Materi dan Konsep Manajemen Pemasaran

Artikel yang terkait dengan judul :Materi dan Konsep Manajemen Pemasaran

Materi dan Konsep Manajemen Pemasaran ✓ Peranan pemasaran pada saat sekarang ini tidak cuma menyampaikan produk/ jasa hingga sampai ke pemakai (konsumen), namun bagaimana suatu barag/jasa tersebut bisa memberikan suatu kepuasan kepada para pelanggannya dengan mendapatkan keuntungan. Sasaran dari pemasaran adalah menarik konsumen yang baru dengan menjanjikan yang superior, menetapkan harga yang menarik, melakukan distribusi produk dengan mudah, melakukan kegiatan promosi secara efektif serta mempertahankan pelanggannya yang telah ada dengan tetap memegang prinsip kepuasan pelanggan.

Daftar Isi

1. Pengertian Pemasaran
2. Konsep Pemasaran Inti
3. Manajemen Pemasaran
4. Falsafah Manajemen  Pemasaran
5. Pasar Sasaran dan Segmentasi
6. Bauran Pemasaran

Pengertian Pemasaran

Apa itu pemasaran? pengertian pemasaran adalah sebuah proses sosial dan juga manajerial yang  mana individu-individu dan kelompok-kelompok mendapatkan apa yang dibutuhkannya/ diinginkan dengan menciptakan/ mempertukarkan barang dan jasa serta nilai satu sama lain.

Konsep Pemasaran Inti

konsep inti pemasaran

Beberapa istilah dalam manajemen pemasaran, yaitu:

  • Kebutuhan manusia (human ned) : suatu kondisi yg mana seseorang merasa kehilangan sesuatu.
  • Keinginan manusia (human wants): pola kebutuhan dari manusia yg dibentuk oleh kebudayaan dan juga oleh kepribadian individu.
  • Permintaan : keinginan dari manusia yg disokong oleh daya beli
  • Produk : segala sesuatu yg bisa utk ditawarkan ke pasar dlm rangka mendapatkan perhatian, utk dimiliki, dipakai/ dikonsumsi & yang dpt memuaskan kebutuhan dan keinginan, meliputi obyek phisik, jasa, orang, tempat, organisasi dan ide.
  • Pertukaran : tindakan utk memperoleh obyek yang diinginkan dari seseorang yaitu dgn cara menawarkan sesuatu sbg pengantinya.
  • Transaksi : perdagangan antara 2 (dua) pihak yang mengikutsertakan setidaknya 2 (dua) benda/hal yg bernilai, syarat-syarat yg disepakati, waktu berlakunya perjanjian & tempat perjanjian.
  • Pasar : kumpulan dari para pembeli aktual dan potensial dari suatu produk
  • Pemasaran : bekerja dengan pasar dalam rangka mewujudkan pertukaran untuk menawarkan kebutuhan dan keinginan manusia.

Manajemen Pemasaran

Pengertian manajemen pemasaran adalah merupakan suatu upaya untuk melakuakan perencanaan, pengimplementasian (yang terdiri atas kegiatan mengorganisaikan, mengarahkan, mengkoordinir) serta pengawasan atau pengendalian kegiatan pemasaran pada suatu organisasi supaya apa yang menjadi tujuan dari organisasi bisa tercapai secara efektif & efisien.

Falsafah Manajemen  Pemasaran

Ada 5 (lima) macam konsep pemasaran yang dilakukan suatu organisasi untuk menjalankan pemasaran, antara lain :
  1. Konsep Produksi: Falsafah yg menyatakan bhw konsumen akan menyukai produk-produk yg tersedia & selaras dgn kemampuan, dan manajemen sebaiknya memusatkan perhatian pd peningkatan efisiensi produksi & distribusi.
  2. Konsep Pemasaran : Falsafah manajemen pemasaran yg menyatakan bhw pencapaian tujuan-tujuan organisasional bergantung pd penetapan kebutuhan & keinginan dr pasar sasaran & penyampaian kepuasan yg diinginkan scr lebih efektif & juga lebih efisien jika dibandingkan dengan ara pesaingnya.
  3. Konsep Penjualan: Gagasan bhw konsumen tdk akan membeli cukup produk perusahaan, kecuali apabila perusahaan tsb menjalankan upaya-upaya penjualan & promosi yg gencar.
  4. Konsep Pemasaran Kemasyarakatan. Gagasan bhw suatu organisasi alangkah baiknya menentukan kebutuhan keinginan & minat dari pasar sasaran & mengirimkan kepuasan yg diinginkan scr lebih efektif & lebih efisien dari pada pesaing sedemikian rupa shg dapat memelihara atau meningkatkan kesejahteraan konsumen & kesejahteran dari masyarakat.
  5. Konsep Produk: Gagasan bhw konsumen akan menyukai produk-produk yg menawarkan mutu, kinerja & penampilan terbaik & bahwa suatu organisasi sebaiknya mencurahkan tenaganya utk melakukan perbaikan produk scr berkesinambungan.

Pasar Sasaran dan Segmentasi

Produsen di dalam memasarkan produknya selalu akan menentukan pasar sasarannya supaya produk yang akan dijualnya bisa diserap pasar. Untuk itu, maka terlebih dahulu menentukan segmennya. Mereka melakukan identifikasi & membedakan kelompok-kelompok pembeli yang mungkin lebih menyukai atau memerlukan berbagai produk dan bauran pasar. Segmen pasar bisa diindentifikasikan dengan memeriksa perbedaan-perbedaan:
  • Demografis 
  • Psikografis
  • Perilaku dikalangan pembeli

Bauran Pemasaran

Pengertian bauran pemasaran adalah merupakan seperangkat alat pemasaran yang dipakai oleh perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasaran di pasar sasaran. McCharty mengklasifikasikan bauran pemasaran menjadi 4 kelompok yaitu:
  1. Product (produk)
  2. Price (harga)
  3. Place (tempat)
  4. Promotion (promosi)
Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:


1. Cara Berpidato (Berbicara) di Depan Umum Dengan Percaya Diri 
2. Cara Menghitung Persentase (%) dan Contohnya
Demikianlah artikel Materi dan Konsep Manajemen Pemasaran di Aanwijzing.Com. Terimakasih.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.