Pengertian Seni Grafis

Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Seni Grafis

Seni Grafis ✓ Membicarakan soal seni grafis tentu tidak akan pernah habisnya sebab dipengaruhi oleh perkembangan jaman yang kian modern. Cabang seni rupa yang memanfaatkan teknik cetak ini merupakan bagian gagasan dari sang pencipta seni dalam media visualisasi demi menarik perhatian orang yang melihat hasil karya tersebut.

Daftar Isi

1. Pengertian dan Sejarah Seni Grafis
2. Jenis-jenis Seni Grafis

Pengertian Seni Grafis

Seni Grafis
Jika dulu, seni ini lekat dengan media cetak berupa kertas maka sekarang telah menggunakan media lain yang lebih menunjukkan sisi kreativitas seperti dalam pembuatan souvenir bahan akrilik.

Pengertian dan Sejarah Seni Grafis

Seni grafis adalah hasil karya seseorang yang dihasilkan oleh proses cetak pada media tertentu. Beragam cara tradisional dan kontemporer pun diaplikasikan pada seni dua dimensi ini. Awal mula adanya seni ini berasal dari China sejak ribuan tahun lalu tepatnya masa Dinasti Yi.
Kemudian seni ini mulai berkembang ke seluruh dunia hingga ditemukannya cetak stempel pada masa Romawi. Sejak ditemukannya mesin cetak oleh Gutterbeg, cabang seni rupa satu ini terus mengalami perkembangan yang semakin pesat.

Jenis-jenis Seni Grafis

Berikut ini, beberapa ragam seni grafis beserta contoh yang mungkin bisa memberikan wawasan  yang bermanfaat.

1. Seni relief atau cukil kayu
Relief atau seni grafis cetak tinggi adalah seni yang dihasilkan oleh alat atau media yang dicukil atau menciptakan semacam relief. Teknik ini bisanya digunakan dalam pembuatan cetak stempel yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Cetak saring (screen printing)
Proses pembuatan seni menggunakan bahan dari kain atau screen yang telah dilapisi bahan peka cahaya agar menghasilkan karya yang berlubang.

3. Cetak dalam (Intaglio Print)
Teknik pembuatan seni ini menggunakan plat alumunium yang telah dibentuk menggunakan goresan benda tajam. Benda tajam inilah yang akan membentuk desain gambar sesuai dengan keinginan. Nanti, goresan pada plat alumunium yang telah jadi akan diberi tinta. Tinggal melapisinya dengan kertas basah maka goresan tinta pada plat alumunium juga akan menempel pada kertas.

4. Cetak dasar (lithography)
Seni satu ini telah umum digunakan dalam kebutuhan dewasa ini yakni mesin cetak. Tinggal mencetak sesuai dengan keinginan misal seberapa banyak desain gambar atau tulisan yang akan diproduksi.

5. Cetak stensil
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menggunting kertas dan gambar lalu menempelkannya pada media cetak yang diinginkan misalnya kain atau papan. Tinggal menyemprotnya dengan cat dan hasilnya pun akan menempel pada media yang diinginkan. Teknik ini biasa digunakan pada sistem pembuatan spanduk atau poster.

6. Kolagrafi
Teknik ini merupakan seni grafis yang paling menakjubkan dengan cara mencetak gambar pada media kanvas. Obyek gambar tersebut diberi cat sebelum akhirnya dilepas dan menghasilkan desain gambar yang tampak cekung.

7. Cetak digital
Dewasa ini, cetak digital adalah bagian dari perkembangan seni grafis yang paling populer karena menggunakan teknik komputerisasi. Jean Baudrillard adalah sosiolog yang berperan dalam memajukan seni cetak digital.

Kini, Anda pun bisa mengaplikasikan semua keinginan desain memainkan obyek gambar dan tulisan lewat jasa cetak digital yang ada di pasaran. Semakin baik kualitas file data beresolusi tinggi maka akan menghasilkan cetakan yang sama baiknya asal printer juga memiliki presisi terbaik.

Ragam jenis seni grafis tersebut bisa Anda lihat dan temukan dalam kehidupan dewasa ini. Bahkan, desain grafis melalui media digital menjadi salah satu jenis keterampilan yang diidamkan masa modern kali ini. Hal tersebut tidak lepas dari perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin canggih.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Macam-Macam Hak Asasi Manusia
2. Cara Logout Akun Gmail
Demikian artikel tentang Pengertian Seni Grafis yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.