6 Rukun Iman, Apa Saja?


Artikel yang terkait dengan judul :6 Rukun Iman, Apa Saja?

Rukun iman dalam Islam ada 6, jika Kita tidak mengimani keenam rukun iman tersebut, maka Kita akan dianggap bukan orang Islam. Iman secara bahasa artinya percaya, sedangkan menurut istilah adalah meyakini atau mempercayai dengan sepenuh hati, dengan mengucapkan dari lisan serta mengamalkannya dengan sebuah perbuatan. Kemudian rukun artinya dasar atau landasan. Jadi rukun iman adalah sebuah dasar atau landasan kepercayaan.

Rukun iman adalah sebuah pilar keimanan yang wajib dimiliki oleh setiap umat muslim. Rukun iman tersebut terdapat pada Al-Qur’an dan Al-Hadist. Yakni dengan meningkatkan iman dan Islam sendiri adalah sebuah keyakinan dari hati, dan perkataan melalui lisan, mengamalkan secara benar serta hubungan antara akhlak dan iman. Dalam jiwa seorang umat muslim, hubungan akhlak, iman dan ihsan dapat naik dan turun, berkurang dan bertambah, jadi sangat dibutuhkan sebuah upaya dalam memantapkan iman itu. Jadi Kita akan menjadi seorang muslim yang selalu taat beribadah dan bertakwa.

Macam-macam Rukun Iman dalam Islam

Rukun Iman

Baca juga : Pengertian Zakat Serta Manfaatnya Bagi Umat Islam

Agar keimanan Kita meningkat maka Kita harus mengamalkan rukun iman tersebut yakni dengan beriman kepada Allah SWT, beriman pada malaikat Allah, beriman pada Kitab suci, beriman pada rosul, beriman pada hari kiamat, serta beriman pada qodo’ dan qadar. Untuk penjelasan masing-masing rukun iman tersebut, dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Iman kepada Allah SWT
Kita sebagai seorang muslim wajib untuk beriman kepada Allah dengan cara mengimani dengan adanya Allah, mengimani Allah, rububiah Allah dan mengimani semua sifat dan nama-nama Allah. Kita harus percaya bahwa Allah itu benar-benar ada sebagai Tuhan Semesta Alam, dimana Dia telah menciptakan langit dan bumi serta seluruh isinya. Jika ada seseorang yang tidak percaya dengan adanya Allah, maka dia bukanlah seorang muslim.

2. Iman pada malaikat Allah
Rukun iman yang kedua adalah iman kepada malaikat. Dalam Islam malaikat diciptakan oleh Allah dari cahaya. Kita harus percaya  dan yakin bahwa malaikat itu benar-benar ada, meskipun Kita tida bisa untuk melihatnya. Semua malaikat Allah ini mempunyai tugas masing-masing, sesuai dengan perintah Allah SWT.

3. Iman kepada Kitab suci Allah
Rukun iman yang ke 3 dalam agama islam adalah iman kepada Kitab suci Allah. Dimana Allah telah menurunkan firman untuk para Nabi dan dijadikan satu dalam Kitab-Kitab. Kita sebagai orang muslim wajib untuk mempercayainya. Al-Qur’an merupakan Kitab suci umat Islam, selain itu ada Kitab Taurat, Zabur, dan injil yang juga merupakan kitab suci Allah yang harus Kita percayai.

4. Iman kepada rasul Allah
Rukun iman yang ke 4 yakni iman kepada rosul Allah. Rasul adalah utusan Allah yang diberikan wahyu untuk disampaikan kepada umat manusia dan harus diamalkan. Semua Rasul adalah Nabi, akan tetapi Nabi, bukan pasti seorang Rasul. Hal ini karena nabi, tidak diberi perintah dalam menyampaikan wahyu untuk semua umat manusia.

5. Iman kepada hari akhir
Rukun iman ke 5 adalah iman kepada hari akhir. Dimana hari kiamat adalah sebuah tanda hari akhir. Pada hari ini dunia akan dihancurkan serta manusia yang telah mati akan dibangkitkan kembali. Kita sebagai seorang muslim wajib untuk percaya dengan adanya hari nanti, dan manusia nantinya akan dibangkitkan kembali.

6. Iman kepada Qada’ dan Qadar
Rukun iman yang terakhir adalah iman kepada Qada’ dan Qadar. Dimana ini merupakan takdir Allah yang baik dan yang buruk. Dengan Kita beriman pada Qada’ dan Qadar, maka Kita yakin dengan sepenuh hati dengan adanya ketentuan Allah dan ini berlaku untuk semua manusia. Untuk takdir merupakan semua kejadian yang ada di alam semesta, dimana bahwa segala yang terjadi pasti memiliki takdir. Baik itu kejadian baik atau buruk, maka itu semua bersumber dari Allah. Sebab Allah telah mengetahui semua kejadian yang telah terjadi, belum terjadi, akan terjadi dan semua kejadian yang tidak terjadi menjadi terjadi, maka Allah sudah pasti tahu bagaimana itu semua dapat terjadi.

Nah, itulah 6 rukun iman yang harus anda imani dan percayai. Dengan Kita beriman dengan sepenuh hati dengan rukun iman maka Kita termasuk orang muslim. Selain itu keimanan Kita akan bertambah dan akan selamat dunia akhirat.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.