(Definisi) Pengertian Statistika dan Peranannya

Artikel yang terkait dengan judul :(Definisi) Pengertian Statistika dan Peranannya

Peranan statistika tidak bisa terlepas dari kehidupan kita sehari hari, sebab tanpa disadari pengguanaan statistika sering kita gunakan dalam beeraktivitas. Sebagai contoh ibu rumah tangga yang merencanakan jumlah pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk belanja, membayar listrik dan lainnya. Pada awalnya statistika dipakai pada lembaga – lembaga pemerintahan, namun Saat ini hampir di segala bidang pengetahuan sudah menggunakan statistika,mulai dari ilmu  ekonomi, biologi, psikologi dan lainnya. Agar  dapat memahami statististika secara lebih jauh, berikut ini ulasan mengenai pengertian statistika.

Daftar Isi

1. Pengertian Statistika
2. Jenis statistika
3. Peranan dan Fungsi Statistika

Pengertian Statistika dan Peranannya

pengertian statistika

Pengertian Statistika

Pengertian statistika adalah cabang dari ilmu matematika yang berhubungan dengan pengumpulan data dan perhitungan. Jadi statistika merupakan ilmu matematika yang mempelajari cara merencanakan, mengumpulkan data,meringkas data,  mengolah data ,menyajiakan data dan menarik kesimpulan berdasarkan hasil analisis data tersebut.

Istilah Statistika berbeda dengan statistik. Statistik merupakan sekumpulan data baik bilangan maupun non bilangan yang tersaji sedemikian rupa untuk menggambarkan suatu persoalan atau keadaan. Statistik biasanya dalam bentuk tabel atau grafik. Sedangkan statistika merupakan cara mengolah data data sehingga dapat ditarik kesimpulan dari hasil yang diolah tersebut.

Jenis statistika

Statistika terbagi menjadi beberapa jenis yang ditinjau berdasarkan orientasi pembahasan, fase dan tujuan analisisnya, distribusi populasi data, dan jumlah variabel terikat

1. Berdasarkan Orientasi Pembahasan

Berdasarkan orientasi pembahasannya, statistika dibedakan menjadi 2 macam yaitu statistika matematika dan statistika terapan.

Statistika matematika dapat dikatakan sebagai statistika teori, karena lebih mengutamakan pemahaman dan  model, konsep dan rumus statistika secara teoritis. Sebagai contoh penggunaan statistika matematika yaitu penggunaan uji-t, uji homogenitas, uji normalitas, analis regresi, galat dan sebagainya. Sedangkan statistika terapan lebih mengutamakan pehaman konsep dan teknik statistika yang diterapkan pada disiplin ilmu tertentu.

2. Berdasarkan fase dan Tujuan Analisisnya

Berdasarkan fase dan tujuan analisnya, statistika terbagi menjadi menjadi 2 macam yakni statistika deskriptif dan statistika inferensial.

Statistika deksriptif berkaitan dengan pengumpulan data, analisis data, penyajian data tanpa adanya pengambilan kesimpulan yang besifat general atau umum. Penyajian statistika deskriptif dalam bentuk tabel, diagram, polygon, perhitungan mean, median, modus dan persentil. Dapat juga melakukan analisis regresi atau membandingkan nilai rata rata tetapi tidak membutuhkan uji signifikansi.  Sedangkan statistika inferensial memungkinkan untuk dilakukan pengambilan kesimpulan secara umum.

3. Berdasarkan Asumsi Distribusi Populasi Data

Berdasarkan asumsi distribusi pupolasi datanya, statistika dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu statistika parametrik dan non parametrik.

Statistika parametrik adalah statistika yang berdasarkan pada model distribusi normal. Sedangkan statistika non parametrik tidak berdasarkan pada distribusi normal atau distribusi normal.

4. Berdasarkan Variabel Terikat

Berdasarkan variabel terikat, statistika terbagi menjadi 3 macam yakni statistika univariat, bivariat dan multivariat.

Perbedaan dari ketiganya terletak pada jumlah variabel terikatnya. Statistika univariat analisis data yang dilakukan hanya per variabel atau satu variabel saja, sedangkan statistika bivariat dilakukan untuk melakukan analisis hubungan dua variabel dan statistika Multivariat digunakan untuk menganalisis lebih dari dua variabel.

Peranan dan Fungsi Statistika

Statistika memiliki peranan dan fungsi yang sangat penting diberbagai aspek kehidupan, berikut ini beberapa fungsi statistika dalam penerapannya.

1. Menyediakan data yang dibutuhkan oleh lembaga survey atau bank data untuk diolah dan dipakai dalam menginterprestasikan keadaan yang perlu diungkap.

2. Sebagai alat pembantu dalam melakukan standarisasi sekaligus sebagai instrumen dalam melakukan pengawasan

3. Sebagai metode dalam menganalisis data

4. Sebagai dasar dalam menetapkan kebijakan dalam suatu perusaahaan untuk mengembangkan dan mendapatkan keuntungan

5. Dalam dunia bisnis, statistika sering digunakan okeh pebisnis untuk mencari peluang dalam menanamkan saham

6. Dalam dunia industri, penggunaan statistika digunakan untuk pengambilan keputusan seperti menghitung jumlah produk yang bisa diproduksi dalam sehari, dan pengembangan maupun menambah varian produk.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian CSS, Tujuan, Dan Cara Kerjanya
2. Pengertian Desain Grafis
Jadi tanpa kita sadari, penggunaan statistika sering kita gunakan dalam kehidupan sehari hari dan peranannya sangat penting karena berguna dalam pengambilan dan menentukan keputusan. Itulah tadi penjelasan mengenai pengertian statitistika beserta penerapannya, semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.