Pengertian Moral Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Moral Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Sebagai seorang manusia, kita harus diwajibkan mempunyai moral yang baik. Dengan begitu kita akan dihargai di dalam masyarakat ataupun di dalam suatu anggota. Tapi apakah kamu tahu pengertian moral? Kata moral sendiri sangatlah tidak asing di dalam telinga kita. Saat kecil kita selalu diajarkan oleh kedua orang tua kita bagaimana agar mempunyai moral yang baik.

Moral sendiri sejatinya mempunyai arti yang sangat luas. Bahkan ada beberapa ahli yang mengutarakan pendapat tentang pengertian dari moral dengan arti yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa informasi tentang pengertian dari moral secara umum dan menurut para ahli.

Daftar Isi

1. Pengertian Moral Secara Umum
2. Pengertian Moral Menurut Para Ahli

Pengertian Moral Secara Umum dan Menurut Para Ahli


Pengertian Moral

Pengertian Moral Secara Umum

Secara umum, moral merupakan suatu hukum tingkah laku yang biasanya di terapkan setiap individu untuk bersosialiasi dengan masyarakat. Dengan adanya moral berfungsi agar saat bersosialisasi benar dan bisa terjalin rasa hormat dan saling menghormati. Maka dari itu, moral sangat perlu ditanamkan sejak dini oleh orang tua dan lingkungan. Dengan ditanamkannya sejak dini, maka generasi muda kita akan mempunyai moral baik dan dapat diterima dengan baik di masyarakat luas.

Pelajaran moral sendiri sangatlah penting bagi kehidupan di masyarakat bagi seorang manusia. Dengan moral, kita dapat membantu dalam pergaulan dan juga terjalin hubungan yang baik dengan warga atau masyarakat sekitar. Jatuhnya moral bagi anak muda sekarang ini adalah karena kurangnya perhatian dari pihak orang tua tentang anaknya. Maka sebagai generasi muda, kita harus meningkatkan moral agar bangsa kita tetap terjaga moralnya di mata dunia.

Pengertian Moral Menurut Para Ahli

Pengertian dari moral sendiri sangatlah luas, bahkan ada banyak para ahli yang mengatakan definisi moral berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pengertian dari moral menurut beberapa ahli yang ada di Indonesia.

Menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia sendiri, definisi ataupun pengertian dari modal sendiri adalah pesan yang di sampaikan dari kisah ataupun peristiwa. Biasanya moral juga sebagai salah satu pelajaran yang dipetik dari kisah ataupun peristiwa yang kita alami.

Menurut Merriam-webster

Menurut ahli yang bernama Merriam Webster. Pengertian moral adalah mengenai apa yang benar dan juga salah di dalam perilaku tubuh manusia. Akan dianggap benar dan juga baik oleh orang, jika perilaku tersebut sesuai dengan standar di dalam kelompok atau masyarakat tersebut.

Menurut Hurlock

Menurut ahli yang bernama Hurlock, moral adalah salah satu perilaku yang sesuai dengan kode moral dari kelompok sosial. Intinya moral sendiri mempunyai arti sebagai tata cara, kebiasaan, dan juga sebagai adat. Perilaku moral sendiri dikendalikan oleh konsep moral ataupun peraturan perilaku yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota di dalam suatu budaya. Moral juga sebagai salah satu kebiasaan, sopan santun, adat istiadat serta sebagai aturan perilaku.

Menurut Sonny Keraf

Menurut Sonny Keraf, moral adalah berfungsi untuk mengukur baik dan buruknya sebuah tindakan manusia sebagai seorang manusia. Biasanya diukur di dalam sebuah anggota masyarakat ataupun sebagai manusia yang mempunyai posisi tertentu di dalam pekerjaan. Moral juga digunakan oleh masyarakat untuk patokan sebagai penentu tindakan yang baik dan buruk sebagai seorang manusia.

Imam Sukardi

Sedangkan pengertian moral menurut Imam Sukardi, adalah ukuran ataupun tindakan kebaikan yang diterima oleh masyarakat. Biasanya moral meliputi dari kesatuan sosial maupun lingkungan tertentu. Moral juga bisa diartikan sebagai kebaikan, bahwa seorang pria dengan langkah-langkah yang diadopsi oleh seorang pria.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Teks Eksposisi
2. Pengertian Pasar Modal Secara Umum Dan Menurut Para Ahli
 Demikianlah artikel Pengertian Moral Secara Umum dan Menurut Para Ahli yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.