Ciri-ciri Masyarakat Madani


Artikel yang terkait dengan judul :Ciri-ciri Masyarakat Madani

Jika mendengar istilah “Masyarakat Madani”, maka yang terbesit dalam pikiran kita adalah Masyarakat yang Sempurna. Masyarakat yang tercukupi atau kaya, jika dari segi ekonomi. Ini dikarenakan pemikiran awal kita tentang kata “Madani” pasti akan berkaitan dengan materi atau uang. Padahal jika dilihat dari ciri-ciri Masyarakat Madani, pemikiran itu akan hilangnya seketika.

Bukan menjadi hal yang baru lagi jika setiap negara ingin maju. Mereka berusaha memajukan pemerintahan sehingga rakyatnya sejahtera. Kategori negara maju yang merupakan level tertinggi. Padahal sebenarnya di atas negara maju masih ada level tertinggi lagi, yakni Negara Madani. Sebelum menjadi Negara Maju, maka harus menjadi Negara Berkembang terlebih dahulu.

Negara Berkembang adalah kategori negara yang berada di level tengah-tengah, artinya belum maju tetapi sudah terlepas dari kategori negara Tertindas atau Negara Miskin atau Negara Jajahan. Kebanyakan negara di dunia nyaman dengan status ini, karena memang untuk menjadi Negara Maju sangatlah berat perjuangannya. Membutuhkan waktu lama atau tidak instan. Negara-negara yang  berstatus Negara Maju hanya hitungan jari saja.

Jauhnya impian untuk meraih level sebagai Negara Maju ini mengakibatkan tidak terbesit sedikitpun impian untuk menjadi Negara Madani. Negara yang sempurna dan penuh dengan peradaban yang mumpuni. Harus ada kerja sama solid dengan masyarakatnya, sehingga Negara Madani didalamnya harus ada Masyarakat Madani.

Istilah Masyarakat Madani ini pun sangat berlevel, karena merupakan keadaan masyarakat yang sangat kondusif, beradab, berstatus hukum kuat, tentram, modern, cerdas, maju, dan masih banyak lagi ungkapan sempurna yang tidak bisa dibayangkan. Masyarakatnya sejahtera karena ekonomi bagus. Tata pemerintahan rapi dan berpihak pada masyarakat. Demokrasi benar-benar dari rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat. Yang paling penting adalah bahwa Masyarakat Madani adalah masyarakat yang bermoral.

Baca juga : Pengertian Penginderaan Jarak Jauh

Asal-usul Masyarakat Madani dan Ciri-ciri Masyarakat Madani

Ciri-ciri Masyarakat Madani

Berdasarkan namanya, Masyarakat Madani ini sudah ada sejak jaman Rasulullah. Di mana nama Madani memang diambil dari nama salah satu Kota Suci, yakni Madaniyah atau Madinah. Masyarakat Madinah yang santun, berpegang teguh pada akidah, dan sejahtera lahir dan batin membuat konsep Masyarakat Madani memang sebuah masyarakat yang sempurna.

Untuk memahami lebih lanjut tentang Masyarakat Madani, berikut adalah ciri-ciri Masyarakat Madani yang wajib kita ketahui :

1. Masyarakat Madani adalah masyarakat yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kehidupan. Nilai-nilai yang berisi norma-norma kehidupan penting sebagai pedoman menjalani kehidupan yang sejahtera. Apalagi hakikat manusia sebagai Makhluk Sosial mengharuskan kita untuk memiliki interaksi terbaik dengan sekitar untuk bertahan hidup dan menjalani kehidupan sejahtera yang sebenarnya.

2. Masyarakat Madani adalah masyarakat yang mandiri. Negara Madani ini tidak membutuhkan bantuan negara lain. Masyarakatnya produktif, sehingga akan banyak mengekspor daripada mengimpor. Sistem negaranya sudah mapan, sehingga saat ada masalah kenegaraan, bisa diselesaikan sendiri.

3. Masyarakat Madani adalah masyarakat yang memiliki integritas tinggi. Mereka mampu bekerja sama dengan baik bersama dengan kelompoknya, sehingga mereka bisa klop dengan pemimpin-pemimpinnya.

4. Masyarakat Madani menerapkan demokrasi yang sesungguhnya. Ciri-ciri Masyarakat Madani inilah yang patut untuk ditiru. Bukan hanya menggembor-gemborkan sebagai masyarakat Demokrasi tanpa ada tindakan, melainkan benar-benar membuktikannya.

5. Masyarakat Madani adalah masyarakat yang beradab. Masyarakat modern yang masih menjunjung tinggi kesopanan dan etika. Menjunjung harga diri sendiri dengan mengedepankan sikap dan etika yang baik, sehingga kehidupannya menjadi harmonis.

6. Masyarakat Madani adalah masyarakat yang sadar hukum. Memiliki kekuatan hukum yang tinggi, sehingga yang bersalah wajib dihukum dan disertai dengan penegakan hukum yang baik. Negara Madani adalah negara yang aman dan hukum benar-benar bisa digunakan sesuai dengan porsinya.

7. Masyarakat Madani itu adil. Tidak membeda-bedakan status sosial atau harta kekayaannya. Pemerintahannya menyamakan perlakuan kepada masyarakat sehingga tidak ada yang namanya kesenjangan sosial.

8. Masyarakat Madani itu transparan. Keterbukaan atau transparansi menjadi hal yang diutamakan, sehingga setiap ada masalah tidak akan berlarut-larut. Langsung diselesaikan. Kebijakan pemerintah pun bersifat terbuka, sehingga rakyatnya merasa dilibatkan. Inilah ciri-ciri Masyarakat Madani yang sangat penting untuk ditiru.

9. Masyarakat Madani itu adalah masyarakat partisipan yang baik. Politik yang bergulir di lingkungan pemerintahan ini tidak ditelan serta merta, melainkan masih di nalar. Mereka ikut berpendapat untuk ikut serta dalam menyukseskan kegiatan politik.

Baca juga : Definisi Sosiologi

Ciri-ciri Masyarakat Madani yang kaya tersebut bisa dikategorikan sempurna, karena secara tidak langsung keadaan negara impian sudah ada di konsep Negara Madani. Impian menjadi Negara Madani adalah impian semua negara, tanpa terkecuali.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.