Sirih : Khasiat dan Manfaat Tanaman Sirih untuk Kesehatan


Artikel yang terkait dengan judul :Sirih : Khasiat dan Manfaat Tanaman Sirih untuk Kesehatan

Sirih : Khasiat dan Manfaat Tanaman Sirih untuk Kesehatan ✓ Tanaman ini termasuk familia Poaceae. Tumbuhnya yaitu pada tempat - tempat yang terbuka atau sedikit terlindung dan ada rambatannya karena sirih merupakan tanaman yang merambat. Sirih adalah tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon yang lainnya. Sebagai suatu budaya, daun dan buahnya biasa dikunyah berbarengan dengan gambir, pinang, tembakau dan juga kapur.

Cara yang dapat dipakai untuk mengembangbiakkan tanaman sirih yaitu dengan cara setek batangnya yang sudah agak tua yang terdiri atas 4-6 ruas, lalu semaikan pada tempat yang teduh. Biarkan saja hingga tumbuh subur sebelum dilakukan pemindahan ke pekarangan.
Daftar Isi Artikel Sirih : Khasiat dan Manfaat Tanaman Sirih untuk Kesehatan :
1. Menghilangkan Bau Badan
2. Obat Mimisan
3. Obat Koreng
4. Pembersih Mata
5. Obat Sariawan
6. Obat Bau Mulut
7. Obat Mengurangi Jerawat
8. Menguatkan Gigi
Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak & kavikol yang memiliki kemampuan untu mematikan terhadap kuman, antioksidasi dan juga sebagai fungisida, anti jamur. Sirih mempunyai khasiat untuk menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga memiliki sifat untuk menahan perdarahan, untuk menyembuhkan luka pada kulit, dan juga untuk gangguan saluran pencernaan. Sirih juga memiliki sifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan dapat menghentikan pendarahan. Biasanya untuk obat hidung yang berdarah, menggunakan 1 atau 2 lembar daun segar sirih yang sudah dicuci, digulung lalu dimasukkan ke dalam lubang hidung. Kandungan bahan aktif yang berupa fenol & kavikol yang terdapat pada daun sirih hutan bisa dipakai sebagai bahan untuk pembuatan pestisida alami yaitu sebagai pengendali terhadap hama penghisap.

Sirih : Khasiat dan Manfaat Tanaman Sirih untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Tanaman Sirih

Tanaman sirih memiliki nama lain, tergantung pada daerahnya, antara lain : suruh, sedah (Jawa); seureuh (Sunda); ranub (Aceh); belo (Batak Karo); cambai (Lampung); uwit (Dayak); base (Bali); nahi (Bima); gapura (Bugis); mota (Flores); afo (Sentani); ju jiang (Cina).

Khasiat dan Manfaat Tanaman Sirih untuk Kesehatan antara lain:

Menghilangkan Bau Badan.
Cara membuat ramuannya yaitu dengan merebus 5 lembar daun sirih segar dengan 2 gelas air, hingga tertinggal 1 gelas. Kemudian minum siang hari.

Mimisan atau keluar darah dari hidung.
Selembar daun sirih muda dicuci, kemudian tekuk menjadi dua, gulung, lalu masukkan ke hidung yang berdarah, hingga darah yang keluar berhenti mengalir. Tipsnya yaitu usahakan agar penderita tetap dalam kondisi duduk tegak, supaya darah tidak megnalir ke belakang rongga hidung.

Koreng atau gatal-gatal.
Cara membuat ramuannya yaitu dengan 20 lembar daun seirih yang tua, rebus dengan 3-4 gelas air, gunakan air rebusan daun sirih yang hangat untuk mencuci bagian yang terkena koreng atau gatal.

Pembersih Mata yang Gatal atau Merah.
Khasiat dan Manfaat Tanaman Sirih untuk Kesehatan yaitu sebagai pembersih mata yang gatal atau merah. Caranya yaitu rebus 5-6 lembar daun sirih muda dengan 1 gelas air, didihkan, dinginkan, gunakan untuk membasuh mata 3 kali sehari.

Obat sariawan.
Caranya adalah 1-2 lembar daun sirih dibersihkan, kemudian kunyah sampai menjadi lumat, diamkan sebentar di mulut, tempat terkena sariawan.

Obat Bau Mulut.
Gunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur.

Mengurangi Jerawat.
Carnya yaitu dengan membasuh wajah dengan air rebusan daun sirih.

Menguatkan Gigi agar Tidak Mudah Tanggal.
Kunyah daun sirih dengan pinang dan kapur.

Baca juga :
1. Manfaat dan Khasiat Alang-alang untuk Kesehatan
2. Khasiat dan Manfaat Adas untuk Kesehatan

Selengkapnya artikel khasiat dan manfaat ada di : Manfaat Tanaman Obat

Demikian artikel Sirih : Khasiat dan Manfaat Tanaman Sirih untuk Kesehatan yang semoga bermanfaat.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.