Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjas Orkes) SMP/MTs Kelas 7


Artikel yang terkait dengan judul :Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjas Orkes) SMP/MTs Kelas 7

Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjas Orkes) SMP/MTs Kelas 7 ✓ Setelah teman-teman belajar tentang penjas kelas 7 ini yaitu 1). mampu mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam usaha pengembangan & pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih. 2). mampu meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik. 3). mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar. 4). dapat meletakkan landasan karakter moral yang kuat lewat internalisasi nilai-nilai yang ada di dalam pendidikan jasmani, olahraga & kesehatan. 5). mampu mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerja sama, percaya diri, dan demokratis. 6). mampu mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan juga lingkungan. 7). mampu memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.
Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7

A. Permainan Sepak Bola
Sepak bola adalah suatu permainan yg dilakukan scr beregu & masin-masing regu jumlah pemainnya yaitu 11 orang. Permainannya adalah berupa menendang bola yang selanjutnya diperebutkan kemudian memasukkan bola di gawang lawan. Bersamaan dengan hal tesebut, bagi para pemain harus mempertahankan supaya tidak kemasukan.

Pada permainan sepak bola yang sebenarnya, mereka akan bermain di lapangan yang bentuknya empat persegi panjang. Adapun bola yang dipakai adalah menggunakan ukuran tertentu, tidak asal bola.

Daftar Isi:

A.  Pengertian dan Asal Usul Sepak Bola
Selengkapnya artikelnya dengan judul Permainan Sepak Bola

B. Permainan Bola Voli
Penemu/pencipta atas permainan bola voli adalah oleh William G. Morgan pada tahun 1895. William G. Morgan merupakan seorang pembina pendidikan jasmani pada YMCA (Young Man Christian Association) di kota Holyoke, Massachusetts, USA. Nama permainan bola voli pada waktu itu bernama minonette. Untuk tujuan permaina tersebut yaitu untuk kesegaran jasmani secara massal.


Selengkapnya artikelnya dengan judul Permainan Bola Voli

C. Permainan Bola Basket
James A. Naismith  di tahun 1891 menciptakan & juga mengembangkan permainan bola basket di YMCA (Young Man Christian Association), Massachusett, Amerika Serikat. Masuknya permainan bola basket ke Indonesia oleh sebab dibawa oleh bangsa Belanda dan yang memperkenalkan adalah Tonny When Dai Wimlatumenten. Kemudian permainan ini dipertandingkan dalam PON I di Solo tepatnya pada tahun 1948.

Selengkapnya artikelnya dengan judul Permainan Bola Basket

D. Permainan Bulu Tangkis
Bulu tangkis merupakan suatu permainan bola kecil yang memanfaatkan raket dan kok yang dilakukan dengan memukul kok dengan raket melalui net yang direntangkan yang letaknya berada di tengah lapangan. Permainan bulu tangkis (badminton) dapat dimainkan oleh 2 orang (tunggal) ataupun 4 orang (ganda). Peraturan permainan bulu tangkis (badminton) telah ditetapkan oleh federasi badminton internasional yang bernama IBF (International Badminton Federation).

Selengkapnya artikelnya dengan judul Permainan Bulu Tangkis

E. Permainan Tenis Lapangan
Tenis  lapangan adalah suatu permainan yang memakai raket untuk memukul bola supaya dapat melewati net dan memantul sampai lawan tidak bisa mengembalikan bola tersebut. Pada tahun tahun 1873, seorang tentara Inggris bernama Mayor W.C. Wingfield kemudian memperkenalkan permainan tenis lapangan di suatu pesta di Wales. Permainan tenis lapangan adalah berasal dari bangsa Yunani Kuno. Pada tahun 1879, telah dimainkan di lapangan keras (gravel) hingga sampai sekarang di Wimbledon-Inggris.

