Pengertian Teks Eksposisi

Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Teks Eksposisi

Dalam belajar Bahasa Indonesia kita mengenal berbagai macam jenis teks atau paragraf, salah satunya adalah teks eksposisi. Secara umum, pengertian teks eksposisi adalah suatu karangan atau dalam bentuk paragraf yang berisi informasi penting yang ditulis secara akurat, singkat dan padat. Tujuan dibuatnya teks eksposisi adalah untuk menyampaikan informasi atau pendapat yang disertai dengan alasan logis untuk mempertegas isi teks tersebut. Lalu, bagaimana dengan pendapat para ahli tentang teks eksposisi?
Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi Menurut Para Ahli

Beberapa para ahli dalam bidang bahasa mengungkapkan pendapatnya masing-masing tentang pengertian dari teks eksposisi. Siapa sajakah mereka?

A. Gorys Keraf

Gorys Keraf menyatakan bahwa teks eksposisi adalah suatu bentuk wacana yang menguraikan suatu permasalahan ataupun objek tertentu dengan harapan orang lain dapat memahami persoalan yang dibahas dan dapat memperluas pandangan pembaca. Selain itu, terdapat syarat khusus yang harus dipenuhi seseorang yang ingin menulis teks eksposisi, yaitu:
  • Seorang penulis harus menguasai objek atau persoalan yang akan ditulis, selain itu harus disertai dengan fakta dan bukti yang jelas untuk memperkuat isi bacaan.
  • Seorang penulis dapat menganalisa persoalan tersebut dengan konkret dan sejelas-jelasnya agar apa yang disampaikan dapat tersampaikan.
B. Alwasilah

Alwasilah berpendapat bahwa teks eksposisi adalah sebuah tulisan yang memiliki tujuan utama untuk menjelaskan, mendidik serta mengklarifikasi tentang isu tertentu. Adapun tujuan lainnya adalah untuk meluruskan pemikiran seseorang terhadap isu yang sedang terjadi dengan informasi yang jelas dan alasan yang kuat.

C. Nasucha

Menurut Nasucha, teks eksposisi adalah karya ilmiah yang dibuat dengan tujuan untuk menguraikan, menjelaskan informasi tanpa mengajak atau memaksa pembaca untuk merubah cara pandang ataupun merubah sikapnya terhadap hal tertentu. Adapun penyajiannya disajikan dengan ilmu yang benar, definisi singkat serta proses yang runtut tersebut disusun secara rinci.

Menurut Ahli Bahasa di Indonesia

Jika di atas merupakan pengertian teks eksposisi menurut para ahli bahasa dari luar negeri, berikut ini beberapa pendapat dari tokoh ahli bahasa yang ada di Indonesia.

Darmayanti
  • Menurut Darmayanti (2007), teks eksposisi merupakan teks yang digunakan untuk menjelaskan tentang masalah ataupun suatu pembicaraan yang dijabarkan secara rinci. Tujuannya adalah untuk memperluas pengetahuan dan pandangan pembaca mengenai topik yang dibahas pada teks tersebut. Dalam penulisannya pun harus berisi pokok-pokok pikiran yang penting dan fakta untuk mempertegas isi pokok pikiran tersebut.
Sutarni dan Sukardi
  • Sutarni dan Sukardi (2008), mereka menyatakan bahwa teks eksposisi adalah paragraf atau ulasan mengenai suatu masalah yang diambil dari bidang tertentu. Contoh bidang tersebut bisa dari statistika, angka-angka ataupun gambar suatu objek permasalahan yang disertai dengan contoh untuk mempertegasnya. Data yang disajikan harus berbentuk data statistik atau data yang relevan untuk meyakinkan pembaca dan harus disertai fakta-faktanya.
Struktur

Dalam membuat sebuah teks eksposisi, kita diharuskan mengetahui dan memahami struktur teks tersebut. Adapun struktur teks eksposisi terdiri dari:
  • Pernyataan – Paragraf atau teks awal berisi tentang pernyataan yang dijabarkan secara umum tentang topik yang akan dibahas.
  • Argumentasi – Bagian isi teks eksposisi berisi pendapat atau alasan mengenai topik yang dibahas.
  • Penegasan – Bagian akhir teks eksposisi berisi penegasan yang disertai dengan fakta atau bukti yang jelas.
Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Pasar Modal Secara Umum Dan Menurut Para Ahli
2. Pengertian Saham
Itulah pengertian teks eksposisi menurut para ahli dari luar negeri ataupun dari tokoh ahli bahasa dari Indonesia beserta struktur teksnya. Semoga dapat menambah wawasan dan membantu Anda dalam membuat teks eksposisi.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.