Kumis Kucing : Khasiat dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Kesehatan


Artikel yang terkait dengan judul :Kumis Kucing : Khasiat dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Kumis Kucing : Khasiat dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Kesehatan ✓ Tanaman kumis kucing adalah salah satu tanaman obat yang memiliki khasiat dan manfaat/ kegunaan yang cukup banyak di dalam mengatasi berbagai penyakit. Kumis kucing merupakan tumbuhan yang berbatang basah dan tegak. Di berbagai wilayah di Indonesia tanaman ini dikenal dengan berbagai nama, misalnya giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, yang kemudian tersebar ke wilayah Asia dan juga wilayah Australia. Kandungan tanaman kumis kucing antara lain : ortosifonin, garam kalium, saponin, tanin.

Kumis Kucing : Khasiat dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Kumis Kucing
Ilustrasi Kumis Kucing : Khasiat dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Kesehatan
Berikut ini adalah khasiat dan manfaat kumis kucing, antara lain untuk:

Nyeri buang air seni
Cara I yang dapat dilakukan adalah dengan menyeduh dan minum sejumput daun kumis kucing yang telah dikeringkan seperti halnya menyeduh teh, boleh juga apabila ingin diberi gula aren.
Cara II yang dapat dilakukan: ambil 1 sendok daun kumis kucing yang dilumatkan, 7 batang meniran, rebus dengan menggunakan dua gelas air hingga airnya tertinggal menjadi setengah. Kemudian minum air rebusan itu sebanyak 3x dalam sehari.

Batu ginjal
Cara I yang dapat dilakukan : ambil 25 g daun kumis kucing, 25 g daun ngokilo, 25 g daun meniran dengan akarnya, 25 g daun keji beling, dicuci. Rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Minum semua air rebusan itu dalam sehari.
Cara II yang dapat dilakukan adalah dengan membuat ramuan, caranya ambil 3 genggam daun kumis kucing, 5 helai daun keji beling dicuci, rebus dengan 2 gelas air. Minum airnya yaitu 2 kali sehari, pagi dan sore, selama sekitar 10 hari. Sesudah 10 hari, ganti dengan air rebusan jagung muda, 1 x sehari. Hindari makan daging kambing, durian serta makanan pedas.

Rematik
Cara membuat ramuannya yaitu dengan cara : ambil sesendok kecil daun kumis kucing yang telah dilumatkan, 1 sendok makan daun meniran yang sudah dilumatkan juga, kemudian direbus dengan menggunakan segelas air hingga airnya tinggal menjadi 3/4. Saring. Kemudian diminum.

Sakit pinggang
Khasiat dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Kesehatan selanjutnya yaitu untuk mengobati sakit pinggang. Ramuannya yaitu : ambil 7 helai daun dan 2 potong akar kumis kucing dicuci. Kemudian rebus dengan 1 gelas air dan diamkan satu malam, baru diminum.

Radang ginjal
Ambil 40 helai bunga dan daun kumis kucing, 3 belimbing wuluh tua kemudian dicuci dan dihaluskan. Kemudian seduh dengan 2 gelas air, lalu minum 3x sehari. Ini dilakukan selama 1 minggu.

Masuk angin
Ramuan yang dibuat yaitu ambil 1 sendok daun kumis kucing dan direbus dengan segelas air hingga airnya menjadi tertinggal setengah. Diminum sekaligus.

Demam
Ramuan yang dibuat yaitu ambil 100 g akar kumis kucing dicuci, rebus dengan 3 gelas air. Sesudah mendidih, kemudian saring, dan ambil airnya. Minum air rebusan tersebut 1 gelas untuk 1 hari.

Baca juga :
1. Manfaat Sirih
2. Manfaat Alang Alang

Itulah artikel tentang Manfaat Tanaman Obat yang berjudul Kumis Kucing : Khasiat dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Kesehatan dapat bermanfaat.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.