Selengkapnya artikelnya dengan judul Permainan Tenis Lapangan

F. Permainan Tenis Meja
Tenis meja merupakan permainan bola tangkis di atas meja yang dimainkan oleh dua orang atau bisa juga empat orang dengan menggunakan bet dan bola kecil yang terbuat dari plastik. Pada tengah-tengah meja dipasang net yang tegak lurus yang berguna untuk memisahkan bidang permainan. Olahraga tenis meja telah terkenal di Inggris pada abad ke-19 dengan nama pingpong, gossima, dan whiff-whoff. Kemudian pada tanggal 15 Januari 1926, tenis meja resmi bernama table tennis atas prakarsa George Lehman dari Jerman.

Selengkapnya artikelnya dengan judul Permainan Tenis Meja

G. Permainan Softball
Permainan ini untuk pertamakalinya diciptakan oleh George Hansock (Amerika Serikat) dan untuk pertama kali dimainkan di Chicago. Pembuatan peraturan permainan softball yaitu oleh Lewis Robert di tahun 1906. Kemudian pada tahun 1916 diperbaiki oleh Matthew. Pada tahun 1930, terdapat perubahan dalam permainan dari indoor ke outdoor oleh H. Fischer dan M.J. Ponley. Selanjutnya pada tahun 1968, permainan ini diperkenalkan di kawasan Asia, pada waktu dilakukan kejuaraan di Manila.


Selengkapnya artikelnya dengan judul Permainan Softball

H. Olahraga Lari : Macam-macam Lari, Teknik Lari Jarak Pendek
Olahraga lari merupakan salah satu cabang yang ada dalam atletik. Pengertian lari adalah gerakan melangkah dengan kecepatan tinggi.

Selengkapnya artikelnya dengan judul Olahraga Lari : Macam-macam Lari, Teknik Lari Jarak Pendek

I. Olahraga Lompat
Lompat adalah merupakan salah satu bagian dr cabang atletik. Pengertian olahraga lompat yaitu bergerak dgn mengangkat kaki ke depan (ke bawah atau ke atas) dan secara cepat menurunkannya kembali. Jenis-jenis atau nomor lompat terdiri atas: 1. Lompat jauh; 2. Lompat tinggi; 3. Lompat galah; 4. Lompat jangkit.

Selengkapnya artikelnya dengan judul Olahraga Lompat

J. Atletik : Nomor Lempar/Tolak
Nomor lempar/ tolak merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang dipertandingkan. Macam -macam nomor lempar/tolak, terdiri dari : 1). Tolak peluru 2). Lempar cakram 3). Lempar lembing 4). Lempar martil.

Selengkapnya artikelnya dengan judul Atletik : Nomor Lempar/Tolak

K. Pencak Silat
Sejak abad ke-7 bangsa Indonesia telah mengenal pencak silat dan merupakan hasil budaya Indonesia sendiri (rumpun melayu). Pembentukan IPSSI (Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia) adalah di kota Surakarta. Kemudian pada tahun 1950 IPSSI berubah nama menjadi IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Di tahun 1973 dengan resmi pencak silat mulai dipertandingkan di PON VIII di kota Jakarta. Pada tanggal 11 Maret 1980 dibentuk PERSLAT (Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa).

Selengkapnya artikelnya dengan judul Pencak Silat

L. Judo
Pada awal abad ke 12 merupakan olahraga bela diri yang terkenal di negara jepang dengan  nama jujitsu sebagai seni bela diri khusus kaum militer dalam rangka untuk menghadapi pasukan samurai. Pada masa kekaisaran Tokugawa pada abad ke 17 judo terkenal sebagai olahraga bela diri untuk membentuk watak kepribadian seseorang. Adalah Jigoro Kano yang melakukan perbaikan teknik-teknik jujitsu menjadi judo, tepatnya pada tahun 1877.


Selengkapnya artikelnya dengan judul Judo

M. Taekwondo
Olahraga bela diri taekwondo merupakan olahraga bela diri modern asalnya adalah dari negara Korea. Asal kata Taekwondo yaitu berasal dari kata tae, yang artinya (menghancurkan dengan tendangan); kwon, mempunyai arti tangan (menghantam dan mempertahankan diri dengan tangan), dan kata do, yang artinya seni (cara mendisiplinkan diri). 


