(Definisi) Pengertian Mikrotik Serta Fungsinya

Artikel yang terkait dengan judul :(Definisi) Pengertian Mikrotik Serta Fungsinya

Perkembangan teknologi memiliki andil yang besar dalam perkembangan dunia saat ini. Salah satu contoh perkembangan yang paling pesat adalah media social. Media sosial umumnya digunakan untuk berinteraksi dengan orang yang jauh namun sekarang media sosial juga dapat digunakan sebagai sarana penyampaian informasi kepada publik. Kecanggihan teknolgi harus didukung oleh jaringan data dan infrastruktur jaringan yang memadai. Salah satu komponen penting dalam jaringan komputer adalah router. Router merupakan media penghubung 2 buah jaringan atau lebih yang berguna meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lain. Perangkat komputer ini berjalan pada sebuah sistem operasi khusus yang disebut mikrotik. Untuk mengetahui apa itu mikrotik, berikut akan dijelaskan pengertian mikrotik.

Daftar Isi

1. Pengertian Mikrotik
2. Fungsi Mikrotik
3. Kelebihan Mikrotik

Pengertian Mikrotik

Pengertian Mikrotik

Mikrotik dibuat oleh Mikro Tikls yaitu sebuah perusahaan yang ada di Kota Riga, Latvia. Latvisa merupakan sebuah negara pecahan dari Uni Soviet yang sekarang dikenal dengan Rusia. Mikrotik pertama kali dibuat untuk perusahaan yang menyediakan layanan internet menggunakan teknologi wireless atau nirkabel. Sekarang Mikro Tikls telah memberikan layanan kepada banyak sekali ISP nirkabel untuk layanan internet di seluruh dunia. Saat ini mikrotik sangat populer di Indonesia.
Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dipasang dalam sebuah komputer agar komputer tersebut dapat dioperasikan. Komputer yang sudah terhubung dengan mikrotik memiliki peran sebagai jantung network, pengendali, serta pengatur lalu-lintas data. Sistem ini dipakai untuk kebutuhan administrasi misalnya merancang dan membangun sebuah sistem jaringan skala kecil hingga skala besar.

Dari keterangan di atas dapat diambil kesimpulan pengertian mikrotik adalah sitem operasi khusus yang digunakan untuk router. Mikrotik juga sering disebut dengan istilah Router OS yang memiliki banyak fungsi dan fitur untuk mendukung kelancaran network. Karena itu banyak sekali pengusaha warnet yang menggunakan sistem ini karena hasilnya yang memuaskan. Terlebih kemajuan dunia Wireless yang menyajikan berbagai macam pelayanan juga mulai menggunakan sistem ini. Dari pengertian mikrotik diatas, akan dijelaskan pula fungsi dari mikrotik

Fungsi Mikrotik

Mikrotik dapat digunakan pada jaringan komputer berskala kecil maupun besar. Namun penggunaannya harus disesuaikan dengan Resource dibandingkan spesifikasi computer yang digunakan. Sebagai contoh, jika mikrotik yang digunakan berfungsi untuk mengatur network skala kecil maka perangkat computer yang digunakan cukup yang sederhana saja. Sebaliknya jika jaringan yang digunakan berskala besar, maka harus menggunakan komputer dengan spesifikasi yang handal. Fungsi lainya adalah pengaturan koneksi internet dapat dilakukan secara terpusat.

Penggunaan mikrotik juga dapat untuk melakukan blocking pada situs yang memuat hal negatif dengan menggunakan Proxy. Selain itu juga dapat melakukan pembuatan PPPoE server, billing hotspot serta memisahkan bandwith traffic internasional dan lokal. Selain pengertian mikrotik dan fungsinya, berikut akan dijelaskan kelebihan pada mikrotik.

Kelebihan Mikrotik

Mengacu pada pengertian dan fungsi diatas, pengoperasian mikrotik bisa dibilang cukup mudah apabila kita menggunakan mikrotik seperti jenis Router OS. Mikrotik ini juga telah dilengkapi dengan fitur GUI yang disebut dengan Winbox. Selain fitur GUI, juga terdapat fitur pendukung lainya seperti:
1. Hotspot
2. Web Proxy
3. Static Routing
4. Universal Client
5. Caching DNS Client
6. Firewall & NAT
7. Simple Tunnels
8. Data Rage Management
9. Monitoring/Accounting
10. SNMP
11. VRRPNTP
12. DHCP
13. NTP
14. MNDP
15. IPsec
16. M3P
17. UPnP
18. Tools
19. Support Scripting Programming
20. Point To Point Tunneling Protocols
21. Dan masih banyak lagi.

Kesimpulan
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian mikrotik adalah sistem operasi router yang mengatur segala aktivitas network secara menyeluruh. Mulai dari mengatur routing, routing BGP, billing hotspot, data user, management bandwith, load balancing, dan sebagainya.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian CSR
2. Pengertian SOP
Demikian artikel (Definisi) Pengertian Mikrotik Serta Fungsinya yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.