Permainan Bulu Tangkis (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7)


Artikel yang terkait dengan judul :Permainan Bulu Tangkis (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7)

Permainan Bulu Tangkis (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7) ✓ Bulu tangkis merupakan suatu permainan bola kecil yang memanfaatkan raket dan kok yang dilakukan dengan memukul kok dengan raket melalui net yang direntangkan yang letaknya berada di tengah lapangan. Permainan bulu tangkis bisa dimainkan oleh 2 orang (tunggal) maupun 4 orang (ganda). Peraturan dalam permainan bulu tangkis ditetapkan oleh federasi badminton internasional yang bernama IBF (International Badminton Federation). Pada tahun 1951 didirikan suatu induk organisasi bulu tangkis Indonesia yang bernama PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia). Secara resmi, Indonesia menjadi anggota IBF yaitu pada tahun 1953.

Penguasaan teknik dasar permainan bulu tangkis wajib untuk dipelajari dengan baik dan juga benar.

Permainan Bulu Tangkis (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7)

Bulu Tangkis

Teknik dasar permainan bulu tangkis antara lain:
1. Teknik Memegang Raket
Memegang (grip) dalam permainan bulu tangkis terdiri dari 3 jenis, yaitu:
a. Forehand grip (forehand)
forehand

Caranya: 1). Pegang raket di tangan kiri dan untuk posisi raket tegak lurus. 2). Tangan kanan memegang senar. 3). Tangan kanan arahkan ke pegangan raket. 4). Telapak tangan berada pada ujung pegangan tangan. 5.) Jari telunjuk agak terpisah dengan jari-jari yang lainnya. 6). Ibu jari melingkar wajar. 7). Jari-jari lainnya sedikit agak renggang.
b. Backhand grip (backhand)
backhand

Caranya: 1). Posisi ibu jari melingkar tegak lurus di sepanjang pegangan raket. 2). Ibu jari ke dalam sebagai pengungkit. 3). Pegangan berubah dengan berputarnya raket ¼ putaran.

c. Frying pen (servis)
servis bulu tangkis

Caranya: 1). Letakkan raket di lantai, kemudian pegang dan angkat. 2). Bidang raket sejajar dengan tubuh. 3). Seperti halnya memegang penggorengan atau palu.

2. Teknik Pukulan (Stroke)
a. Servis
Pengertian servis adalah pukulan permulaan untuk memainkan bola. Pada permainan bulu tangkis, terdapat tiga macam servis, antara lain:
1. Servis panjang (deep singles service)
Servis panjang bulu tangkis
Teknik service panjang: a). Berdiri dengan posisi kangkang, berat badan berada di kaki belakang. b). Tangan kiri yang memegang bola, kemudian jatuhkan tepat di depan. c). Putar badan pada waktu berat badan berpindah dari kaki belakang ke kaki yang di depan. d). Pergelangan tangan dan lengan berputar. e). Bola dipukul tinggi dan juga jauh. f). Sebelum melakukan pukulan bola, kedua kaki jangan bergeser. g). Gerakan akhir servis, arahkan tangan melampaui bahu kiri.
2. Servis pendek (short double service)
Servis pendek bulu tangkis

Teknik melakukan service pendek: a). Pegang bola dengan menggunakan tangan kiri setinggi dada, kepala raket mengarah ke bawah. b). Kemudian ayun raket ke depan, kemudian pukul dengan pelan. c). Jangan menggeser kedua kaki.

3. Variasi servis pendek (short doubles service)
Variasi servis pendek bulu tangkis

Pelaksanaannya: - Pegang  bola di posisi bawah pinggang dengan memakai tangan kiri. - Tangan kanan memegang raket dengan posisi menyilang. - Pukul dengan pelan sedikit di bawah pinggang. - Jangan mengangkat dan menggeser kedua kaki.
b. Forehand
1. Forehand clear

Cara melakukan forehand clear: a). Rentangkan tangan ke atas. b). Bidang raket tegak lurus. c). Kemudian lakukan pukulan setinggi mungkin. d). Pukulan keras ke belakang lapangan lawan.

2. Forehand overhead (pukulan di atas kepala)

Cara melakukan forehand overhead: a). Kaki setinggi pinggang. b). Bola dipukul dengan memakai raket yang melampaui kepala dengan gerakan memutar tubuh. Dilanjutkan dengan melakukan gerakan yang cepat, yaitu berat badan berpindah dari kaki kanan ke kaki kiri, bidang raket tepat menghadap sasaran dan kepala raket mengayun ke bawah.

Baca juga : Sepak Bola

3. Forehand drop (pukulan lambat dan juga pelan yang jatuh di muka net)
Forehand drop bulu tangkis
Teknik melakukan forehand drop: a). Bola dipukul, bidang raket datar, mengarah ke muka lawan. b). Bola didorong secara perlahan. c). Gerakan akhir kemudian dilanjutkan hingga raket ke arah net. e). Selanjutnya bola dipukul jatuh tipis dekat jaring (net).

4. Forehand smash
Forehand smash bulu tangkis

Tujuannya yaitu untuk mematikan lawan, bola dipukul dengan sekeras-kerasnya. Teknik forehand smash: a). Bola dipukul dengan tangan telentang pada saat di atas muka. b). Pergelangan berputar pada saat perkenaan raket posisi datar. c). Bola dipukul dengan keras. d). Letakkan bola ke sudut yang sulit dicapai lawan.

c. Backhand
Backhand bulu tangkis
Teknik Backhand : 1). Pegangan backhand berputar dengan cara yaitu memindahkan kaki kanan ke samping. 2. Berat badan di kaki kiri. 3. Lengan atas membuat sudut, dan untuk lengan bawah menyudut ke bawah. 4. Kepala raket ke bawah.
3. Pukulan Net
Tujuan dari pukulan ini yaitu untuk mengembalikan bola yang berada di depan net dengan cara pukulan net clear atau net drop. Pukulan net terdiri ari: a). Forehand net clear; b). Backhand net clear; c). Forehand net drop; dan d). Backhand net drop

Baca juga : Bola Voli dan Bola Basket

Demikianlah artikel Permainan Bulu Tangkis (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7) di aanwijzing.com yang semoga bermanfaat.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.