Mediasi : Pengertian Mediasi (Menurut Ahli), Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya


Artikel yang terkait dengan judul :Mediasi : Pengertian Mediasi (Menurut Ahli), Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Dalam prakteknya, banyak terdapat untuk penyeleaian suatu masalah dengan menggunakan mediasi. Apa pengertian mediasi tersebut? Definisi/ pengertian mediasi yang secara lengkap dan juga menyeluruh karena cakupannya yang sangat luas memberikan kesulitan dan menentukan model yang mudah di uraikan secara terperinci.

Pengertian mediasi secara etimologi adalah berasal dari bahasa latin yaitu mediare yang artinya “berada di tengah” sedangkan pengertian mediasi dalam istilah bahasa Inggris adalah “mediation” yang menyatakan pengertian mediasi adalah penyelesaian masalah yang melibatkan pihak ke-3 sebagai penengah.

Sedangkan pengertian mediasi secara termologi adalah suatu peran yang di tampilkan pada pihak ke-3 sebagai mediator yang dilakukan dalam menjalankan tugas demi menengahi dan menyelesaikan suatu konflik atau terjadinya suatu sengketa atau perselisihan dalam ke-2 pihak.

Pengertian Mediasi Berdasarkan sebagian Pendapat Beberapa Para Ahli

1. Menurut Laurence Bolle
Pengertian mediasi adalah Mediation is a decision making process in which the parties are assisted by a mediator, the mediator attempt to improve the process of desicion making and to assist the parties the reach out-come to which of them can assent. Pengertian mediasi yaitu suatu sistem pengambilan ketentuan yang di kerjakan beberapa pihak dengan di bantu oleh pihak ke-3 jadi mediator, kewengan pengambilan ketentuan  seutuhnya ada di tangan beberapa pihak serta mediator hanya menolong beberapa pihak dalam sistem pengambilan ketentuan itu.

2. Menurut Collins Engglish Dictionary and Thesaurus
Pengertian mediasi adalah suatu kegiatan yang menjembati antara dua pihak yang bersengketa guna menghasilkan kesepakatan, yang di lakukan oleh mediator sebagai pihak yang ikut membantu mencari berbagai alternatif penyelesaian sengketa.

3. Menurut  Folberg dan Taylor
Pengertian Mediasi adalah penyelesaian sengketa dapat di lakukan bersama-sama oleh pihak yang bersengketa dan di bantu oleh pihak yang netral yaitu mediator, mediator dapat mengembangkan dan menawarkan pilihan penyelesaian kepada kedua pihak sengketa.

4. Menurut Goospaster, mengemukakan pengertian mediasi adalah suatu proses negoisasi pemecahan masalah dimana pihak luar yang tidak memihak bekerja sama dengan pihak-pihak yang bersengketa untuk membantu mereka untuk memperoleh kesepakatan perjanjian yang memuaskan.

Baca juga : Pengertian Ilmu Komunikasi

Beberapa Jenis dari Mediasi yang Sering Dipakai

Pengertian Mediasi
Berikut ini ada beberapa jenis mediasi yang sudah sering dipakai. Diantaranya yakni :

1. Mediasi pengadilan
Adalah suatu mediasi yang telah mulai sejak lama di kenal dan beberapa pihak yang memajukan perkaranya, ke pengadilan di haruskan untuk meniti prosedur mediasi terlebih dahulu sebelumnya di kerjakan kontrol pokok perkara.

2. Mediasi luar pengadilan
Mediasi ini sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan bagian dari adat istiadat atau budaya daerah tertentu dengan penyebutan dan tata cara atau pelaksanaan yang berbeda sesuai dengan budaya dan perilaku masyarakat.

3. Mediasi-Abitrase
Yaitu bentuk alternatif penyelesaian sengketa sebagai kombinasi mediasi dengan abitrase, pada jenis ini mediator di beri kewenangan untuk memutuskan setiap isu yang ada yang isu tersebut sulit untuk kedua pihak sehingga membutuhkan pihak yang ketiga yang bisa memutuskan.

4. Mediasi kelembagaan
Dalam perundang-undangan Indonesia telah di tegaskan ruang lingkup sengketa bisa digerakkan aktivitas mediasi. Dalam undang-undang 30 th.1999 mengenai penyelesaian sengketa atau lain pendapat bisa di kerjakan oleh beberapa pihak alternatif penyelesaian sengketa yang didasarkan oleh itikad.

Kelebihan dan Kekurangan dari Mediasi yang Biasa di Alami oleh Pihak yang Bersangkutan

Kelebihan mediasi antara lain:
1. Proses cepat.
2. Bersifat rahasia.
3. Tidak mahal.
4. Adil.
5. Pemberdayaan individu.
6. Keputusan yang hemat.
7. Keputusan yang berlaku tanpa mengenal waktu.

Kekurangan mediasi antara lain:
1. Tidak bersifat memaksa.
2. Mediator kurang terjamin.
3. Rentang gagal.

Baca juga : 10 Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli

Demikianlah atikel tentang pengertian mediasi , semoga bermanfaat.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.