Contoh Keragaman Budaya Indonesia


Artikel yang terkait dengan judul :Contoh Keragaman Budaya Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya. Kaya akan hasil alamnya, kaya akan adatnya, kaya akan budayanya, dan kaya akan keberagaman masyarakatnya. Di tengah kehidupan masyarakatnya, ada keragaman budaya Indonesia yang sangat indah untuk ditelusuri. Bahkan tidak akan merasa puas hanya sekali saja mengenal.

Berkali-kali datang ke Indonesia bukanlah hal yang membosankan, karena Indonesia itu menarik. Tanahnya subur, sehingga berbagai hasil alam melimpah ruang dan jenisnya beranekaragam. Bahkan penghuni tanahnya pun juga beragam. Fauna dan flora endemik yang beraneka ragam, sampai dengan ketenteraman masyarakatnya. Keramahan tambahan menjadi ciri khas utama masyarakat Indonesia yang telah mendunia. Mereka hidup dalam keberagaman suku, budaya, adat, Agama, dan status sosial. Mereka rukun dan sejahtera karena alam Indonesia telah menyediakan semua yang dibutuhkan.

Bukan hanya itu saja, bukti dari pesona keragaman Indonesia adalah dengan banyaknya wisatawan asing yang datang berwisata ke Indonesia, munculnya tempat-tempat wisata baru di Indonesia, serta banyaknya daerah di Indonesia yang maju perekonomiannya sebagian hasil dari kemajuan sektor wisatanya. Bukan hanya wisata alam saja yang memukau melainkan juga wisata rohani, wisata budaya, dan bahkan wisata adatnya.

Kualitas SDM atau Sumber Daya Manusia Indonesia pun terus meningkat, sehingga kreativitas mereka pun juga semakin meningkat. Banyak inovasi baru yang ditelurkan. Banyak prestasi baru juga yang diraih. Tidak kalah dengan negara-negara lain. Bahkan negara lain pun iri dengan alam Indonesia yang subur.

Arti dari keragaman itu sendiri pun bukan hal yang tabu lagi bagi kita. Keragaman berarti bervariasi, beraneka bentuk/ beraneka macam, banyak jenisnya, dan bahkan berwarna-warni. Semuanya bercampur menjadi satu menjadi sebuah kesatuan yang kokoh. Itulah Indonesia dari dulu sampai sekarang. Masyarakatnya dari Sabang sampai dengan Merauke berbaur menjadi satu membentuk satu kedaulatan penuh berbentuk NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga : Ciri - Ciri Masyarakat Madani

Contoh-contoh Keragaman Budaya Indonesia yang Kaya

Keragaman Budaya Indonesia
Dari banyaknya keragaman yang ada di Indonesia, keragaman budaya memaksimalkan salah satu sisi keragaman yang paling menarik untuk dibahas. Di mana keragaman budaya ini memiliki aura yang sangat kuat sehingga bisa memperkenalkan Indonesia di kancah Internasional. Terbukti dengan banyaknya kontinen budaya Indonesia yang diundang ke luar negeri untuk dijadikan tamu kehormatan dalam rangka mempererat hubungan bilateral dan juga multilateral.

Berikut adalah contoh-contoh keragaman budaya yang ada di Indonesia :

1. Keragaman bahasa
Bahasa juga masuk dalam keragaman budaya di Indonesia. Padahal sebenarnya bahasa ini adalah alat komunikasi yang dimiliki oleh setiap negara. Namun untuk Indonesia, bahasa menjadi salah satu jenis keragaman budaya, karena ada ratusan bahasa Daerah di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Bahasa Jawa dari Jawa, Bahasa Sunda di Jawa Barat, Bahasa Betawi dari Suku Betawi Jakarta, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Rumah adat
Padahal rumah itu memiliki fungsi yang sama dan setiap orang memilikinya. Namun untuk jenis rumah di Indonesia sangat beragam. Bentuknya sudah dipengaruhi oleh budaya atau adat istiadat. Seperti rumah khas Suku Jawa yang bernama Rumah Joglo. Akan berbeda dengan rumah Panggung yang ada di Kalimantan.

3. Lagu daerah
Lagu atau nyanyian daerah ini menjadi budaya yang beragam juga di Indonesia. Setiap daerah memiliki lagu daerah sendiri-sendiri. Ada lagu Apuse dari Irian Jaya, lagu lagu Ilir-ilir dari Jawa Timur, Ampar-Qmpar Pisang dari Kalbar, dan lain-lain.

4. Alat musik
Alat musik juga berbeda-beda setiap daerahnya. Ini merupakan keragaman budaya Indonesia yang sudah mendunia, seperti angklung dari Tanah Sunda, gamelan dari Jawa, dan sebagainya.

5. Tari-tarian
Tarian daerah yang khas dibawakan oleh penari-penari Indonesia yang lemah gemulai. Ada Tari Remo dari Jatim, Tari Piring Sumbar, Tari Reog dari Ponorogo, dan lain-lain

6. Upacara adat
Ini terkait dengan ritual daerah yang berbeda-beda. Ada Ngaben ( upacara pembakaran mayat ) dan Sabak ( upacara irigasi ) di Bali, Kasada di Tengger, Rambu Aplikasi Toraja, dan lainnya.

7. Seni pertunjukan
Menampilkan hiburan rakyat, seperti Wayang Kulit di Jawa Timur, Wayang Golek di Jawa Tengah, Ondel-ondel di Jakarta, dan sebagainya.

8. Suku bangsa
Inilah yang menjadi inti dari keragaman budaya Indonesia yang telah disebutkan sebelumnya. Perbedaan suku bangsa terkait dengan perbedaan latar belakang adat dan budaya. Ada ratusan suku di Indonesia, yakni Suku Jawa, Madura, Bali, Dayak, Papua, Mentawai, Melayu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mengenal keragaman budaya Indonesia tidak akan ada habisnya. Bahkan selalu menarik dibahas berkali-kali pun. Hal inilah letak keunikan Indonesia yang beda dari bangsa lainnya. Untuk menjaga kelestarian keragaman budaya Indonesia, toleransi setiap orang pun dijaga. Etika dan kesopanan menjadi sikap nomor satu yang selalu diutamakan.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.