Biaya Selama Pemakaian Aktiva Tetap


Artikel yang terkait dengan judul :Biaya Selama Pemakaian Aktiva Tetap

Biaya Selama Pemakaian Aktiva Tetap ✓ Aktiva tetap yang dimiliki dan dipakai dalam usaha perusahaan akan membutuhan pengeluaran - pengeluaran yang tujuannya adalah supaya bisa memenuhi kebutuhan perusahaan. Terdapat beberapa biaya, dan berikut adalah pengelompokan pengeluaran - pengeluaran tersebut. Pengeluaran yang ada dipakai misalnya untyk pemeliharaan, pergantian dan yang lainnya. Ayo kita belajar dan membaca.

Daftar isi
1. Biaya reparasi dan pemeliharaan
2. Penggantian
3. Perbaikan
4. Penambahan
5. Penyusunan kembali aktiva tetap

Biaya Selama Pemakaian Aktiva Tetap

Biaya Selama Pemakaian Aktiva Tetap

Biaya reparasi dan pemeliharaan

Jumlah biaya reparasi jumlahnya bervariatif, apabila reparasinya kecil maka jumlah biaya reparasinya kecil dan apabila reparasinya tersebut besar maka jumlahnya juga akan besar. Contoh biaya reparasi kecil yang biasa terjadi adalah penggantian baut, mur, sekring mesin. Pengertian biaya pemeliharaan adalah biaya - biaya yang dikeluarkan untuk memelihara aktiva supaya tetap dalam kondisi yang baik, misalnya biaya pergantian oli, pengecata, pembersihan dan lain sebagainya yang mirip dengan biaya tersebut.

Namun kenyataannya adanya kesulitan dalam memisahkan antara biaya reparasi dan pemeliharaan, sehingga dengan demikian akuntansi dipakai satu rekening  untuk mencatat biaya reparasi dan pemeliharaan. Karena biaya reparasi dan pemeliharaan terjadinya secara berulang - ulang maka bisa disimpulkan bahwa manfaat biaya tersebut hanyalah satu periode akuntansi saja, olehkarenanya perlakuan terhadap hal tersebut adalah dicatat sebagai biaya (pengeluaran pendapatan). Reparasi besar umumnya selang beberapa tahun, olehkarenanya bisa dikatakan bahwa manfaat reparasi besar akan dirasakan dalam beberapa periode. dengan demikian reparasi besar akan dikapitalisasi dan pembebannya sebagai biaya dilakukan dalam periode yang menerima manfaat.

Terdapat 2 cara untuk mencatat biaya reparasi besar:
  • Menambah harga perolehan aktiva tetap, jika biaya yang dikeluarkan dalam rangka untuk menaikkan nilai kegunaan aktiva dan tidak menambah umurnya.
  • mengurangi akumulasi depresiasi jika biaya tersebut dipakai untuk memperpanjang umur aktiva tetap dan juga nilai residunya. Sebab nilai akumulasi penyusutannya berkurang yang berarti bahwa nilai buku aktivanya akan lebih besar. Perhitungan penyusutan untuk tahun selanjutnya harus dilakukan revisi sesuai dengan perubahan nilai buku aktiva dan umur ekonomis yang baru.

Penggantian

Yang dimaksud dengan penggantian adalah biaya - biaya yang dikeluarkan dalam ranka untuk mengganti aktiva atau suatu bagian aktiva dengan unit yang baru yang mempunyai tipe yang sama. Pada penggantian biasanya terjadi oleh sebab aktiva yang lama sudah tidak berfungsi lagi (mengalami kerusakan).

Penggantian terhadap bagian yang biayanya kecil dibutuhkan dengan cara yang sama seperti halnya reparasi kecil. Jika bagian-bagian yang dilakukan pergantian biaya yang dikeluarkan cukup besar, maka harga perolehan bagian itu dihapuskan dari rekening aktiva dan diganti dengan harga perolehan yang baru. begitu juga dengan akumulasi penyusutannya, untuk bagian yang diganti dihapuskan.

Contoh penggantian mesin dan jurnalnya:
Harga perolehan mesin 100juta, dengan depresiasi 70%, sebuah suku cadang yang harga perolehannya diperkirakan sebesar 20% dari mesin yang diganti, harganya 30jt. Pencatatan jurnal untuk mencatat tersebut adalah sebagai berikut:

Akumulasi penyusutan - mesin             Rp.14jt
Rugi penggantian suku cadang              Rp. 6jt
         Mesin                                                        Rp.20jt

Perhitungan:

Harga perolehan suku cadang yang diganti
20% x 100jt                                                      = 20 jt
Akumulasi penyusutan 70% x 20jt                  = 14jt
Rugi                                                                  = 6jt

Jurnal untuk memasng suku cadang yang baru adalah sebagai berikut:

Mesin          30jt
          Kas                30jt

Perbaikan

Pengertian perbaikan aktiva tetap adalah penggantian suatu aktiva dengan aktiva yang baru untuk mendapatkan kegunaan yang lebih besar.Perbaikan yang berbiaya kecil bisa diperlakukan seperti halnya reparasi, namun perbaikan yang mengeluarkan biaya yang besar dicatat sebagai aktiva baru. Aktiva lama yang diganti dan akumulasi penyusutannya dihapuskan dari rekening.

Penambahan

Pengertian penambahan adalah memperbesar atau memperluas fasilitas aktiva seperti penambahan ruang dalam bangunan, dll. Biaya yang timbul dalam hal penambahan akan dikapitalisasi menambah harga perolehan aktiva dan didepresiasi selama umur ekonomisnya.

Penyusunan kembali aktiva tetap

Biaya semacam ini akan dikapitalisasi  sebagai biaya dibayar dimuka atau beban ditangguhkandan akan diamortisasi ke periode yang mendapatkan manfaat dari penyusunan kembali tersebut.


Demikian artikel akuntansi yang berjudul Biaya Selama Pemakaian Aktiva Tetap yang semoga bermanfaat. Terimakasih.

Untuk melihat artikel akuntansi seluruhnya di blog aanwijzing ini dapat dilihat di >>> akuntansi keuangan

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.