Selengkapnya artikelnya dengan judul Taekwondo

N. Jenis Latihan Kekuatan dan Daya Tahan
Melakukan beraneka jenis latihan kekuatan adalah akan sama halnya dengan membentuk daya tahan tubuh kita. Kebiasaan kita melatih dayat tahan otot akan menentukan kekuatan atau daya tahan tubuh.
Kekuatan dan daya tahan otot merupakan komponen dari tingkat kebugaran tubuh kita.

Daftar isi

1. Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Otot Kaki
2. Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Otot Lengan
3. Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Otot Bahu
4. Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Otot Dada
5. Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Otot Perut
6. Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Otot Pinggang

Selengkapnya artikelnya dengan judul Jenis Latihan Kekuatan dan Daya Tahan

O. Latihan Daya Tahan Jantung dan Paru-paru
Daya tahan adalah suatu kondisi tubuh yang dapat untuk bekerja dlm waktu yang lama, tanpa tubuh mengalami kelelahan secara berlebihan setelah menyelesaikan suatu pekerjaa. Daya tahan jantung dan paru-paru berhubungan dengan peredaran darah dan juga pernapasan.

Daftar Isi:

1. Fartlek (Speedplay)
2. Interval Training
3. Joging

Selengkapnya artikelnya dengan judul Latihan Daya Tahan Jantung dan Paru-paru

P. Latihan Kecepatan dan Kelincahan
Pengertian kecepatan adalah kemampuan untuk menggerakkan tubuh dari suatu tempat ke tempat yang lainnya dalam waktu yang sesingkatnya-singkatnya. Kecepatan bisa kita ketahui dengan cara menetapkan kapan gerak dimulai dan kapan berakhir.

Daftar Isi :

1. Latihan Kecepatan
2. Latihan Kelincahan (Agility)

Selengkapnya artikelnya dengan judul Latihan Kecepatan dan Kelincahan

Q. Latihan Kelentukan dan Keseimbangan
Pengertian kelentukan adalah gambaran luas sempitnya ruang gerak persendian yang ada pada tubuh kita. Elastisitas otot sangat berhubungan dengan kelentukan. Latihan yang dibutuhkan untuk mengembangkan kelentukan tubuh dengan cara latihan peregangan otot dan latihan untuk memperluas ruang gerak persendian.

Daftar Isi

1. Latihan Kelentukan
2. Latihan Keseimbangan
3. Nilai-nilai yang Terkandung

Selengkapnya artikelnya dengan judul Latihan Kelentukan dan Keseimbangan

R. Kebugaran Jasmani
Kita semua tentu menginginkan kebugaran jasmaninya supaya tetap baik dan sehat. bagi seseorang yang kebugaran jasmaninya baik juga memunyai derajat kesehatan yang baik juga. Kebugaran jasmani mempunyai 2 aspek, antara lain kesehatan dan performa. Kebugaran jasmani yang berhubungan dengan aspek kesehatan, yaitu kekuatan otot, daya tahan otot, daya tahan jantung dan paru-paru, dan fleksibilitas.

Daftar isi

1. Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Otot Kaki
2. Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Otot Lengan
3. Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Otot Bahu
4. Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Otot Dada
5. Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Otot Perut
6. Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Otot Pinggang

Selengkapnya artikelnya dengan judul Kebugaran Jasmani

S. Senam Dasar
Pada materi ini kita akan belajar tentang senam dasar yang terbagi menjadi 2 bentuk yaitu keseimbangan yang bertumpu pada kaki dan keseimbangan yang bertumpu pada selain kaki. Untuk bentuk keseimbangan yang bertumpu pada kaki dibedakan lagi menjadi gerakan berdiri dengan satu kaki, gerakan bagai kapal terbang, jongkok dengan salah satu kaki diluruskan ke depan. Sedangkan untuk bentuk keseimbangan yang bertumpu pada selain kaki dibedakan menjadi sikap lilin, handstand, kopstand.

