Pengertian Struktur Organisasi Dan Fungsinya Yang Perlu Diketahui

Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Struktur Organisasi Dan Fungsinya Yang Perlu Diketahui

Apakah teman-teman tahu pengertian struktur organisasi? Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan kata struktur organisasi. Biasanya struktur organisasi sendiri ada di dalam suatu kelompok. Dengan adanya struktur organisasi maka kita akan lebih mudah dalam mengatur suatu kelompok ataupun komunitas.

Daftar Isi

1. Pengertian Organisasi
2. Pengertian Pengorganisasian
3. Struktur organisasi
4. Pengertian Struktur Organisasi
5. Fungsi struktur organisasi

Pengertian Struktur Organisasi
Struktur organisasi sendiri merupakan susunan ataupun hubungan antara setiap bagian maupun posisi yang ada di dalam sebuah organisasi. Biasanya struktur organisasi mempunyai beberapa anggota di dalamnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa informasi tentang pengertian struktur organisasi.

Pengertian Organisasi

Organisasi merupakan suatu kelompok orang yang di dalamnya beranggota lebih dari dua orang. Biasanya organisasi secara formal dipersatukan di dalam suatu kerja sama, dengan tujuan yang telah ditetapkan oleh suatu organisasi tersebut.

Pengertian Pengorganisasian

Sedangkan pengorganisasian adalah sebagai fungsi kedua di dalam manajemen dan pengorganisasian. Pengorganisasian juga diartikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan, sumber, serta lingkungannya. Dengan demikian hasil pengorganisasian dibuat di dalam struktur organisasi.

Struktur organisasi

Struktur organisasi merupakan suatu susunan komponen ataupun unit kerja yang ada di dalam suatu organisasi. Dengan adanya struktur organisasi menunjukkan bahwa adanya pembagian kerja, fungsi ataupun kegiatan-kegiatan yang berbeda dengan di koordinasi secara teratur. Selain itu dengan adanya struktur organisasi juga dapat menunjukkan mengenai spesialisasi dari pekerjaan, maupun penyampaian laporan.

Struktur organisasi juga bisa dikatakan sebagai suatu susunan ataupun hubungan antara komponen bagian dan posisi di dalam sebuah organisasi. Komponen-komponen yang ada dalam organisasi biasanya mempunyai ketergantungan terhadap struktur organisasi tersebut. Sehingga jika di dalam suatu struktur organisasi terdapat komponen baik, maka akan berpengaruh juga terhadap komponen yang lainnya. Tentunya juga akan berpengaruh terhadap suatu organisasi tersebut.

Pengertian Struktur Organisasi

Struktur organisasi adalah suatu susunan ataupun hubungan antara setiap bagian maupun posisi yang terdapat pada sebuah organisasi atau perusahaan. Biasanya di dalam struktur organisasi, saat menjalankan kegiatan operasionalnya bermaksud untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Di dalam struktur organisasi dapat menggambarkan secara jelas tugas pekerjaan antara yang satu dengan pekerjaan yang lainnya. Selain itu struktur organisasi juga menghubungkan bagaimana hubungan antara akitivitas dan fungsi yang dibatasi.

Di dalam struktur organisasi yang baik, juga harus bisa menjelaskan hubungan antara wewenang siapa melapor ataupun bertanggung jawab kepada siapa. Jadi di dalam struktur organisasi terdapat suatu pertanggungjawaban apa yang akan di kerjakan.

Fungsi struktur organisasi

Setelah mengetahui pengertian struktur organisasi, tidak ada salahnya kita juga mengetahui apa fungsi ataupun kegunaan dari struktur organisasi. Untuk lebih jelasnya berikut ini fungsi ataupun kegunaan dari struktur organisasi.

Tanggung Jawab di dalam Struktur Organisasi

Di dalam struktur organisasi setiap anggota di dalamnya harus dapat bertanggung jawab dan juga apa saja yang harus dipertanggungjawabkan. Jadi, setiap anggota di dalam suatu organisasi harus dapat bertanggung jawab kepada pimpinannya ataupun kepada yang sudah memberikan kewenangan. Karena pelaksanaan ataupun implementasi kewenangan tersebut harus di pertanggungjawabkan oleh semua anggota yang ada di dalam struktur organisasi.

Kedudukan di dalam Struktur Organisasi

Kedudukan di sini artinya anggota atau seseorang yang ada di dalam struktur organisasi dapat mempermudah dalam melakukan suatu koordinasi. Karena di dalam struktur organisasi mempunyai keterkaitan penyelesaian mengenai suatu fungsi yang dipercayakan oleh seseorang ataupun anggota.

Uraian Tugas

Fungsi lainnya dari struktur organisasi adalah kejelasan mengenai uraian tugas di dalam struktur organisasi. Dengan begitu akan sangat mempermudah dan membantu pihak atasan atau pimpinan untuk dapat melakukan pengawasan maupun pengendalian. Selain itu, bagi bawahan sendiri akan dapat lebih berkonsentrasi dalam melaksanakan suatu tugas atau pekerjaan.

Demikian artikel Pengertian Struktur Organisasi Dan Fungsinya Yang Perlu Diketahui yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.