Tips Belajar Yang Baik

Artikel yang terkait dengan judul :Tips Belajar Yang Baik

Tips belajar ✓ Belajar merupakan kegiatan yang dilakukan oleh semua orang. Baik di rumah, sekolah, lingkungan dan tempat lainnya. Setiap anak kecil hingga orang dewasa masih belajar. Hanya saja ada perbedaan dalam tingkat belajar yaitu materi yang dipelajari. Tujuan dari belajar yaitu untuk memahami sesuatu yang tidak mengerti. Bisa juga untuk memecahkan sebuah persoalan dan permasalahan yang di alami oleh siswa.

Daftar Isi

1. Memulai Menimba Ilmu Dengan Tips Belajar
2. Kegiatan Selingan Untuk Mengimbangi Tips Belajar

Tips Belajar

Tips Belajar Yang Baik

Memulai Menimba Ilmu Dengan Tips Belajar

Belajar tidak bisa dilakukan dengan begitu saja, terkadang ada siswa yang tidak bisa belajar karena malas dan tidak semangat. Kemalasan datang karena belajar yang dilakukan dengan cara yang salah.

Lantas bagaimana caranya melakukan belajar yang baik? Berikut ini merupakan cara belajar yang baik.

1. Niat dan tetapkan tujuan yang akan dicapai dalam belajar
Tips belajar pertama yaitu memerlukan niat agar bisa konsentrasi dengan tinggi. Anggap saja pada saat belajar anda harus mendapatkan poin ilmu yang akan dipelajari di sekolah untuk besok. Bisa juga anda menetapkan tujuan untuk belajar agar mendapatkan nilai yang bagus di dalam kelas. Dijamin anda semakin giat untuk melakukan belajar.

2. Membaca
Segala sesuatu dalam proses belajar diperlukan membaca. Kegiatan membaca dapat membantu anda menuntaskan permasalahan yang anda hadapi. Misalkan menyelesaikan permasalahan menjawab soal. Membaca juga dapat meningkatkan ingatan yang ada di otak anda.

3. Bertanya
Bila ada soal atau sesuatu yang tidak mengerti maka, anda harus bertanya kepada guru, guru les, sahabat, teman dekat atau orangtua. Jangan memaksakan diri anda untuk mengerti semuanya. Pada dasarnya belajar tidak boleh dipaksakan sehingga anda harus mempelajari secara perlahan dengan bertanya kepada orang yang lebih mengerti.

4. Serius
Tetapkan waktu belajar baik satu hingga dua jam. Tidak masalah jika anda mengatur waktu belajar dalam kurun waktu yang sedikit tetapi anda bisa berkonsentrasi penuh. Konsentrasi penuh dalam belajar bisa membuat anda lebih cepat mengerti materi pelajaran daripada menerapkan pola belajar yang tidak serius.

Lakukan tips belajar dengan baik di atas dengan semangat yang tinggi. Bila perlu anda harus membangun motivasi belajar. Ingat bila sudah jenuh maka, istirahat dulu sejenak. Kembalilah belajar bila mood sudah kembali semangat.

Kegiatan Selingan Untuk Mengimbangi Tips Belajar

Bosan belajar pasti pernah menghampiri anda. Jangan khawatir karena bosan itu merupakan hal yang sangat wajar. Adapun kegiatan yang harus anda lakukan ketika merasa bosan belajar. Berikut ini kegiatan yang direkomendasikan kepada anda.

1. Refreshing
Penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan refreshing selama 15 menit bisa meningkatkan rasa semangat dan konsentrasi belajar. Dalam waktu 15 menit bisa anda gunakan untuk melakukan hal yang anda sukai. Misalkan maka, jalan-jalan sebentar, dan lainnya. Dijamin konsentrasi anda kembali lagi dalam belajar.

2. Mendengarkan musik
Kegiatan simpel tetapi dapat meningkatkan mood belajar. Coba dengarkan musik yang anda sukai sampai mood belajar anda kembali lagi. Biasanya dalam kurun waktu 10 menit saja setelah mendengarkan musik maka, anda bisa kembali lagi melakukan belajar dengan baik.

3. Berdo’a
Kegiatan islami sangat sempurna untuk mengisi waktu anda saat bosan belajar. Lakukan shalat dan berdo’a agar anda terhindar dari rasa bosan. Beberapa waktu kemudian semangat anda kembali pulih. Agama juga mempunyai peranan yang penting.

Kegiatan selingan ini bisa anda lakukan dalam kurun waktu yang pendek hingga mendapatkan semangat belajar kembali. Pastikan kegiatan ini dapat mengimbangi tips belajar anda dengan baik agar hasilnya maksimal. Semangat belajar untuk mendapatkan nilai yang tinggi di sekolah.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Definisi Pendidikan
2. Definisi Lingkungan Hidup
Demikian artikel Tips Belajar Yang Baik yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.