Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu


Artikel yang terkait dengan judul :Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu

Tips dan Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu - Emas merupakan logam mulia yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Karena mempunyai nilai ekonomis bagi sebagian orang menjadikan emas sebagai hadiah untuk acara ulang tahun dan acara - acara yang lainnya termasuk sebagai mahar dalam suatu pernikahan.

Bagi yang sudah terbiasa berinvestasi emas akan dengan mudah menentukan keaslian dari emas tersebut. Bagi pemula yang ingin berinvestasi emas dalam jumlah yang besar perlu belajar untuk menentukan cara mengetahui emas asli atau emas palsu. Apabila salah dan ternyata emas tersebut palsu maka akan mengalami kerugian dalam jumlah yang besar pula. Tetapi pada saat ini kita dapat mendapatkan emas yang asli dan terjamin kemurniannya dengan melakukan pembelian di website milik antam yaitu logammulia.com. Dengan melakukan pembelian di antam kita tidak perlu khawatir akan mendapat emas yang palsu karena antam menjamin produk yang dijualnya adalah produk asli dan terjamin.

Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu

Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu

Berikut adalah beberapa cara untuk menentukan emas asli atau palsu yang dapat dilakukan, antara lain:

a. memperhatikan bagian fisik emas

Kita dapat memperhatikan fisik dari emas, biasanya terdapat tanda khusus terutama pada emas batangan dan emas murni. Sebagai contoh tanda khusus tersebut adalah terdapat cap yang menunjukkan kadar emas dengan satuan fineness, namun umumnya dikenal dengan satuan karat.

b. Menggosok emas.

Kita dapat melakukan uji coba untuk menentukan keaslian emas yaitu dengan menggosok permukaan emasmemakaitelapak tangan atau bisa juga memakai telunjuk. Apabila setelah digosok warnanya berubah menjadi tidak seragam atau menjadi pudar, dapat kita pastikan bahwa emas tersebut adalah emas palsu. Akan tetapi jika emas warnanya tetap maka kemungkinan emas itu asli.

c. Menekan emas dengan benda menggigit

Tips dan Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu lainnya yaitu dengan menggigit emas. Apabila terdapat bekas gigi bisa jadi emas itu adalah emas asli. Karena sifat emas yang semakin tinggi karatnya semakin lunak emas tersebut. Akan tetapi kita perlu berhati-hati untuk membelinya karena bisa jadi emas palsu tersebut material penyusunnya adalah timah. Namun cara ini dapat merusak emas tidak dianjurkan.

d. Mencoba mendekatkan emas dengan magnet

Emas termasuk dalam logam non magnetis yang berarti bahwa emas tidak akan menempel pada magnet apabila didekatkan dengan magnet.

Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu

e. Menggoreskan di keramik atau kertas

Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu yaitu dengan memakai keramik atau keras. Apabila emas kita goreskan ke keramik tidak ada bekas maka emas tersebut kemungkinan besar asli. namun cara ini dapat merusak emas.

f. Meneteskan cairan asam

Kita dapat melakukan uji coba untuk mengetes keaslian emas dengan cara meneteskan cuka ke emas. Tunggu sampai dengan 15 menit. Apabila terdapat perubahan warna maka kemungkinan besar emas tersebut adalah palsu. Namun bila emas tersebut tidak berubah maka kemungkinan emas tersebut adalah asli.

g. Melihat emas saat memakainya atau saat memegangnya.

Emas asli tidak akan mengalami perubahan meskipun kena minyak kulit atau keringat. Pada emas palsu akan mengalami perubahan warna gelap pada saat memakainya atau memegangnya. Apabila bekas warnanya agak kehijau-hijauan maka campurannya adalah tembaga, apabila warnanya hitam, bahan campurannya adalah perak.

h. Memakai Aplikasi CertiEye

Apabila kita berinvestasi dalam bentuk emas antam kita dapat mengeceknya memakai aplikasi CertiEye.

Artikel lainnya : Cara Menghitung Ukuran Televisi dan Cara untuk Membersihkan Perhiasan Logam Mulia Emas

Demikian artikel yang berjudul Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu bermanfaat. terimakasih atas kunjungannya di blog ini.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.