5 Pandangan Para Ahli Mengenai Pengertian Kolonialisme

Artikel yang terkait dengan judul :5 Pandangan Para Ahli Mengenai Pengertian Kolonialisme

Kolonialisme mempunyai kata dasar Clonus/ Colonia yang berarti pengembangan kekuasaan sebuah negara pada wilayah dan manusia di luar batas negara tersebut. Kebanyakan orang mengartikan kolonialisme adalah sebuah penjajahan terhadap negara lain. Negara yang terjajah akan semakin miskin dan tertindas sedangkan negara penjajah akan semakin kaya dengan menguras harta yang ada dalam negara kekuasaannya. Biasanya negara penjajah akan mengambil kekayaan alam yang ada berupa hasil bumi, tambang, bahkan tenaga manusia tanpa mendapatkan ganti rugi. Nah dalam artikel ini kita akan membahas beberapa pengertian kolonialisme, berikut ulasannya.

5 Pandangan Para Ahli Mengenai Pengertian Kolonialisme

Pengertian Kolonialisme
1. Andre Gunder Frank
Kolonialisme adalah pemindahan kekayaan dari daerah terjajah ke daerah penguasa dan menghambat kesuksesan pertumbuhan ekonomi negara jajahan. Dari pandangan Andre Gunder Frank dapat kita mengambil kesimpulan bahwa negara penguasa akan menguras kekayaan yang dimiliki oleh negara jajahan. Negara jajahan akan sulit mengembangkan perekonomian dalam negaranya karena kekayaan negara akan dikuasai penjajah , rakyat juga dibatasi ruang gerak dalam pembangunan negara.

2. Rochmadi (1993)
Dalam pandangan Rochmadi kolonialisme adalah Politik yang dijalankan mengenai suatu koloni, suatu daerah jajahan, sebagian dari imperium. kesimpulannya adalah dalam negara jajahan negara penjajahan akan mempunyai perwakilan untuk memimpin daerah jajahannya sesuai dengan ketentuan negara penjajah.  Biasanya para pemuka adat ataupun para rakyat yang melakukan perlawanan terhadap para koloni akan ditaklukkan dengan berbagai cara. Seperti  menggunakan sistem  politik adu domba dengan mempengaruhi para penguasa setempat untuk berpihak pada koloni dengan memberikan imbalan. Jika para penguasa sudah mereka taklukkan, para kolon akan dengan mudah untuk berkuasa atas wilayah tersebut.

3. Alan Bullock, 1986
Kolonialisme adalah bentuk implementasi yang didasarkan penegakan(hukum) yang cukup tajam dan radikal terhadap negara jajahan. Maknanya adalah para penjajah biasanya akan memulai penaklukan rakyat jajahan dengan cara cukup baik agar rakyat mudah dipengaruhi.  seperti halnya pada penjajahan Belanda yang pada awalnya hanya ingin membeli rempah-rempah dari Nusantara dan akhirnya melakukan penjajan cukup lama di Indonesia. Setelah rakyat percaya, maka akan dilakukan pengendalian terhadap rakyat dengan melakukan berbagai kebijakan dan sanksi terhadap yang melanggarnya.

4. Collins English Dictionary 
Kolonialisme adalah Kebijakan dan praktek kekuatan dalam memperluas kontrol atas masyarakat lemah dalam kawasan negara lain. Dalam pengertian tersebut dapat disimpulkan negara penjajah akan mencari tujuan jajahan yang mempunyai banyak sumber daya di dalamnya dan yang masyarakatnya banyak yang masih awam dalam hal pendidikan ataupun perekonomian. Hal tersebut akan mempermudah untuk melakukan penjajahan terhadap negara tujuan, setelah masyarakat sudah terpengaruh oleh bujuk rayu penjajah akan dimulailah berbagai kebijakan kolonial.

5. Loomba 
Loomba berpendapat kolonialisme merupakan satu implikasi berupa perjumpaan antar manusia dalam bentuk penaklukan dan dominasi. Artinya negara penjajah akan mendatangkan pasukan dari negaranya untuk ikut mengatur tatanan dalam negara jajahannya. Selain menguras kekayaan negara jajahan, para penjajah biasanya memperlakukan manusia pribumi dengan sewenang-wenangnya.

Itulah beberapa Pengertian kolonialisme dari berbagai pandangan para ahli. Kolonialisme selain menguras kekayaan yang ada, juga membuat sumber daya manusia yang rendah. Dalam masa kolonialisme hanya orang-orang terpandanglah yang dapat menempuh bangku sekolah. Hal tersebut menyebabkan orang asli pribumi tidak mendapatkan pendidikan sama sekali. Tak hanya itu penderitaan akibat kolonialisme, sering kali rakyat didera kelaparan yang menyebabkan gizi buruk dan sampai meninggal dunia.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Resume
2. Pengertian Algoritma
Penjajahan  yang pernah ada di Indonesia adalah salah satu potret kekejaman kolonialisme dari negara-negara lain yang terjajah. Namun sekarang ada PBB (badan perserikatan bangsa-bangsa) di dunia yang akan membantu menyelesaikan berbagai  permasalahan negara-negara di dunia. negara yang kuat adalah negara yang mempunyai sistem pertahanan dan keamanan yang selalu siap mempertahankan keamanan negara.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.