Alang-alang : Khasiat dan Manfaat Alang – Alang untuk Kesehatan


Artikel yang terkait dengan judul :Alang-alang : Khasiat dan Manfaat Alang – Alang untuk Kesehatan

Alang-alang : Khasiat dan Manfaat Alang – Alang untuk Kesehatan ✓ Tanaman ini termasuk familia Poaceae. Tumbuhan ini banyak tumbuh liar di tanah yang kering dan banyak mendapat sinar matahari. Tanaman alang-alang bisa menyebar dengan sangat cepat, karena benih-benihnya yang tersebar cepat bersama angin yang bertiup, atau berkembangnya dapat melalui rimpangnya yang dengan cepat dapat menembus tanah yang gembur. Pada tanah - tanah yang becek atau sering terendam oleh air, atau yang selalu ternaungi, tanaman alang - alang sulit untuk tumbuh. Tanaman alang alang biasanya akan segera mendominasi pada lahan bekas hutan yang telah rusak dan terbuka, bekas ladang, sawah yang mengering, tepi jalan dan sebagainya. Pada tempat-tempat yang seperrti itu, tanaman alang-alang bisa tumbuh dominan dan menutupi areal yang luas.

Daftar Isi

1. Melancarkan Air Seni
2. Obat Kencing Batu
3. Obat Hipertensi
4. Obat Radang Paru-paru
5. Obat Asma
6. Obat Mimisan, Hepatitis
7. Obat Prostat
8. Obat Diare
9. Obat Keputihan

Alang-alang : Khasiat dan Manfaat Alang – Alang untuk Kesehatan

alang alang

Kegunaan Alang-alang untuk Kesehatan, antara lain:

Melancarkan Air Seni.
Cara membuat ramuannya yaitu ambil 250 gram akar alang-alang, dan gula batu, kemudian direbus dengan menggunakan 3 gelas air. Lamanya merebus sekitar kurang lebih 10 menit, kemudian dinginkan, dan saring. Ramuan ini diminum 3 kali sehari @ 1 gelas.

Kencing Batu.
Cara membuat ramuannya yaitu ambil 100 gram akar alang-alang, 1/2 genggam daun meniran, 1/2 genggam daun kumis kucing. Bahan-bahan tersebut direbus dengan menggunakan 5 gelas air hingga airnya menjadi tinggal setengahnya, kemudian dinginkan, dan saring. Ramuan ini diminum 3 kali sehari @ 1 gelas hingga batu keluar.

Hipertensi akibat sakit ginjal.
Cara membuat ramuannya yaitu dengan menggunakan 200 akar alang - alang, tangkue (manisan yang terbuat dari labu putih), lalu rebus dengan 2 gelas air sampai airnya hanya tinggal setengahnya, kemudian dinginkan, dan disaring. Ramuan ini diminum 2 kali sehari.

Radang Paru-paru.
Cara membuat ramuannya yaitu ambil 500 gram akar alang-alang, 5 helai daun sembung, 10 kuntum bunga melati kering, garam. Bahan – bahan tersebut direbus dengan menggunakan 3 gelas air hingga airnya tinggal setengah saja, lalu disaring. Ramuan ini untuk diminum 2 kali sehari.

Asma.
Khasiat dan Manfaat Alang – Alang untuk Kesehatan yang selanjutnya adalah untuk asma. Cara membuat ramuannya yaitu dengan 100 gram akar alang-alang, 25 gram kencur, 25 gram daun sirih, rebus dengan menggunakan 1 liter air hingga  airnya tinggal setengah saja, kemudian saring. Masukkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh air jeruk nipis, minum sekaligus sebelum tidur malam.

Mimisan, Hepatitis.
Cara membuat ramuannya yaitu dengan 200 gram akar alang-alang dicuci, rebus dengan 6 gelas air hingga airnya tinggal 2 gelas, kemudian dinginkan, dan saring. Diminum 3 kali sehari.

Prostat.
Cara membuat ramuannya yaitu ambil 500 gram akar alang-alang direbus dengan 6 gelas air hingga airnya tinggal setengah saja, kemudian dinginkan. Diminum 3 kali sehari.

Diare.
Cara membuat ramuannya yaitu dengan 250 gram akar alang-alang dicuci, lalu rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Sekali minum 1 gelas, segera sesudah buang air besar.

Keputihan.
Cara membuat ramuannya yaitu dengan 500 gram akar alang-alang, 2 tangkai daun pepaya, 5 gram pulasari direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah saa, kemudian saring, untuk diminum 2 kali sehari.

Baca juga : Khasiat dan Manfaat Adas

Itulah Khasiat dan Manfaat Alang – Alang untuk Kesehatan yang semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.