termasuk juga didalamnya metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang bisa berbentuk dokumen­ dokumen dasar.

2. Komponen model
Terdiri atas kombinasi prosedur, logika, dan juga model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yag telah ditentukan untuk mendapatkan keluaran yang diinginkannya.

3. Komponen output
Keluaran adalah merupakan hasil dari sistem informasi yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang bermanfaat untuk para pemakai sistem.

4. Komponen teknologi
Teknologi yang ada di dalam sistem informasi adalah merupakan “tool box”, yang mana teknologi yang dipakai itu untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan & mengakses data, meghasilkan dan mengirimkan keluaran, dan juga untuk membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.

5. Komponen hardware
Hardware sangat berperan penting dalam suatu media penyimpanan bagi sistem informasi. Hardware mempunyai fungsi untuk tempat menampung database atau dapat juga dikatakan bahwa hardware sebagai sumber data dan informasi guna memperlancar dan mempermudah kerja dari sistem informasi.

6. Komponen software
Fungsi software adalah sebagai tempat untuk mengolah,menghitung dan juga memanipulasi data yang diambil dari hardware untuk menghasilkan suatu informasi.

7. Komponen basis data
Database adalahkumpulan dari data yang berkaitan dan berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya yang tersimpan di dalam perangkat keras/ hatdware dan dalam memanipulasinya memerlukan software DBMS (Database Management System). Suatu data perlu untuk dilakukan penyimpanan guna kerperluan penyedian informasi lebih lanjut dan dalam mendapatkan informasi yang berkualitas maka perlu diorganisasikan

8. Komponen kontrol
Sistem informasi dapat mengalami kerusakan misalnya karena bencana alam, api, te,peratur, air, debu, kecurangan­kecurangan, kegagalan­kegagalan sistem itu sendiri, ketidak efisienan, sabotase dsb. Beberapa perancangan pengendalian diperlukan dan diterapkan dalam rangka untuk meyakinkan bahwa faktor-faktor yang bisa merusak sistem informasi dapat dilakukan pencgahan atau jika sudah terlanjur terjadi kesalahan dapat secara cepat diatasi.

Elemen Sistem Informasi

Berikut adalah elemen sistem informasi antara lain :

1. Orang
Yang dimaksu dengan orang di sini adalah operator komputer, analis sistem, programmer, personil data entry, dan juga manajer sistem informasi/EDP.

2. Prosedur
Terdapat 3 (tiga) macam jenis prosedur yang diperlukan antara lain: 1). perintah untuk para pemakai, 2). perintah untuk penyiapan masukan, & 3). perintah pengoperasian utk  para karyawan pusat komputer.

3. Perangkat keras (Hardware)
Hardware/perangkat keras pada sistem informasi terdiri atas komputer (pusat pengolah, unit masukan atau keluaran), peralatan penyiapan data, & terminal masukan atau keluaran.

4. Perangkat lunak (Software)
Perangkat lunak d(software) bisa dikelompokkan menjadi 3 jenis utama antara lain: a. Sistem perangkat lunak umum. b. Aplikasi perangkat lunak umum dan c. Aplikasi perangkat lunak yang terdiri atas program yang secara spesifik dibuat untuk setiap aplikasi.

5. Basis data
File yang berisi program dan data dibuktikan dengan adanya media penyimpanan secara fisik misalnya berupa diskette, hard disk, magnetic tape, dsb.

6. Jaringan komputer
Pengertian jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan-peralatan yang lainnya yang saling terkait atau terhubung antara yang satu dengan yang lainnya dalam satu kesatuan. Informasi dan data akan bergerak lewat kabel/ tanpa kabel, sehingga akan memungkinkan bahi para pengguna jaringan komputer bisa saling bertukar dokumen/ data.

7. Komunikasi data
Komunikasi data merupakan bagian vital dari suatu sistem informasi oleh sebab sistem ini menyediakan infrastruktur yang memungkinkan antar komputer bisa berkomunikasi antara yang satu dengan yang lainnya.




Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.