Apa Saja Macam Teknik Seni Melukis itu?

Artikel yang terkait dengan judul :Apa Saja Macam Teknik Seni Melukis itu?

Teknik Melukis ✓ Setiap orang dalam melukis antara satu seniman dengan seniman yang lainnya akan berbeda-beda sesuai dengan pilihannya terutama sesuai dengan selera dan kemampuan yang dimilikinya. Pentingnya teknik dalam melukis akan mempengaruhi dari lukisan yang dihasilkannya.

Daftar Isi

1. Teknik Aquarel
2. Teknik Plakat
3. Teknik Spray
4. Teknik Pointilis
5. Teknik Tempera
6. Teknik Basah
7. Teknik Kering
8. Teknik Campuran

Teknik Melukis

Teknik Melukis Secara Umum

Berikut ini adalah cara atau teknik seni lukis secara umum yag dipakai.

Teknik Aquarel

Pada teknik aqurel, pelukis akan memakai cat air (aquarel) dengan sapuan warna yang tipis, dengan demikian lukisan yang dihasilkan nantinya mempunyai suasana yang transparan. Supaya bisa menghasilkan sapuan yang tipis dan ringan, sebaiknya memakai kekentalan cat yang sedikit encer.

Saran:
Untuk bisa mendapatkan hasil yang bagus maka pemilihan terhadap cat harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Cat yang bisa dipakai dalam melukis teknik aquarel ini banyak, namun pilihlah cat yang benar-benar berkualitas, tetapi cat yang berkualitas biasanya harga juga lebih mahal. Namun demikian kita masih dapat menyesuaikan dengan anggaran yang di miliki. Selain itu sebaiknya memilih media yang bagus, karena kita akan memakai cat air yang gampang sekali untuk lunturnya. Namun dalam tingkat pemula/ belajar kita dapat memanfaatkan kertas gambar biasa, namun yang agak tebal. Kertas yang berkualitas biasanya juga akan diikuti oleh harganya. Pemilihan kuas dalam teknik aquarel juga tidak kalah pentingnya dari pemilihan cat dan media lukis. Pilihlah kuas dengan serabut yang halus dan juga jangan terlalu kaku.

Teknik Plakat

Pembuatan lukisan dengan teknik plakat akan memakai cat air, cat akrilik ataupun dengan cat minyak. Pada teknik ini berbeda dengan teknik aquarel karena dengan sapuan yang tebal dan komposisi catnya kental. Dengan demikian hasil lukisannya akan memberi nuansa yang colorfull. Biasanya para pelukis profesional memakai teknik melukis ini untuk bisa menghasilkan lukisan yang bagus dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Teknik Spray

Pembuatan lukisan dengan teknik spray merupakan teknik melukis yang dilakukan dengan cara menyemprotkan cat ke media lukis. Adapun tujuan dari teknik ini yaitu supaya bisa mendapatkan hasil lukisan yang terlihat lebih halus dan tampak lebih visual. Salah satu contoh yang sering kita lihat dari teknik spray adalah graffiti yang biasanya berada di tembok-tembok jalan.

Teknik Pointilis

Pembuatan lukisan dengan teknik pointilis akan memerlukan ekstra kesabaran. Mengapa demikian?hal ini karena dalam melukisnya menggunakan titik-titik untuk mendapatkan lukisan yang bagus dan menawan. Pelukis biasanya menggunakan gradasi warna untuk mengatur gelap dan terang lukisannya.

Teknik Tempera

Pembuatan lukisan dengan teknik tempera yaitu dengan cara mencampurkan kuning telur ke dalam cat yang berguna sebagai bahan perekat. Kejayaan dari teknik ini di eropa yaitu antara tahun 1.200 sampai dengan 1.500. Duccio dan Simone Martini merupkan seniman yang memakai teknik tempera.

Teknik Melukis Dengan Cat Minyak

Untuk teknik melukis dengan cat minyak adalah sebagai berikut:

Teknik Basah

Pada pembuatan lukisan dengan teknik basah ini yaitu dengan cara mengencerkan cat minyak memakai linseed oil atau minyak cat. Sesudah dianggap pas tingkat kekentalannya, maka, barulah di poleskan di atas permukaan kanvas.
Pemakain kuas dalam teknik ini adalah memakai kuas dengan bulu panjang.

Kelebihan teknik basah yaitu :
  • Memerlukan cat minyak yang relatif lebih sedikit.
  • Cat minyak yang menempel di palet masih dapat dipakai.
  • Lukisan terlihat bersih.
  • Proses untuk memblok warna lebih cepat.

Teknik Kering

Pada pembuatan lukisan dengan teknik kering ini dengan cara berkebalikan dengan teknik basah yaitu tidak memakai linseed oil atau minyak cat. Pemakaian kuas dalam teknik ini adalah benar-benar dalam keadaan kering dan tidak berminyak. Untuk teknik melukis ini disarankan memakai cat yang baru keluar dari dalam tube. Lukisan yang cocok dengan teknik kering yaitu digunakan untuk melukis dengan kesan volume serta keruangan, misalnya naturalism, realism dan surelism.

Kelebihan tekni kering yaitu:
  • Lebih mudah dalam menghapus warna dengan cara menumpuk dengan warna yang lain
  • Lebih mudah dalam mengontrol detil dari lukisan
  • Lebih mudah dalam membentuk objek, mempunyai kesan ruang dan volume
  • Cat akan lebih cepat keringnya.

Teknik Campuran

Pada pembuatan lukisan dengan teknik campyran ini, seniman akan mengombinasikan antara teknik basah dan teknik kering. Tujuan pemakaian teknik melukis ini yaitu untuk menutupi kekurangan dari teknik basah dan teknik kering. Teknik campuran pada awalnya dengan memakai teknik kering terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan teknik basah.

Kelebihan teknik campuran adalah:
  • Pewarnaan akan lebih cepat (teknik basah)
  • Lebih mudah dalam membentuk objek (teknik kering)
  • Detil akan terlihat lebih bagus hasilnya.
Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Apakah Sistem Informasi itu?
2. Teknik Dasar Sepak Bola Yang Wajib Dikuasai
Demikianlah artikel Apa Saja Macam Teknik Seni Melukis itu? di Aanwijzing.Com. Terimakasih.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.