Daftar Isi

1. Bentuk Keseimbangan Bertumpu pada Kaki
2. Bentuk Keseimbangan Bertumpu Pada Selain Kaki
Selengkapnya artikelnya dengan judul Senam Dasar

T. Senam Lantai
Olahraga senam lantai merupakan olahraga yang sangat mengandalkan pada aktivitas semua anggota badan. Gerakannya mirip dengan balet dan berjungkir balik, pada umumnya tanpa menggunakan alat bantu. Senam lantai mengacu pada gerak kombinasi terpadu yang mengutamakan keseimbangan, kekuatan, kelenturan, dan juga ketajaman gerak.

Daftar Isi

1. Gerakan Guling ke Depan (Forward Roll)
2. Gerakan Guling ke Belakang (Back Roll)
3. Guling Lenting (Neck Keep)

Selengkapnya artikelnya dengan judul Senam Lantai

U. Senam Irama
Pada bab ini, teman - teman akan belajar tentang senam yang diiringi dengan musik/ irama.

Daftar Isi

1. Gerakan Melangkahkan Kaki
2. Gerakan Mengayun Lengan
3. Melangkah dan Mengayun
Selengkapnya artikelnya dengan judul Senam Irama

V. Renang
Olahraga renang dapat dikatakan sebagai olahraga yang terbaik dalam usaha untuk menjaga kesehatan dan pembentukan tubuh, karena pada waktu berenang hampir semua otot bergerak sehingga otot dapat berkembang dengan baik dan kekuatannya meningkat. Sebaiknya sebelum berenang sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak terjadi cidera.

Daftar Isi:

1. Perlengkapan Renang
2. Renang Gaya Dada
3. Renang Gaya Bebas

Selengkapnya artikelnya dengan judul Renang

W. Pemilihan Tempat Untuk Mendirikan Tenda Perkemahan dan Teknik Dasar Pemasangannya ✓ Salah satu kegiatan di alam terbuka yaitu berkemah. Tujuan berkemah adalah dalam rangka untuk meningkatkan dan lebih mendekatkan kepedulian pada alam. Selain itu kegiatan di alam terbuka seperti halnya berkemah mempunyai manfaat sebagai sarana rekreasi, pendidikan, pengetahuan, dan mengenal alam secara lebih dekat.

Dafar Isi

1. Memilih Lokasi
2. Teknis Dasar Memasang Tenda
3. Nilai Kerja Sama, Tanggung Jawab, dan Tenggang Rasa

Selengkapnya artikelnya dengan judul Pemilihan Tempat Untuk Mendirikan Tenda Perkemahan dan Teknik Dasar Pemasangannya

X. Penyelamatan dan P3K, terhadap Jenis Luka Ringan serta Nilai Kerja Sama, Tanggung Jawab, dan Tenggang Rasa
Pada bab ini teman - teman kelas 7 SMP/MTs akan belajar tentang Pendidikan Penyelamatan jika terdapat Bahaya atau Kecelakaan, Prinsip dan Peraturan Penyelamatan, dan P3K terhadap Jenis Luka Ringan. Ayo kita membaca dan belajar bersama - sama.

Daftar Isi
1. Pendidikan Penyelamatan Apabila terjadi Bahaya atau Kecelakaan
2. Prinsip dan Peraturan Penyelamatan
3. Pertolongan Pertama terhadap Kecelakaan (P3K) kepada Jenis Luka Ringan

Selengkapnya artikelnya dengan judul Penyelamatan dan P3K, terhadap Jenis Luka Ringan serta Nilai Kerja Sama, Tanggung Jawab, dan Tenggang Rasa

Y. Pola Makan Sehat
Pola makan sehat berhubungan dengan makanan/minuman yang sudah ditentukan seperti syarat-syarat gizi, masa berlakunya, dan bahan-bahan pembuatannya.

Daftar Isi

1. Menu Makanan Bergizi
2. Keseimbangan Pola Makan Sehat

Selengkapnya artikelnya dengan judul Pola Makan Sehat

Demikian artikel yang berjudul Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/MTs Kelas 7 yang semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya di blog aanwijzing.com ini.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.