Pengertian Apresiasi, Tujuan, Fungsi Serta Proses Mengapresiasi

Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Apresiasi, Tujuan, Fungsi Serta Proses Mengapresiasi


Dalam setiap perlomban maupun ajang pertujukan sering kali kita dengar kata apresiasi. Meski sering kali kita mengatakan maupun mendengar kata tersebut, ternyata sebagian dari kita banyak yang belum paham mengenai pengertian apresiasi tersebut.

Kata Apresiasi sendiri biasanya dilakukan  atau di ucapkan ketika adanya sebuah penghargaan yang diberikan kepada seseorang karena telah melakukan sesuatu ataupun berhasil melakukan atau memenangkan perlombaan.

Daftar Isi

1. Pengertian Apresiasi
2. Tujuan Dan Manfaat Apresiasi 
3. Fungsi Apresiasi
4. Proses Mengapresiasi
5. Tingkatan Apresiasi
Pengertian Apresiasi

Pengertian Apresiasi

Secara bahasa apresiasi dapat juga diartikan memahami, menyadari, menghargai dan menilai. Sedangkan menurut istilah apresiasi dapat dimaknai sebagai sebuah proses dalam penilaian atau sebuah penghargaan positif yang akan diberikan seseorang terhadap suatu perlakuan tertentu.

Tujuan Dan Manfaat Apresiasi  

Untuk membahas mengenai tujuan dari apresiasi tentunya kita akan mengacu pada sebuah cabang keilmuan seni. Karena dalam apresiasi akan memberikan manfaat terhadap yang diberi apresiasi. Hal ini karena pemberian apresiasi akan menjadikan seseorang tersebut mempunyai motivasi yang tinggi untuk mengembangkan kemampuannya menjadi yang lebih baik lagi.

Fungsi Apresiasi 

Ketika seseorang memberikan sebuah apresiasi terhadap sebuah tindakan maupun sebuah karya, tentunya apresiasi tersebut akan memberikan sebuah perubahan bagi penerima apresiasi tersebut. Hal ini tentunya diberikan bukan hanya untuk biasa saja, namun juga memiliki beberapa fungsi di dalamnya.  Fungsi dari apresiasi tersebut adalah:
• Dalam rangka meningkatkan kecintaan terhadap sebuah karya yang dimiliki oleh anak bangsa. Sekaligus sebuah kepedulian terhadap sesama.
• Sebagai sarana dalam sebuah penilaian, dan juga sebagai sebuah hiburan yang bisa mengedukasi.
• Sarana dalam mengembangkan kreativitas yang dimiliki manusia dalam segala bidang.

Proses Mengapresiasi

Dalam sebuah proses mengapresiasi tentunya ada beberapa tindakan yang harus dilakukan. Mulai dari melihat,merasakan, berempati kemudian akan muncul pendapat kita dalam mengapresiasikan sesuatu tersebut.

Tingkatan Apresiasi

Dalam segala sesuatu tentunya memiliki sebuah tingkatan. Begitu pun apresiasi, juga mempunyai sebuah tingkatan tertentu. Apalagi apresiasi tersebut diberikan untuk dalam bidang seni mestinya punya tingkatan khusus di antaranya sebagai berikut

1. Tingkat Apresiasi Empatik
Pada tingkatan ini memiliki sebuah tingkatan yang di dalamnya melibatkan sebuah perasaan dan juga pikiran tertentu. Tingakatan ini biasanya berupa sebuah tangkapan yang dilakukan oleh indra atau yang biasa dikenal degan tangkapan indrawi.

Contoh dari apresiasi simpatik ini adalah ketika kita sedang mendengarkan sebuah karya seni musik, kemudian kita merasakan nyaman sehingga kita betah mendengarkan musik tersebut. Maka setelahnya akan muncul sebuah penilaian jika karya tersebut bagus.

2. Tingkat Apresiasi Estetis
Pada tingkatan estetis atau yang biasa dikenal dengan sebuah penilaian berdasarkan suatu keindahan tertentu. Pada tingkatan ini biasanya menggunakan sebuah pengamatan serta sebuah penghayatan tertentu. Dalam tingkatan ini juga biasannya bagi penikmat karya seni akan memberikan sesuatu yang dirasa lebih terhadap sebuah seni yang dia amati tersebut.

Contoh dari apresiasi jenis ini adalah ketika kita melihat sebuah pagelaran drama , teater maupun jenis-jenis tertentu. Untuk memberikan sebuah apresiasi ini biasanya memerlukan waktu yang relatif lama dalam mengamatinya. Hal ini untuk mengetahui makna yang terkandung dalam penampilan tersebut.

3. Tingkat Apresiasi Kritik 
 Pada tingkatan ini, apresiasi ini merupakan sebuah bentuk untuk menyampaikan sebuah deskripsi, klarifikasi, evaluasi sehingga dapat mengambil sebuah kesimpulan dari sesuatu tersebut.

Contoh dalam apresiasi ini adalah ketika dalam sebuah ajang pencarian bakat yang diadakan guna mengetahui sebuah bakat yang dimiliki. Hal ini akan memberikan sebuah masukan bagi para peserta audisi.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Kapitalis
2. Pengertian Kolonialisme
Demikianlah mengenai  Pengertian Apresiasi, Fungsi, Tujuan dan Tingkatan dalam apresiasi. Semoga bermanfaat. Sekian dan Terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.