(Definisi) Pengertian CSS, Tujuan, Dan Cara Kerjanya

Artikel yang terkait dengan judul :(Definisi) Pengertian CSS, Tujuan, Dan Cara Kerjanya

Apakah teman-teman tahu pengertian CSS? CSS sendiri singkatan dari cascading style sheets. Di mana di dalam CSS berisi rangkaian instruksi yang bisa menentukan suatu teks pada tampilan halaman web. Perancangan desain dari teks tersebut bisa dilakukan dengan mengartikan huruf, warna, ukuran, latar belakang dan lain sebagainya. Kemudian di dalam CSS juga mempunyai elemen seperti warna, huruf, ukuran, dan jarak. Elemen tersebut biasanya juga sering disebut dengan styles.

CSS sendiri ternyata juga bisa meletakkan styles yang berbea pada suatu lapisan yang berbeda juga. Umumnya CSS terdiri dari style sheet yang dapat memberitau browser dalam menyelesaikan suatu dokumen yang akan ditampilkan. Untuk fitur-fitur yang baru pada halaman web yang sudah lama bisa ditambahkan dengan bantuan style sheet. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa informasi tentang pengertian CSS, tujuan, fungsi dan juga cara kerja.

Daftar Isi

1. Pengertian CSS
2. Tujuan CSS
3. Fungsi CSS
4. Cara kerja CSS

Pengertian CSS, Tujuan, Dan Cara Kerjanya

Pengertian CSS

Pengertian CSS

CSS adalah bahasa desain web  yang dapat mengontrol format tampilan pada sebuah halaman di dalam web. Umumnya tampilan pada web tersebut ditulis dengan menggunakan penanda (markup language). Biasanya CSS digunakan saat mau mendesain pada sebuah halaman HTML dan XHTML. Akan tetapi, sekarang CSS sendiri juga bisa digunakan untuk segala dokumen XML. Bahkan CSS sendiri saat ini bisa digunakan dalam SVG, XUL dan juga ANDROID.

CSS sendiri diciptakan agar dapat memisahkan konten utama dengan tampilan dokumen yang meliputi layout dan juga warna font. Pemisahan inilah berguna untuk meningkatkan daya akses konten pada web. Selain itu, juga dapat memungkinkan untuk membagi halaman dalam sebuah formatting, mengurangi kerumitan dalam penulisan kode dan struktur dari konten.

CSS sendiri juga dapat menampilkan tampilan dalam berbagai style , dengan metode pembawaan yang berbeda-beda. Biasanya metode pembawaannya seperti on-screen, in-print, by voice, dan lain sebagainya. Sementara itu, pemilik dari konten web pun bisa menentukan link yang menghubungkan konten dengan file.

Tujuan CSS

Tujuan utama CSS diciptakan yaitu agar bisa membedakan suatu konten dari dokumen dan juga dari tampilan dokumen. Maka dengan begitu, pembuatan ataupun dalam pemrograman ulang web pun akan lebih mudah dilakukan. Hal-hal yang termasuk di dalam desain web sendiri adalah warna, ukuran dan juga formatting.

Dengan diciptakannya CSS, maka konten dan desain web akan mudah dibedakan. Jadi dengan begitu, memungkinkan untuk melakukan pengulangan pada tampilan-tampilan tertentu di dalam suatu web. Sehingga dengan begitu memudahkan dalam membuat halaman web yang banyak, di mana pada akhirnya dapat memangkas waktu dalam pembuatan web.

Fungsi CSS

Fungsi utama dari CSS sendiri yaitu merancang, mendesain, mengubah, dan membentuk halaman pada website ataupun blog. Isi yang ada di dalam halaman website sendiri adalah tag-tag html, logikanya CSS bisa mengubah tag-tag html yang sederhana. Sehingga dengan begitu CSS menjadi lebih fungsional dan juga lebih menarik.

Cara kerja CSS

Cara kerja dari CSS sendiri sebenarnya sangatlah mudah dan simple. Di sini teman-teman hanya perlu menulis style-nya saja, yaitu menulis selector dan class tersesuaikan. Dengan teman-teman menulis style-nya maka otomatis akan bekerja pada document html juga.

Kesimpulan
Setelah melihat beberapa informasi di atas mengenai  CSS, kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian CSS sendiri adalah bahasa desain web yang mampu mengontrol format tampilan pada sebuah halaman web. Dengan halaman web yang ditulis menggunakan penanda atau markup language. Sedangkan cara kerjanya adalah menulis selector dan class yang sudah disesuaikan.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Desain Grafis
2. Pengertian Sistem Informasi Manajemen
Demikian artikel Pengertian CSS, Tujuan, Dan Cara Kerjanya yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.