Urutan Rukun Islam


Artikel yang terkait dengan judul :Urutan Rukun Islam

Rukun Islam dalam ajaran Islam mempunyai lima pondasi dasar. Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa Kita sebagai umat muslim dan muslimah seharusnya paham dan juga mengerti dengan urutan rukun Islam dan juga rukun iman yang ada di dalam ajaran Islam. Namun nyatanya masih banyak sekali orang muslim yang masih belum terlalu memahami atau malah belum mengerti sama sekali mengenai rukun Islam dan rukun iman.

Rukun Islam memiliki 5 pondasi dasar dalam Islam atau dapat dibilang sebagai pondasi yang wajib untuk seluruh umat muslim yang beriman dan bertaqwa. Hal ini karena rukun Islam tersebut merupakan dasar dari kehidupan umat muslim diseluruh dunia. Jadi, semua orang muslim wajib mengamalkan dan menjalankannya. Lima macam rukun Islam dalam ajaran Islam diantaranya, syahadat,  sholat, puasa, zakat dan haji bagi yang mampu.

Penjelasan Rukun Islam dengan Berurutan

Semua orang Islam didunia memiliki pondasi yakni rukun Islam dan rukun iman. Dimana seluruh umat Islam wajib percaya dan menjalankan rukun iman dan Islam tersebut dengan sebaik-baiknya. Untuk rukun Islam adalah pilaran dari agama Islam dimana berisi 5 tindakan dasar dan wajib untuk dilaksanakan untuk seluruh umat Islam yang beriman. Berikut urutan 5 rukun Islam beserta penjelasannya.

Baca juga : 6 Rukun Iman, Apa Saja?

Urutan Rukun Islam

1. Syahadat
Syahadat adalah sebuah kalimat pernyataan untuk semua orang yang beriman kepada Allah SWT dan rosul Allah. Biasanya syahadat diucapkan oleh Mualaf. Kalimat syahadat tidak hanya diucapkan melalui lisan saja, akan tetapi membenarkan hati dan mengamalkannya dengan perbuatan.

2. Sholat
Suatu ibadah yang wajib dan ditekankan bagi seluruh umat Islam adalah dengan menjalankan sholat. Dimana sholat adalah ibadah wajib yang harus dilakukan dengan perbuatan dan ucapan yang diawali dengan membaca takbirotul ikhrom dan diakhiri dengan salam serta dengan menjalankan rukun sholat beserta syarat tertentu. Ibadah sholat yakni dengan menghadapkan diri kepada sang khaliq.

3. Puasa
Puasa merupakan suatu ibadah yang harus dijalankan untuk setiap umat muslim. Dimana puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa yang dimulai dari terbit matahari sampai terbenam matahari. Puasa disini yang dimaksud adalah puasa di bulan Ramadhan. Semua umat Islam wajib menjalankannya supaya dapat menunjukkan sebuah ketaqwaan dan keimanannya.

4. Zakat
Zakat merupakan rukun Islam yang ke 4. Dimana zakat berasal dari bahasa arab yakni zakat yang artinya harta tertentu yang harus dikeluarkan untuk seluruh umat muslim dan diberikan kepada orang yang berhak menerima zakat. Zakat adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim. Zakat dapat dibagi menjadi dua yakni zakat fitrah dan zakat mal atau zakat harta.

Untuk zakat fitrah adalah penghasilan yang wajib dikeluarkan setiap tahun menjelang idul fitri. Dimana zakat fitrah berupa makan pokok yang ada di daerah sekitar. Untuk ukuran zakat fitrah sama dengan 3,5 liter atau 2,7 kg. Sedangkan untuk zakat mal adalah zakat yang dikeluarkan oleh orang muslim berupa harta yang dimiliki, misalnya emas, hewan ternak, hasil laut, pertanian dan lain sebagainya.

5. Haji (bagi yang mampu)
Rukun Islam yang kelima yakni haji. Bagi seorang muslim yang sudah mampu wajib menjalankan ibadah haji. Namun tidak semua orang dapat menjalankan ibadah haji, karena masalah keuangan yang kurang cukup atau dalam keadaan sakit. Karena haji merupakan suatu ibadah yang sangat membutuhkan kesehatan yang kuat, jadi bisa menjalankannya dengan baik.

Ibadah haji dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni haji tamattu’, haji ifrad dan haji qiran. Jika seorang muslim menjalankan ibadah haji dengan baik, maka seorang tersebut tidak hanya mendapatkan pahala pada saat beribadah, akan tetapi juga dapat merubah seseorang tersebut menjadi pribadi yang lebih baik. Biasanya seorang yang sudah menunaikan ibadah haji dan saat sudah kembali di negara asalnya, maka dia akan menjadi seorang muslim yang lebih beriman dan taat serta memiliki akhlak yang mulia.

Baca juga : Macam-macam Zakat dalam Islam

Nah, itulah urutan 5 rukun Islam yang dapat Anda ketahui beserta penjelasannya. Kita sebagai umat Islam wajib menjalankan kelima rukun Islam tersebut, supaya Kita dapat selamat didunia dan diakhirat.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.