Cara Menghitung Ukuran Televisi


Artikel yang terkait dengan judul :Cara Menghitung Ukuran Televisi

Cara Mengukur Televisi - Dalam menetapkan ukuran TV pada dasarnya tidak serumit yang dibayangkan. Ukuran TV adaalah berdasarkan pada panjang diagonal yang dapat kita mengukurnya dengan cara menarik dari sudut kiri atas layar sampai sudut kanan bawah atau sebaliknya. Pada umumnya satuan ukuran televisi adalah dinyatakan dalam " (inci). Dengan demikian pada saat kita hendak membeli TV kita akan lebih mudah dalam penempatannya karena sudah tahu ukurannya.

Cara Menghitung Ukuran Televisi

Seperti yang telah dijelaskan bahwa dalam mengukur tv yaitu mengukur secara diagonal dari ujung layar ke ujung layar untuk memperoleh ukuran yang dipakai oleh pabrik, bukan dari bezel-ke-bezel. Apabila kita mengukurnya dari bezel ke bezel maka sudah barang tentu hasil pengukuran yang kita lakukan tidak tepat. Sebagian orang berfikir bahwa televisi 32 inci (81 cm) lebarnya 32 inci, yang diukur dari kiri bawah ke kiri atas, tetapi cara mengukurnya tidak demikian. Yang betul adalah untuk TV ukuran 32" ukurannya 81cm dari kiri bawah ke kanan atas, atau bisa juga sebaliknya.

Cara Menghitung Ukuran Televisi

Apabila kita hendak menempatkan televisi pada ruang yang sempit maka kita harus mengukur secara keseluruhan termasuk mengukur bezelnya juga. Selain itu kita juga memberikan ruang yang kosong untuk penempatan tv sehingga akan nampak terlihat lebih enak.

Selain itu kita juga perlu tahu mengenai aspek rasio  dan jarak pandang tv. Aspek rasio merupakan perbandingan antara lebar dan tinggi gambar televisi. Dengan demikian rasio tv keluaran pabrikan lama akan berbeda dengan keluaran pabrikan yang baru. Pada umumnya aspek rasionya adalah 4:3 yang artinya setiap lebar layar 4 inci tv tingginya adalah 3 inci.

Kita dapat melakukan perhitungan sederhana untuk mencocokkan ukuran televisi layar lebar dengan televisi standar. Apabila saat ini kita mempunyai tv standar dan inin tetap menonton pada tv layar lebar dengan konten tetap apada rasio 4:3  maka kita perlu mengalikan 1,22 panjang diagonalnya tv standar.

Sebagai contohnya apabila kita mempunyai tv standar ukuran 40 inci (102 cm) dengan aspek rasio adalah 4:3 tetapi kita ingin menonton di tv layar lebar dengan tidak ingin mengurangi ukuran gambarnya maka kita perlu mengalikan 40x1,22 yang hasilnya 49 inci sehingga tv layar lebar yang kita butuhkan adalah tv layar lebar 49 inci. Akan tetapi untuk tv ukuran 49 tidak banyak dibuat maka kita membelinya ukuran 50 inci.

Untuk mengetahui jarak antara tempat duduk dengan tv maka ini akan tergantung pada ukuran televisi yang kita miliki.

Seperti dikutip dari perusahaan samsung berikut tabelnya:

jarak tempat duduk dengan tv

Cara menghitungnya misalnya untuk tv yang berukuran 55 inci adalah 55x1,22 didapat angka 67,1 inci. ini berarti kalau kita konversi ke meter dikalikan dengan angka 0.0254 yang hasilnya adalah 1,7 meter. Begitupun untuk tv yang berukuran 75 inci. Kita kalikan saja angka 75 inci dengan 1,22 yang hasilnya adalah 90 inci kemudian kita kalikan dengan 0.0254 dengan hasil 2,3 meter.

Tips: Bedasarkan riset yang terhadap tingkat kepuasan terhadap layar adalah semakin lebar semakin bagus. Tetapi semua tergantung pada anggaran dan selera masing-masing orang.


Demikian artikel yang berjudul Cara Menghitung Ukuran Televisi yang semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya telah mampir di blog ini.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.