Macam-Macam Hak Asasi Manusia

Artikel yang terkait dengan judul :Macam-Macam Hak Asasi Manusia

Macam-Macam Hak Asasi Manusia ✓ Pada setiap manusia yang dilahirkan ke bumi ini, melekat pada diri mereka masing-masing sebuah hak yang dinamakan hak asasi manusia. Hak asasi ini sangat penting peranannya dalam kehidupan manusia. Tidak ada hak lain yang lebih dijunjung tinggi dari pada hak asasi manusia. Ada banyak macam macam hak asasi manusia yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita semua.

Macam-Macam Hak Asasi Manusia

Macam-Macam Hak Asasi Manusia
Hak asasi ini lebih tinggi derajatnya dari pada haknya seorang raja, haknya seorang presiden. Karena hak ini diturunkan langsung oleh Tuhan kepada setiap individu yang masih memiliki denyut nadi. Dan eksistensinya harus diakui serta dijunjung tinggi oleh semua manusia yang bernyawa.

Secara umum, hak asasi manusia atau HAM berasal dari dua kata yaitu hak dan asasi. Hak diartikan sebagai suatu kuasa untuk melakukan sesuatu hal sedangkan asasi berarti dasar atau utama. Jadi hak asasi manusia suatu kuasa yang dianugerahkan oleh Allah SWT kepada setiap individu yang melekat sejak lahir.

Macam macam hak asasi manusia dapat kita lihat sesuai dengan ciri-cirinya. Dengan ciri-ciri ini kita dapat membedakan berbagai hak yang dimiliki manusia.  Ciri-ciri HAM itu sendiri antara lain sebagai berikut :

1. Bersifat universal, maksudnya HAM adalah hak asasi yang melekat pada semua orang tanpa  memandang perbedaan suku, gender, status, warna kulit, tahta ataupun perbedaan lain.

2. Bersifat hakiki, maksudnya HAM adalah hak yang sudah melekat pada diri tiap individu sejak ia dilahirkan.

3. HAM sifatnya tetap, tidak dapat dicabut, dihilangkan ataupun diserahkan atau diwakilkan kepada orang lain.

4. HAM juga bersifat tidak dapat dibagi, maksudnya semua orang yang bernyawa berhak memperoleh haknya masing-masing baik hak dalam bidang sosial, budaya, ekonomi, politik maupun dalam bidang sipil.

Macam-macam HAM dan Penjelasannya
Manusia hidup dalam berbagai aspek kehidupan, maka terdapat macam macam hak asasi manusia yang perlu kita pelajari. Macam macam hak asasi manusia tersebut menjadikan kita semakin mendalami setiap hak yang melekat pada manusia. Dengan memahami macam macam hak asasi manusia ini, kita bisa menjadi pribadi yang menjunjung tinggi kehormatan.

1. Hak asasi pribadi
Hak asasi pribadi atau personal rights merupakan hak yang sifatnya pribadi menyangkut kehidupan tiap personal. Hak pribadi antara lain meliputi kebebasan dalam mengemukakan pendapat, kebebasan dalam beragama, kebebasan dalam bergerak, bepergian, bertempat tinggal dan lain sebagainya.

2. Hak asasi politik
Hak asasi politik adalah hak untuk berpartisipasi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam bidang pemerintahan, contohnya hak memilih bupati, presiden dalam suatu pemilihan umum, hak untuk mendirikan suatu partai politik dan lainnya.

3. Hak asasi ekonomi
Hak asasi ekonomi adalah hak untuk berpartisipasi dalam bidang perekonomian seperti menjual, membeli, memiliki serta memanfaatkan suatu benda. Yang termasuk dalam hak asasi ini antara lain hak dalam akad jual-beli, sewa-menyewa, pengkontrakan, hutang-piutang dan memperoleh pekerjaan yang layak.

4. Hak asasi hukum
Hak asasi hukum adalah hak untuk mendapat kedudukan, pembelaan serta perlakuan yang sama dalam bidang hukum dan pemerintahan. Misalnya hak menjadi PNS.

5. Hak asasi peradilan
Hak asasi peradilan adalah kesamaan hak dalam suatu peradilan yang diselenggarakan secara hukum.

6. Hak asasi sosial budaya
Hak asasi sosial budaya adalah hak yang berhubungan dengan tata cara bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. Contohnya hak mendapat pendidikan yang sama, jaminan sosial, berkreasi, berkomunikasi serta pengembangan bakat minat.

Dari semua macam macam hak asasi manusia diatas wajib kita pahami sebaik-baiknya agar dapat sama-sama memahami batasan hak masing-masing sehingga saling menjunjung hak sesama. Karena pelanggaran terhadap satu dari macam macam hak asasi manusia diatas tidak tercantum secara hukum.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Cara Logout Akun Gmail
2. Apa Definisi Zakat?
Demikian artikel tentang Macam-Macam Hak Asasi Manusia yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.